Pecintamotor.com

9 Langkah Cara Mengencangkan Rantai Motor

Cara Mengencangkan Rantai Motor – Meneruskan putaran dari mesin ke roda bagian belakang motor merupakan tugas dari komponen yang bernama rantai. Komponen ini menjadi salah satu komponen utama dalam motor, karena tanpa dia motor tidak akan bisa berjalan. Sebenarnya yang menyebabkan rantai kendur bukan murni kesalahan pemilik motor itu sendiri melainkan karena bahannya yang terbuat dari logam. Dimana logam pasti akan memuai pada waktunya jadi saat itu tiba pasti rantai akan menglamai kekenduran.

Komponen rantai harus sering diperhatikan seperti halnya yang saya jelaskan di cara merawat rantai motor sebelumnya. Salah satunya yaitu melumasi rantai motor secara berkala, ini hal sederhana namun apabila dilakukan akan membuat rantai awet dan kendornya butuh waktu lama intinya seperti menambah umur rantai motor.

Banyak orang yang berpikiran untuk menyetel atau mengencangkan moto rmemerlukan banyak persiapan dan rumit. Nyatanya itu salah, hal yang erplu kalian siapkan cuma 2 yaitu kunci pas dan kunci ring itu yg utama yang lain opsional seperti kopi dan camilan.

Rantai kendor pun akan membuat kamu kesusahan dalam segala kondisi. Pasalnya dalam performa pun menurun dan tak bisa menghasilkan tenaga besar. Lantas gimana indikator agar kita tahu dan bisa mencegah sebelum rantai tersebut kendor? Yuk kita lihat berikut ini.

Ciri Ciri Rantai Motor Kendor

  • Pergantian gigi tidak nyaman, terasa seperti agak sulit karena terjadi slip dan rantai tak terpasang sesuai.
  • Muncul bunyi yang aneh di lengan ayun belakang motor seperti klotok2 dan semacamnya
  • Akselerasi tak maksimal karena memerlukan waktu tambahan bagi rantai yang bermasalah agar tepat ke gear.

Adapun cara mengatasinya jika sudah terjadi hal2 diatas atau bisa mencegahnya juga dengan beberapa langkah dibawah ini.

Cara Mengencangkan Rantai Motor

Cara Mengencangkan Rantai Motor

Ilustrasi Gambar Mengencangkan Rantai Motor

Bahan & Persiapan :

  • Dua buah kunci ring 17 (bisa 14 17 dan 17 19) – Harus dua karena yang satunya buat menahan saat kita membuka mur
  • Kunci pas 12

Langkahnya sebagai berikut :

  1. Gunakan Standar tengah sepeda motor hal ini agar kita dapat mempermudah pergerakan roda saat penyetelan rantai motor berlangsung.
  2. Yakinkan jika posisi gear motor pada posisi (N) netral terlebih dahulu.
  3. Mulai kerjakan dengan pengecekan jarak main rantai motor. Caranya hanya menekan rantai, dan jika jarak main pada rantai sudah tidak standar lagi, biasanya berkisar antara angka 30 -50 mm, maka benar, jika rantai motor perlu dikencangkan agar tak bertambah parah.
  4. Langkah selanjutnya, kendurkan baut as roda memakai kunci pas yang sesuai. Cukup dengan mengendurkan dan jangan sampai bautnya terlepas dari as roda.
  5. Setelah dirasa cukup kendur, maka lanjutkan dengan mengencangkan baut yang terdapat di ujung lengan ayun.
  6. Kemudian setel sampai mendapatkan posisi jarak main rantai yang standar atau sesuai. Jangan lupa lakukan penyetelan baut di ujung lengan ayun dan harus dilakukan seimbang antara yang sebelah kiri dengan yang sebelah kanan. Hal ini supaya roda berada pada posisi yang seimbang serta tidak menceng.
  7. Sambil menyetel baut pada ujung lengan ayun, putar-putarlah roda untuk memastikan bahwa roda dapat berputar dengan baik. Karena jika baut terlalu kencang, justru akan berakibat kurang baik untuk sepeda motor.
  8. Setelah anda dapatkan posisi jarak main rantai yang pas serta roda motor bisa berputar secara normal, maka lanjutkan dengan mengencangkan baut as roda.
  9. Kembalikan lagi pengencangan mur dan bautnya, bisa bongkar pasti bisa masangnya kok.

Kalian perlu tau juga, Harga Rantai Motor Terbaru

Itulah beberapa langkah yang dapat saya berikan kepada kalian, semoga bermanfaat. Jangan Lupa nantikan terus informasi terbaru seputar motor hanya disini yang akan diupdate setiap harinya, Terima Kasih.

9 Langkah Cara Mengencangkan Rantai Motor | Info Motor | 4.5