Pecintamotor.com

Cara Mengatasi 7 Penyebab Motor Brebet di Putaran Rendah

Penyebab Motor Brebet di Putaran Rendah – Kendaraaan adalah sesuatu tunggangan yang bisa dipakai kemana saja. Kendaraan bermotor sendiri menjadi lebih fenomenal di Indonesia karena kemudahan dan kebutuhannnya berimbang. Hingga akhirnya menyebabkan kemacetan di beberapa kota besar seperti jakarta, surabaya, bandung, dan lain sebagainya. Entah kenapa eksistensi motor di indonesia tetap bertahan padahal sudah dibangun juga keretea listrik, bus trans dan masih banyak lagi. Tidak seperti negara negara maju lainnya yang berangkat motor sudah menggunakan kendaraan umum tersebut.

Bagi kebanyakan pemilik kendaraan motor pasti akan mengalami hal yang namanya brebet, karena kondisi motor tak akan selamanya sehat. Walaupun si pemakai itu rutin melakukan perawatan namun apda akhirnya yang namanya buatan manusia perawatan sebaik apapun pada akhirnya akan soak juga.  Kejadian motor brebet ini biasa terjadi di motor matic karena tidak menggunakan rantai melainkan vanbelt.

Penyebab terjadinya motor brebet di putaran rendah ini pun bermacam2 ada yang karena karbrator, filter udara, injeksi dan hal lainnya. Biasanya sih terjadi karena kesalahan pengendara sendiri, sering merawat sih benar tapi sering juga mengabaikan ketika bensin kritis karena terburu. Pengalaman mimin banget ini, ketika mau berangkat rutinitas eh liat speedometer udah dibawah merah (motor matic) tapi liat jam juga mampir pom untuk ngisi gabakalan sempet alhasil nekat dan benar nyampe ga kehabisan. Tapi ga sampe sminggu tiba2 ada kendala brebet saat di putaran rendah atau stabil 20-40km/jamnya. Setelah admin konsulatsikan ke montir andalan mimin dicek semuanya dan terletak di injeksinya bensin yang waktu itu menipis dipaksa menyebabkan injeksi mengempis jadi tak bisa lancar bensinnya mengalir ke mesin.

Nah bagi kamu yang mengalami hal sama baik itu bukan motor matic seperti pengalaman mimin, berikut admin berikan solusinya sesuai dengan apa yang saya dapatkan berbincang dengan montir andalan miimin juga. Cara mengatasinya sebenarnya sangatlah mudah, yuk kita ketahui apa saja penyebabnya lalu kita perbaiki di bawah ini.

Penyebab Motor Brebet di Putaran Rendah dan Cara Mengatasinya

Penyebab Motor Brebet di Putaran Bawah

Ilustrasi Gambar Penyebab Motor Brebet di Putaran Bawah dan Cara Mengatasinya

1. Servis ke bengkel

Cara yang paling pertama sangatlah umum dan paling mudah dari segala cara lain yaitu Servis ke bengkel merupakan solusi utama sekaligus selain kita mendapatkan pengetahuan mengenai penyebabnya kamu juga tinggal diam dan akan diperbaiki dengan montirnya. Namun cara2 lain tetap admin sediakan jika kamu malas k ebengkel atau lagi tidak ada dana.

2. Pilih Bahan Bakar

Sesuai yang admin katakan diatas sesuai pengalaman ternyata selain karena memaksakan dengan bahan bakar menipis. Ternyata ada faktor lain yang bisa menyebabkan motor brebet, yaitu pemilihan bahan bakar. Admin jelaskan simpelnya saja gini ya, jika kalian saat ini menggunakan bbm premium maka teruslah menggunakan bbm tersebut jangan berganti dengan catatan jika memang ingin berganti habiskan dahulu bbm premium sehabis2nya ingat! sehabis habisnya jangan tersisa satu bar di panel speedometer langsung kalian isi pertamax. Begitu pula sebaliknya jika ingin ganti dari pertamax ke yang lebih rendah seperti premium maka lakukan hal tersebut juga.

3. Cek Karburator

Cara yang ini jika kamu menggunakan motr matic tipe terbaru tidak perlu dilakukan, karena semua motor matic terbaru kini telah menggunakan injeksi tanpa karbu. Akan tapi jika kamu pengguna motor bebek atau motor matic dengan tipe lama maka lakukanlah hal ini. Kenapa harus cek karbu karena jika karbu mengalami kerusakan maka bensin akan bocor dan busi akan tak bekerja dengan maksimal. caranya cukup mudah cukup kalian benahi atau bersihkan karbunya dan tak lupa semprot dengan udara tinggi pilot jetnya.

4. Cek Fuel Pump

Yang ketiga ini yaitu ceklah fuel pump kamu. Sebenarnya komponen didalam tersebut awet dan jarang rusak dengan catatan kondisi bagus bersih tidak kemasukan kotoran. caranya cukup mudah bersihkan juga seperti karbu dilangkah no 2 tadi, dan cek tekanan fuel pumpnya.

5. Cek Filter Udara Motor

Filder utara yang sudah terlalu lama tidak dibiarkan lebih dari 3 bulann biasanya kotorannya akan menumpuk. Hal inilah yang biasanya secara umum pada motor matic menjadi penyebab gas brebet di putaran rendah. Cara mengatasinya cukup mudah kok kamu tinggal pergi ke bengkel yang ada pengisian anginnya bukan pake pompa ya, tapi yang semprotan itu, tinggal kamu semprotkan sampe bersih kembali filter udara tersebut jangan lupa untuk menggunakan masker saat melakukannya jika belum ahli.

6. Cek Pengapian

Pengapian pada motor kerap sering menjadi berbagai masalah tidak hanya di motor brebet. biasanya ketika memandikan air busi motor sebagai pengapian tidak terututp rapat alhasil yang masuk air jadi saat melakuakn pengapian dengan menggas motor akan brebet. Caranya cukup mudah kalian putar2 saja bagian businya atau kalian lepas dahulu dan keringkan jika tetap maka silakan ganti baru. Ketika hendak mau ganti baru hendaklah ganti dengan tipe busi yang lebih dingin seperti NGK7 diganti angkanya  menjadi 8 atau 9  karena busi lebih dingin dan lebih tahan lama serta jarang bermasalah dengan tipe2 terssebut.

7. Tangki Motor Kotor atau Tercampur air.

Nah penyebab yang terkahir ini jarang sekali dperhatikan dan selalu diremehkan karena siapa sangka kalau tangki kan kita asal nutup saja pokok. Ternyata ketika parkir di tempat terbuka dan terjadi hujan saat motor basah kuyup tangki yang kotor atau kurag rapat tersebut menutupnya termasuk air dan darisinilah jelas akan terjadi motor brebet. Caranya cukup mudah bosqu kalian tinggal membersihkan saja bagian yang kotor dan mengecek kembali ketika ditutup apakah bisa rapat atau tidak penutup tangkinya.

Gimana bosqu? kurang jelas silakan ditanyakan, sebenarnya dari semua cara diatas kuncinya cuma satu. Yaitu kebersihan komponen dalam mobil yang tak terjangkau kasat mata. Siapa coba yang bakalan sering ngecek karbu tiap hari, ngecek filter tiap hari hehe, tapi coba lakukanlah dari hal yang kecil misal tiap 3 hari mengecek bagian dalam tersebut dengan menyiapkan kuas dan bensin sebagai pembersihnya.Oh iya selain untuk membersihkan ternyata bensin juga dapat menghindarkan dari besi yang cepat berkarat loh hehe jadi ga ada ruginya kok.

Kalian perlu tau juga, 2 Cara Menghitung CC Motor dengan Mudah

Cara Mengatasi 7 Penyebab Motor Brebet di Putaran Rendah | Info Motor | 4.5