Logo Pecintamotor
pecintamotor.com

Cara Mengganti Oli Motor

Oktober 9, 2018 - 3 min to read

Cara Mengganti Oli Motor – Apapun yang berhubungan dengan mesin motor merupakan suatu hal yang sangat penting menurut admin salah satunya yaitu oli.

Yap, karena oli motor sangat berhubungan dengan performa yang dihasilkan oleh motor kita. Jadi memperhatikannya merupakan hal yang benar tanpa terlepas apakah yang akan kita lakukan itu cara merawa motor matic, sport ataupun bebek

Jika tak ingin memperhatikannya, maka jangan kalian pakai itu motor tapi biarkan saja diam dirumah. Oli sendiri sekarang sudah banyak dijumpai di bengkel terdekat jadi apa susahnya.

Terlebih lagi pemasangan atau pergantiannya pun cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri. Apalagi kalau ngakunya seorang biker tapi tak bisa ganti oli walah ini biker beneran apa abal2 yak hehe.

Nah dikarenakan hal ini cukup sepele namun penting, maka disini admin akan memberikan bagaimana cara mudahnya mengganti oli motor sendiri. Yuk simak baik baik

 

Tips dan Cara Mengganti Oli Motor Lengkap

Cara Mengganti Oli Motor

Gambar Mengganti Oli Motor

Secara umum sendiri rata rata penggantian oli dilakukan saat waktu service motor ke dealer resmi. Namun bukan tidak mungkin jika usia motor nyentuh 1 atau 2 tahunan sudah tidak lagi.

 

Hal Penting Dalam Mengganti Oli Motor

Ternyata karena oli motor ini perlu diganti secara berkala eh malah timbul masalah baru yang dilakukan oleh pemilik motor dalam mengganti olinya. Aneh kan? udah tinggal ganti masih keliru hehe namanya manusia, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan tersebut.

  1. Usahakan mengganti Ring Oli saat membuka pembuangan olinya. Hal ini berguna untuk menghindari kebocoran pada saat pemasangan kembali baut oli setelah pergantian oli dilakukan.
  2. Hindari udara bertekanan tinggi saat menyemprot lubang oli mesin. Kemungkinan besar keinginannya jika disemprot dengan udara besar maka oli cepat keluar dan bersih. Alhasil itu keliru parah, karena apabila udara yang disemportkan kencang maka oli yang adinya kotor malah tersebar di beberapa bagian mesin walaupun difilternya. Ya walaupun jika memang pelan pelan tak menggunakan udara tinggi oli yang menetes makin banyak namun itu lebih baik dan hanya tinggal didiamkan saja.
  3. Tidak diperbolehkan sampai lupa membersihkan filter oli saat per 12.000 km tujuannya untuk membuang sisa kotoran yang terdapat pada mesin setelah pemakaian agak lama tsb.
  4. Sangat tidak dianjurkan untuk membuka baut pembuangan oli ketika mesin masih dalam kondisi panas. Sebab bila mesin baru berhenti artinya panas maka baut yang terdiri atas beberapa komponen besi masih dalam keadaan memuai. Apabila dipaksakan untuk dibuka, malah akan membuat ulir baut Oli cepat rusak atau tidak bundar lagi.

 

Alat dan bahan untuk mengganti oli motor

Sebelum menuju ke langkah demi langkah penggantian oli. Kalian harus mempersiapkan terlebih dahulu beberapa alat dan bahan yang antara lain :

  • Siapkan Oli Baru tentunya. Silakan cek harga oli motor semua merk untuk tahu update harganya.
  • Persiapkan peralatan antara lain Kunci sok/kunci pas/kunci ring sesuai ukuran tutup oli bagian bawah sepeda motor anda (untuk motor batangan biasanya ukurannya 19).
  • Tang untuk membuka tutup oli bagian atas.
  • Wadah penampung oli bekas (bisa pakai bekas kaleng biskuit, ember bekas dll). Kain lap/kain gombal kalau ada yang bersih.
  • Corong untuk menuang oli, kalau nggak ada bisa pake botol aqua bekas yang dipotong jadi dua, atau bisa pake plastik yang digulung mengerucut.

Nah untuk langkah cara menggantinya silahkan :

Langkah langkah Mengganti Oli Motor

Cara Mengganti Oli Motor

Ilustrasi Gambar Cara Mengganti Motor

  1. Pertama, tentu siapkan dahulu semua alat dan bahan yang sudah tertulis diatas tadi.
  2. Kemudian, taruhlah wadah penampung oli bekas tepat dibawah tutup olinya dan Posisikan anda jongkok disebelah kiri motor untuk membuka tutup oli bagian bawah. Masukan kunci ketutup oli bawah dan tekan dari kanan kekiri.
  3. Selanjutnya bersihkan terlebih dahulu tutup oli sebelum dipasang beserta komponen yang ada disekitarnya
  4. Setelah bersih, silakan tutup oli bagian bawah dan pastikan agar terpasang dengan kencang.
  5. Lalu untuk oli bagian atas kalian buka saja tutupnya memakai tang dan tuangkan oli yang sudah disiapkan. Jika telah selesai tutup rapat kembali oli atasnya.
  6. Selesai deh, selamat anda telah berhasil mengganti oli sendiri tanpa biaya ongkos ke montir hehe.
  7. Baca doa biar ga panik ya bosqu. Sebab nantinya pasti akan ada asap mengebul dibagian bawah motor. Itu hal yang biasa tak perlu kuatir.

 

Cek pula cara mengganti stang seher juga agar bisa sendiri

 

Gimana sob apa terlihat susah? 6 langkah saja loh tentu tidak lah. Apalagi untuk perawatan motor kalian sendiri.

Itulah sedikit panduan bagsimama Cara Mengganti Oli Motor, semoga dapat bermanfaat buat kalian semua. Jika kamu punya cara yang lebih simpel beri komentar ya agar kami tambahkan ke artikelnya 😀