Logo Pecintamotor
pecintamotor.com

Cara Merawat Motor Bebek

April 24, 2019 - 3 min to read

Cara Merawat Motor Bebek – Apapun yang berbau merawat bukanlah suatu hal yang mudah. Salah satunya yaitu merawat motor, merawat orang sakit saja biasanya kualahan ya.

Tapi karena perawatan itu penting terlepas apakah kita pengguna motor matic jadi memakai cara merawat motor matic ataupun sebaliknya.

Jadi tak selalu yang dirawat itu harus kondisi rusak saja, namun mencegah bukannya lebih baik kan. Tak peduli apapun jenis motormu.

Motor bebek merupakan motor yang sangat terkenal dan familiar di era dahulu hingga sekarang, walaupun sekarang agak kegeser oleh jenis matic.

Akan tetapi ketenaran motor bebek tetap memiliki peminat setia. Sehingga tak heran jika dimana mana masih bertemu dengan motor bebek injeksi atau karbu.

Nah bagi kamu owner motor bebek yang ingin merawatnya tapi kebingunan mulai dari mana. Tenang saja karena anda berada di tempat yang tepat. Karena pecintamotor.com akan menyajikannya, Yuk simak baik baik.

Cara Merawat Motor Bebek Agar Awet

Ilustrasi Beberapa Bagian yang Perlu Dirawat

Langkah Cara Merawat Motor Bebek Lengkap

1. Selalu Cek Kondisi Busi

Busi sendiri merupakan salah satu bagian paling penting dari motor bebek. Karena kerap inilah yang paling sering bermasalah dan cepat rusak.

Busi yang aus akan tidak dapat menghidupkan mesin motor. Apalagi kalau sampai kemasukan air, otomatis kita harus menunggunya kering.

Cek : harga busi motor

 

2. Lakukan Service Rutin

Hal ini jarang dilakukan oleh beberapa orang ketika melihat kondisi motornya tidak ada masalah. Padahal jadwal service rutin itu sudah terbilang cukup lama dan sudah bisa menabung yaitu 3 bulan sekali.

Service rutin itu pun pasti murah, karena tidak ada sparepart atau komponen apapun yang mengalami kerusakan.

Jadi Jangan malah menunggu ketika ada masalah baru diservice. Hal inilah yang membuat mahal karena akan memakan biaya lebih mahal. Utuk penggantian komponen yang bermasalah.

 

3. Ban Motor

Cek kondisi ban motor kalian, entah standard atau telah menggunakan tubeless. Tapi kebanyakan sih kalau tubeless ngga perlu dicek lagi.

Nah buat yang masih menggunakan ban standar usahakan sebelum melakukan perjalanan walau tidak jauh cek dahulu kondisi ban kalian.

Apabila ban kurang angin maka segeralah lakukan penambahan. Jarena jika motor kondisi kempes dipaksa berjalan. Maka hasilnya akan membahayakan diri kalian sendiri dan juga komponen seperti velg.

 

4. Penggantian Oli dan Aki Secara Berkala

Artikel Pendukung : cara merawat aki motor

Tips merawat motor bebek yang ke 4 ialah selalu jadwal dan ingat ingat penggantian aki dan oli kalian. Ini berlaku pada tanggal merawat motor bebek injeksi ataupun karbu.

Jadi oli biasanya untuk pemakaian sehari hari jarak 10-20km penggantian 3 bulan sekali. Sedangkan untuk aki jenis basah 1 bulan sekali dan aki kering 6-7 bulan sekali.

Sesuaikan dengan yang sedang kalian pakai sekarang dan pastikan itu tidak mengalami keterlambatan. Tujuannya fentu agar motor tetap awet dan prima.

Sehingga suatu saat jika ingin menjualnya harga tak terlalu turun dan malah bisa naik karena pemakaian memang baik.

 

5. Panaskan Motor Setiap Hari

Langkah ke 5 ini terbilang cukup mudah dan kebangetan kalau ga dilakukan. Yaitu memanaskan motor ketika mau dipakai ataupun tidak dipakai.

Jadi walaupun motor kalian nganggur dirumah usahakan tetap melakukan pemanasan. Ya sekitar 5-10 menit setiap hari dan usahakan pemanasan pertama kali menggunakan kick starter.

Begitu pula terlebih jika motor selalu digunakan karena ini bisa menggangu gas tarikan. Silakan baca selebihnya di penyebab motor brebet di putaran rendah agar lebih paham.

 

6. Cek Kondisi Rem Cakram

Nah untuk langkah yang terakhir yaitu pada komponen cakram. Karena seperti yang kita ketahui rem cakram sangat lebih baik ketimbang tromol.

Akan tetapi memang masa pakainya lebih cepat habis cakram daripada tromol. Namun terlebih akan fatal jika oli / kampas rem habis sehingga membuat piringan cakram tak berguna semestinya.

Maka demi mencegah hal terssebut cek terlebih dahulu kondisi rem cakram kalian pada bagian kabel jika mengelupas tanda sudah minta ganti atau pada bagian lainnya juga.

Sepertinya perlu tau Cara Merawat Aki Motor

Cukup sekian kurang lebihnya yang dapat saya sampaikan mengenai cara merawat motor bebek. Lakukanlah dengan hati yang mantap agar hasil tokcer yak.

Kamu punya cara lain yg lebih simple silakan berikan komentar kamu. Agar nanti edit artikelnya jadi lebih komplit lagi :D. Terima kasih atas perhatiannya.