Pecintamotor.com

20+ Cara Mudah Mengendarai Motor Kopling Cepat Bisa

Cara Mengendarai Motor Kopling – Keunikan yang identik dari sebuah motor sporty ber cc besar yaitu kopling manual, dimana kita perlu menarik sebuah tuas ketika menaikan gigi. Namun banyak sekali yang bertanya tanya terutama para pemula, gimana sih cara belajar motor kopling yang gampang, tanpa terkecuali pun juga bertanya iya yang lancar gimana ya. Nah anda berada di tempat yang tepat karena pada kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa penjelasan megnenai motor kopling. Mulai dari cara belaajrnya hingga beberapa hal lainnya yang mungkin bisa menambah wawasan kalian seputar motor kopling ini.

Secara garis besar tak ada yang khsus dalam pembelajaran motor kopling ini. Namun ya memang bagi pemula terbilang cukup sulit seperti mengingat admin belajar awal dulu. Dimana sekali menaikkan kopling langsung mati atau saat melepaskan gigi pertama. Mungkin hal inilah yang kerap dialami oleh para awam sehingga mereka menyebutnya sulit. Karena admin sendiri dulu pernah bilang seperti itu bahkan mau ke titik menyerah hehe.

Ketika kalian belajar usahakan tetap di kawal oleh yang ahli menggunakan motor tersebut ya. Karena tentunya jika tidak kalau terjadi apa apa ditengah kalian belajar maka siapa yang bisa mengantar kalian kembali? apa mau mendorong hehe tentu tidak mungkin.  Lantas bagaimana sih caranya secara detail langkah langkahnya agar paham dan langsung bisa?. Nah mungkin kalian bisa saja mencoba secara langsung beberapa langkah yang admin sediakan secara rinci dikit demi sedikit dibawah ini.

Pantangan Ketika Menggunakan Motor Kopling

Bagi kamu yang sudah bisa mengendarai motor kopling atau yang sedang lagi belajar dan nantinya akan bisa, admin akan memberikan beberapa pantangan kepada kalian. Sebenarnya pantangan ini buakn bermaksud apa, tetapi agar kita mengendarai motor kopling tersebut tetap aman dan selamat sampai tujuan yang kita inginkan. Siapa sih yang ingin terjad ihal hal yang tak sepatutnya terjadi ketika kita berpergian jelek jeleknya saja bukan kecelakaan yakni tertilang polisi. Apa saja pantangan tersebut antara lain :

  • Cegah melepas pedal kopling secara mendadak yang bisa membuat motor langsung mati. Kondisi ini sangat merugikan kalian selain emnakutkan dibealakng ada kondisi melaju kencang namun juga akan membuat kampas kopling cepat habis.
  • Supaya mesin kalian performanya optimal, maka bosqu jangan sering menghidupkan di awal motor dalam kondisi gigi 3 atau bahkan empat. Tapi mulai lah dari gigi 1 jadi usahakn kalau bisa sih Netral gitu.
  • Hindari menarik gas hingga RPM tinggi ketika awal motor dihidupkan.
  • Usahakan tidak menurunkan atau menaikan gigi transmisi tanpa menarik tuas kopling karena bisa mempengaruhi umur komponen transmisi kalian.

Pilihan Motor Kopling Murah

Menjadi salah satu moto ryang banyak diminati, tentunya tak sedikit industri motor yang berusaha membuat atau menghadirkan motor laki atau yang biasa disebut motor kopling ini. Salah satunya yang mendominasi di kelas sport 250cc yang sedang laris dan memiliki performa mantap yakni dari industri honda. Motor tersebut bernama hodna cbr250rr, yang membuat moto rini banyak dimianti selain harga honda cbr250rr yang tergolong murah. Akan tetapi memiliki desain yang sporty dan keren sekali apalagi knalpot standarnya yang sudah berlubang dua tanpa perlu dia apa2kan lagi mengeluarkan suara cukup gahar. Terlepas meskipun honda berhasil memberikan motor sport di papan atas semua rivalnya tak hanya diam saja, kawasaki dengan bawaan barunya all new ninja 250 mungkin akan bisa mengalahkannya juga. Ataupun sang legenda yamaha yang melakukan penyegaran juga pada motor andalan kelas 250cc nya yakni r25. jadi bisa dibilang ketiga industri inilah yang kini menjadi pilihan motor sport murah berbagai kalangan.

Daftar Langkah dan Cara Mengendarai Motor Kopling Lengkap

Cara Mengendarai Motor Kopling

Ilustrasi Motor Kopling Belajar

  1. Sebelum melakukan pembelajaran ada baiknya kita berdoa agar bisa dengan gampang dan setelah bisa menjadi berkah tidak mudah kecelakaan hehe.
  2. Untuk langkah pertama yaitu gunakanlah motor kopling yang kondisinya normal alias sehat jangan ada masalh baik bukan segi koplingnya.
  3. Serta jangan melupakan menggunakan peralatan riding safety seperti biasanya yaitu helm dan jaket walau latihannya tidak jauh jauh, mecnegah kelcetan pada badan kalian saat melakukan latihan.
  4. Jangan berlatih di jalanan umu, usahakan menggunakan tanah lapang karena sesauai yang admin utarakan diawal kerap mesin mati otomatis saat melepas tuas jika belum mahir.
  5. Beberapa motor kopling jaman now mungkin tidak bisa distarter jika tidak netral. Jadi cek dahulu atau netralkan dulu kondisi gigi kalian.
  6. Tarik kopling jika memang kalian ingin menghidupkan mesin elbih mudah tanpa perlu menaik atau menyesuaikan gigi kopling (tapi tidak rekomended)
  7. Jika posisi mesin motor sudah hidup entah itu gigi entral atau sudah masuk gigi berapa yang jelas usahakan menjadikannya ke gigi pertama dulu. Caranya cukup tarik tuas kopling dan injak pedal depan ke bawah. (mungkin bebrapa motor ada yang bisa di keataskan pedalnya)
  8. Lalu lepas tuas kopling yang ditaarik tadi dengan PERLAHAN.
  9. Perlu diingat kata perlahan tersebut karena jika kalian melepas secara langsung amka kalian sendiri yang bisa terlontar dan mesin langsung mati.
  10. Aasalkan menarik tuas dengan perlahan tanpa ditarik gas pun motor akan berjalan sendiri. (ini ciri jika sukses dan mahir)
  11. Lalu bosqu tinggal menaikan kaki yang tadi sebagai penyangga motor dengan menyeimbangkan saat motor berjalan perlahan.
  12. Langkah berikutnya yakni lakukan hal yang sama gunanya menaikan transmisi sesuai kecepatan.
  13. Perpindahan transmisi pada motor kopling memang sedikit berbeda dari motor bebek. Karena jika pada motor bebek kuncinya pedal kedepan untuk naik gigi, pedal kebelakang untuk turun gigi. Namun apda motor kopling jika ingin netral perlu dinaikan secara separuh alias perlahan berbeda dari saat menaikan awalnya.
  14. Untuk sekarang ini motor kopling kebanyakan menggunakan 2 tipe yaitu 1-n-2-3-4-5 dan 1-n-2-3-4-5-6. Jadi usahakan kalian terbiasa dengan itu, ingat dikepala kalian.
  15. Nah setelah cara menaikan gigi dengan tuas kopling udah tau, kini cara menurunkannya.
  16. Caranya cukup gampang kalian cukup perlu selalu ingat dengan menari kkuas kopling secara perlahan juga pedalnya tinggal dikebelakng injak
  17. Jika bosqu mengendarai motor ketika kecepatan dibawah 20km/jam maka gigi yang sangat disarankan yakni gigi 2.
  18. Apabila ingin menambah kecepatan sampai 40 km/jam, kami sarankan untuk berpindah pada gigi ketiga
  19. Lalu saat kencang 40km/jam dan lain sebagainya sesuaikan saja yang sekiranya mesin tidak mendengung/getar.
  20. Untuk gigi lima hingga 6 biasanya cocok buat yang suka rpm tinggi
  21. Lantas untuk jalan agak bergelonjang masih belum aspal gigi 1 rekomnded agar komponen lain aman
  22. Nah karena kondisi masih belajar usahakan jangan melebihi gigi tiga dulu ya sob agar tidak terjadi hal hal yang kurang diinginkan
  23. Beres deh sekarang kalian akan bisa mengendarai motor kopling jenis apapun.

Cara Mengendarai Motor Kopling di Tanjakan

Cara Mengendarai Motor Kopling di Tanjakan

Ilustrasi Gambar Berkendara Motor Kopling di Tanjakan

Suatu medan tanjakn yang kerap dilewati oleh para touring menjadi tantangna tersendiri terlebih yang berkendara touringnya menggunakan motor berjenis kopling. Kalau matic sih ngga ribet, nah namun bagi kamu pengendara motor kopling tak perlu risih admin pun punya patokannya agar tak ribet. Sebenarnya kunci garis besar menggunakan motor kopling di medan tanjakan saat naik yaitu stabilkan dan usahakan gas tidak terasa berat. Tujuannya disini agar ban bergerak maju dan mesin kita tetap dalam kondisi prima tidak terlalu dipaksa serta rantai akan tetap aman. Laantas berapa patokan di gigi 1 gigi 2 dengen kecepatan berapa? nah berikut daftarnya :

  • Gigi 1  : Batas kecepatan 0-10 km/jam
  • Gigi 2 : Batas kecepatan 10-40 km/jam
  • Gigi 3 : Batas kecepatan 40-60 km/jam
  • Gigi 4 : Batas kecepatan 60-80 km/jam
  • Gigi 5 : Batas kecepatan 100 km/jam ke atas
  • Gigi 6 : Batas kecepatan 110 km/jam keatas

Cara Mengendarai Motor Kopling Saat Macet

Cara Mengendarai Motor Kopling Saat Macet

Ilustrasi Berkendara Motor Kopling Saat Macet

Kondisi macet tentu kerap dirasakan oleh kita sebagai masyarakat tanah air. Terlebih yang memang tinggal di kota ktoa besar seperti surabaya dan jakarta yang terkenal akan kemacetannya. Bagi pengendara motor kopling tentunya akan merasa repot ketika menghadapi situasi macet ini. Namun saya akan memberikan tsedikit tips ampuh agar kita tetap nyaman menungagngi motor kita meskipun kondisi jalan macet. Carany aykni jagnan pernah menaikan gigi kamu melebihi dari dua karena akan merasa kesulitan jiak tiba tiba ada yang mengerem mendadak dan membuat kita perlu menurunkan gigi terlalu banyak yakni dua kali. Namun stabilkan gigi antara 1 atau 2, yang admin rekomendasikan sih di gigi 1. Namun akan terlihat seperti tidak bisa mengendarai moto rkopling karena jika gigi 1 suara mesin dan knalpot akan bersuara lebih kencang. Padahal memang kondisi seperti itulah yang memaksimalkan kita saat macet agar tidak terjadi kelepasan kopling yang bsia malah membuat mesin mati secara tidak sengaja.

Gimana bosqu, ngga ada yang susah kan sebenanrya dalam pembelajaran menaiki motor kopling?. Tentunya setelah kita mengetahui dan sudah handal mengendarai motor kopling tapi tetap dipergunakan sesauai dengan takarannya. Jangan malah dibuat balap liar dan lain seabgainya karena itu bisa merugikan diri kalian sendiri, ini sih saran admin sendiri yang telah merasakannya dan sangat menyesali akan apa yang telah dilakukan serta terjadi. Jadi admin sendiri tidak ingin pengalamn pahit admin ini kalian rasakan juga, sebelum terlambat alangkah baiknya dicegah ya boqu.

Mungkin kalian tertarik Cara Merawat Motor Sport

Mungkin itulah saja ulasan yang kurang lebihnya berisikan mengenai cara mengendarai motor kopling di berbagai kondisi, semoga saja sesauai dengan apa yang sedang kalian butuhkan. Karena tujuan saya menulis artikel ini ialah agar dapat memenuhi segala kebutuhan kalian seputar dunia motor agar dapat bermanfaat bagi kalian serta orang disekitar kalian. Apabila kamu merasa suka dengan artikel ini jangan lupa untuk membagikannya ke sosmed andalan kalian karena itu merupakan sebuah bentuk support bagi kami agar lebih bersemangat menyajikan informasi seputar motor terbaru lainnya setiap hari. Sampai jumpa lagi dan Terima kasih salam rider sopan ^_^.