Pecintamotor.com

6 Langkah Cara Mengganti Oli Motor Sendiri

Cara Mengganti Oli Motor – Aapapun yang berhubungan dengan mesin motor merupakan suatu hal yang sangat penting menurut admin. Yap, karena oli motor sangat berhubungan dengan performa yang dihasilkan oleh motor kita. Jadi memperhatikannya secara serius merupakan hal yang sangat penting menurut admin. Jika tak ingin memperhatikannya maka jangan kalian pakai itu motor tapi biarkan saja diam dirumah. Oli sendiri sekarang sudah banyak dijumpai di bengkel terdekat jadi apa susahnya.

Selain sudah bisa didapatkan dimana2 dan tanpa takut dealer nutup amsih ada bengkel, pemasangan atau pergantiannya pun cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri. Dan apalagi kalau ngakunya seorang biker tapi tak bisa ganti oli walah ini iker beneran apa abal2 yak hehe. Admin gak bicara jika biker tersebut memiliki pekerjaan ya hehe, karena sangat sepele loh mengganti oli tersebut.

Nah oleh karena itu karena hal itu sepele, maka disini admin akan memberikan bagaimana cara mudahnya mengganti oli mtoor tak sampai 30 menit (karena admin berpengalaman) namun lebih enaknya buat belajar ga akan sampe satu jam deh. Apa saja langkahnya? yuk kita simak sama-sama dibawah ini.

Adapun admin memberikan beberapa informasi kesalah kaprahan dalam penggantian oli motor sebagai berikut :

Hal Penting Dalam Mengganti Oli Motor

Ternyata karena oli motor ini perlu diganti secara berkala eh malah timbul masalah baru yang dilakukan oleh pemilik motor dalam mengganti olinya, aneh kan? udah tinggal ganti masih keliru hehe namanya manusia, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan tersebut.

  1. Usahakan mengganti Ring Oli saat membuka pembuangan olinya. Hal ini berguna untuk menghindari kebocoran pada saat pemasangan kembali baut oli setelah pergantian oli dilakukan.
  2. Hindari udara bertekanan tinggi saat menyemprot lubang oli mesin. Kemungkinan besar keinginannya jika disemprot dengan udara besar maka oli cepat keluar dan bersih. Alhasil itu keliru parah, karena apabila udara yang disemportkan kencang maka oli yang adinya kotor malah tersebar di beberapa bagian mesin walaupun difilternya. Ya walaupun jika memang pelan pelan tak menggunakan udara tinggi oli yang menetes makin banyak namun itu lebih baik dan hanya tinggal didiamkan saja.
  3. Tidak diperbolehkan sampai lupa membersihkan filter oli saat per 12.000 km tujuannya untuk membuang sisa kotoran yang terdapat pada mesin setelah pemakaian agak lama tsb.
  4. Sangat tidak dianjurkan untuk membuka baut pembuangan oli ketika mesin masih dalam kondisi panas. Sebab bila mesin baru berhenti artinya panas maka baut yang terdiri atas beberapa komponen besi masih dalam keadaan memuai. Apabila dipaksakan untuk dibuka, malah akan membuat ulir baut Oli cepat rusak atau tidak bundar lagi.

Nah untuk langkah cara menggantinya silahkan :

Cara Mengganti Oli Motor

Cara Mengganti Oli Motor

Ilustrasi Gambar Cara Mengganti Motor

1. Siapkan Oli Baru tetntunya.

2. Persiapkan peralatan antara lain Kunci sok/kunci pas/kunci ring sesuai ukuran tutup oli bagian bawah sepeda motor anda (untuk motor batangan biasanya ukurannya 19). Tang untuk membuka tutup oli bagian atas. Wadah penampung oli bekas (bisa pakai bekas kaleng biskuit, ember bekas dll). Kain lap/kain gombal kalau ada yang bersih. Corong untuk menuang oli.. kalau nggak ada bisa pake botol aqua bekas yang dipotong jadi dua, atau bisa juga pake plastik yang digulung mengerucut

3. Taruhlah wadah penampung oli bekas tepat dibawah tutup oli bawah dan Posisikan anda jongkok disebelah kiri motor untuk membuka tutup oli bagian bawah. masukan kunci ketutup oli bawah dan tekan dari kanan kekiri.

4. Kemudian tutup oli bawah terbuka dan jatuh dipenampung oli, ambil tutup olinya (jangan takut kotor :D) kemudian bersihkan dengan kain lap beserta komponen pendukungnya dan pinggiran lubang tutup oli bawahnya:D

5. Yang terakhir silakan tutup oli bagian bawah dan pastikan agar terpasang dengan kencang. Buka tutup oli bagian atas menggunakan tang yang dilapisi kain kotor. dan tuangkan olinya. pasang kembali tutup olinya. dan taraa selamat anda telah berhasil mengganti oli sendiri tanpa biaya ongkos ke montir hehe.

6. Baca doa biar ga panik wakaka. soalx ntar pasti akan ada asap mengebul dibagian bawah motor, dan itu hal yang biasa tak perlu kuatir.

Kalian wajib ngerti juga Harga Oli Motor Terbaru Semua Merk

Gimana sob apa terlihat susah? 6 langkah saja loh hehe, jika ada yang tak dimengerti atau ada kesalahan ketika melakukannya silakan berkomentar untuk saling sharing yak. Karena sharing, kritik dan saran kalian sangat kami hargai demi meningkatkan kinerja kami.

Itulah sedikit informasi yang dapat admin berikan soal Cara Mengganti Oli Motor, semoga dapat bermanfaat buat kalian semua. Jangan lupa nantikan informasi seputar motor terbaru lainnya hanya di pecinta motor, terima kasih dan Salam Rider.

6 Langkah Cara Mengganti Oli Motor Sendiri | Info Motor | 4.5