Logo Pecintamotor
pecintamotor.com

Cara Memasang Aki Motor

Oktober 21, 2019 - 3 min to read

Cara Memasang Aki Motor – Siapa sih yang tak ingin bisa memiliki keahlian memasang semua sparepart penting pada motornya?. Tentu hal itu diinginkan oleh semua orang, namun perlu prosedur dan memang harus ada sedikit percobaan agar kita bisa melakukannya.

Salah satunya yaitu pada pemasangan sparepart bernama aki motor, semua itu bisa berjalan dengan lancar dan mulus jika kita tahu apa yang harus dilakukan. Tapi semua itu memang harus berproses bosqu, emang di dunia ini ga ada ang namanya instan, bahkan di indonesia ada mi instan masih perlu dimasak dulu kan hehe.

Admin sendiri sih termasuk cepat karena mencoba mencopot dan memasang di bengkel langganan sekalian belajar 3 kali langsung bisa dah masang sendiri apalagi masangin punya temen lumayan dapat rokok hehe.

Aki motor merupakan jenis sparepart yang dulu kerap menjadi masalah banyak orang karena harga aki motor yang terbilang masih merogok kantong jika cepat rusak dan perlu ganti terus.

Tapi di motor jaman now kini hadir dengan aki motor yang bertipe kering dimana terkenal lebih awet dan tak perlu ribet memikirkan perawatan berkalanya. Kita hanya tinggal perlu memanaskan motor kita setiap pagi hari saja dan aki akan tetap mengeluarkan performanya dengan benar untuk menghidupkan bagian kelistrikan motor kita.

Terkadang aki motor soak ya karena itu jarang dipanasi tapi langsung dipake gas, tak heran jika lampu motor kita redup jika tak digas. Itu karena performa akinya yang terlatih biasa digitukan.

Nah bagi kalian yang mengalami hal tersebut dan ingin menggantinya dengan aki baru tapi tak ada ongkos untuk pemasangnanya. Tidak perlu bingung langsung saja kalian baca langkah yang telah admin siapkan dibawah ini.

 

Tips dan Cara Memasang Aki Motor Sendiri Lengkap

Cara Memasang Akit Motor Sendri

Ilustrasi Gambar Aki Motor Sudah Soak

Simak dengan baik poin poin lain yang berkaitan agar cara menggunakan aki barunya tidak keliru dan malah hanya berumur pendek.

 

Penyebab Aki Motor Cepat Rusak

Sebelumnya guna penggantian saat memasang aki baru ke motor kedepannya bisa lebih awet. Perhatikan dulu apa sih yang menyebabkan aku cepat tekor. Antara lain yaitu :

  • Tidak mengerti dengan baik cara kerja dan kegunaan aki motor. Jadi silakan baca : cara kerja aki motor dan fungsi aki motor agar lebih paham.
  • Terdapat beberapa aksesoris kelistrikan berlebihan yang nyala saat bersama
  • Kurangnya elektrolit aki
  • Aki menggelembung
  • Umur aki telah terlalu tua (lebih dari 5 tahun)
  • Tidak pernah dirawat, baca : cara merawat aki motor

 

Tegangan dan kapasitas aki

Ini nih tips yang jangan sampai deh kelupaan buat kamu yang mau memasang aki baru. Pastikan saat membeli akinya memperhatikan kapasitas arusnya.

Kebanyakan, aki yang dibuat khusus untuk Kendaraaan ringan layaknya SUV dll yang mempunyai tegangan 12 Volt dengan kapasitas yang beragam.

Miaal saja, terdapat sebuah aki dengan label 12 V 25AH. Dimana itu artinya aki tersebut mempunyai kekuatan tegangan sebelas 12 Vold dengan kapasitas arus 25 ampere per jam.

Sebagai contoh penerapannya yaitu menyalakan lampu dengan arus 5 ampere maka aki akan habis dalam waktu 5 jam.

Jadi kesimpulannya semakin tinggi AHnya semakin besar juga kecerahan atau performa yang dihasilkan nantinya.

 

Syarat & Persiapan :

  • Kopi dan rokok (bagi perokok)
  • Peralatan bengkel umumnya tapi cuma sedikit kok sekup dan obeng plus saja yang utama.
  • Paham jalur aki motor atau minimal cara menyambung kabel aki motor.

 

Langkah langkah pasang aki motor :

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan ialah mencabut berbagai kabel yang menempel pada aki lama. Namun pada proses ini, hendaknya anda memperhatikan dengan tepat dan melakukannya secara hati-hati. Kabel bermuatan negatif harus dicabut terlebih dahulu. Caranya pun cukup mudah, yakni dengan melonggarkan baut pada aki, kemudian mencabut kabel-kabelnya. Usai kabel dicabut, cabutlah baterai aki. Dalam hal ini, tentunya Anda harus senantiasa berhati-hati agar air aki tidak tumpah dan mengenai kulit Anda.
  2. Langkah selanjutnya ialah melepaskan aki lama dan pasanglah aki yang baru. Mulailah memasangkan kabel-kabel yang dilepas tadi. Mengingat kabel negatif merupakan kabel yang pertama kali dilepas, jadi pada proses pemasangan ini kabel negatif harus dipasangkan paling terakhir. Setelah berhasil, tambahkanlah cairan anti korosi pada aki yang baru. Cairan korosi sendiri berfungsi untuk menghindari korosi pada terminal aki.
  3. Ketika proses pemasangan ini, Anda juga dapat melakukan pemeriksaan terhadap kebersihan kabel. Jika kabel tersebut telah terkenda debu dan kotoran, sebaiknya bersihkanlah terlebih dahulu. Kemudian, sambungkanlah kembali kabel-kabel yang berkaitan hingga kokoh.
  4. Langkah terakhir ialah melakukan pengecekan kembali. Sebelum memastikan proses telah selesai, periksalah bagian regulator aki. Pastikan bahwa regulator tersebut dalam kondisi baik, namun jika mengalami kerusakan sebaiknya segera mengganti regulator tersebut sebelum memberikan dampak buruk pada kendaraan.

Itulah sedikit ulasan yang dapat aya berikan. Satu hal yang perlu kalian tahu ini bukan hanya merupakan cara memasang aki motor beat, revo, rx king, mx king ataupun f1zr melainkan untuk semua motor terlepas itu jenis sporr, matic atau apapun itu.

Jangan lupa kalau kalian punya tambahan memasang aki yang lebih simpel silakan berkomentar. Terima kasih atas perhatiannya dan sampai jumpa :D.