Pecintamotor.com

Cara Menghitung CC Motor

Cara Menghitung CC Motor – Kendaraan umum yang sudah menjadi kebutuhan pokok yakni dapat kita sebut sepeda motor. Jaman sekarang sangat berbeda dengan zaman dahulu, kenapa? karena sekarang jamannya sudah serba gampang. dulu orang pingin beli beras harus jalan kaki capeknya + bawa barang yang dibeli. Sekarang ada motor ya bosqu toko nutup cari lagi kalau perlu yang jauh sekalipun hehehe.

Tak hanya itu saja kendaraan ini juga dipakai untuk pergi ke sekolah, kerja dan masih banyak lagi. Begitu banyak dampak positifya namun bagi berbagai kalangan memiliki ampak positif seperti abgi para supir angkot, mereka merasa sepi semenjak maraknya motor mulai gampang didapat.

Nah ngomong ngomong mengenai motor, kita pasti pernah mendengear istilah seperti motor yang mayoritas nih yak beat 110cc, mio m3 125 dll yang bermacam2. itulah yang disebut kapasitas mesin untuk melaju kecepatan berapa yang jelas jika untuk mesin ori tidak akan bisa melebihi kapasitas yang telah ditentukan, namun lain apabila telah di bore ataupun stroke up.

Apa Itu Bore Up dan Stroke Up?

Bore up merupakan penggantain bore atau gampangnya piston pada motor yang asli ori dari pabrikan diganti dengan piston yang berukuran lebih besar. Gunanya untuk memperbesar alias melebihi kapasitas cc yang telah disediakan oleh dealer, ya wajarlah warga indonesia kan senang experimen.

Sedangkan untuk Stroke Up adalah penaikan langkah pada pistonnya yakni dengan menggeser atau mengganti pen stroke standarnya. Nah lucunya orang tanah air ini setelah semangat mengubahnya kadang tidak mengerti cara mengukur cc motor mereka. Karena hal itu lah admin membuat thread post ini.

Lantas gimana caranya? sebenarnya sih sangat mudah sekali karena telah ada rumusnya asalkan saaat kalian membeli perlengkapan saat pergantian tadi tidak melupakan ukurannya ya misal piston ukuran brapa dan strokenya. Biar makin jelas yuk simak dibawah ini.

Cara Menghitung CC Motor

Cara Menghitung CC Motor

Cara Menghitung CC Motor

Rumus yang dapat kalian gunakan dalam mengukurnya yakni :

= ∏/4 x ( D x D ) x L

= 3,14/4 x ( D x D ) x L

= 0,785 x ( D x D ) x L

Keterangan:

∏ =  Rumus Absolute Lingkaran

D = Diameter Bore  / Piston

L = Panjang Langkah /  Stroke

Bingung ya bosqu? hehe okelah jadi pecintamotor.com akan memberikan contohnya kepada kalian.

1. Bore Up

Yang pertama jika bosqu melakukan perubahan dengan cara bore up. Semisal motor tadi scoopy 110cc. Untuk ukuran bore standarnya yakni 49,4 mm dengan stroke 53,8 mm. lalu bosqu merubah bore upnya denan ukuran bore / piston ukuran 55 mm. Nah menjadi berapa kapasitasnya (cc) tersebut?

Bisa kita jawab dengan = 0,785 x ( 55 mm x 55 mm ) x 53,8 mm
= 127754.825

Karena itu masih dalam nominal milimeter (mm) maka kita rubah dulu ke cc caranya cukup mudah yakni bagi 1000, maka hasilnya motor tersebut berganti cc menjadi 127.7cc. nah untuk yang stroke up labjut di nomer 2 yuk.

2. Stroke Up

Nah langkah yang selanjutnya apabila motornya agak berbeda misal motor beat terbaru 110cc ya sekarang, untuk ukuran bore dan
stroke pabrikannya ialah 51.2 mm x 56,7 mm, dan yang sobat lakukan menStroke Upnya. Contoh nih bosqu memberikan penambahan pen stroker 3 mm yang akhirnya stroke menjadi ukuran 59,7 mm. seperti diatas tadi, berapa ccnya yang sekarang?

Kita hitung yok bosqu= 0,785 x ( 51,2 mm x 51,2 mm ) x 59.7 mm
= 122852.47488

Persis seperti cara yang bore up ya bosqu karena ini masih nominal milimeter ubah lagi ke cc dengan dibagi 1000. Jadinya akan 122.8.

Simple banget kan bosqu? jika masih gapaham kebangeten deh hehe tapi apabila memang gapaham siakan bertanya ke admin ya jangan sungkan sungkan. dan perlu kalian catat juga bahwasannya cara ini jug abisa kalian coba pada semua motor merk apapun tidak mesti honda, misal saja yamaha xabre, kawasaki ninja dan masih hanyak lagi lainnya.

Jadi cukup sekian saja yak ulasan yang dapat admin berikan mengenai Cara Menghitung CC Motor Bore Up dan Stroke Up, semoga dapat bermanfaat serta terima kasih telah membacanya. Nantikan informasi terbaru mengenai motor setiap harinya.

Cara Menghitung CC Motor | Info Motor | 4.5