5+ Cara Bayar Pajak Motor Online Paling Praktis

Cara Bayar Pajak Motor Online – Perkembangan teknologi terus berkembang seiringnya zaman. Begitu pula yang terjadi pada bidang peradministrasian yang ada di samsat. Dimana dulunya para masryarakat harus mengantri ketiak mengurus keperluan ini itu utamanya pajak kendaraan bermotor (PKB). Kini telah hadir inovasi dari perkembangan teknologi bahwa membayar pajak sbisa lebih praktis dengan secara online. Tentu tak menutup kemungkiann kepraktisan ini ditutup dengan persyaratan serta peraturan yang ketat demi kenyamanan bersama dan tidak ada pihak yang dirugikan.

Setiap masyarakat tentu memiliki kewajiban untuk membayar pajak, salah satunya yang termasuk yakni pajak motor jika kita memilikinya. Dulu mungkin kita sering mengingat ingat bahwasanya dimana mana banyak sekali calo dalam pengurusan administrasi di bidang samsat ini. Dengan istilah lainnya lebih praktis dan kita tidak perlu antri lama yang cukup melelahkan namun dengan patokan harga yang cukup tinggi. Akhirnya lambat laun kini cara tersebut tidak akan terjual laris seperti dulu karena kini kita bisa membayar sendiri tanpa antri menggunakan cara online. Akan tetapi masih sedikit orang yang mengetahui cara online ini karena terbatasnya informasi yang didapatkan, nah akan tetapi pecintamotor.com berusaha mengatasi hal tersebut. Bagi kalian yang ingin mengetahui bagaimana caranya bisa mengikuti langkah dei langkah pada segmen segmen dibawah.

Omong omong soal pajak motor walaupun secara online tentu tetap hampir mirip seperti cara manual yakni kita harus menyesuaikan denga provinsi motor tersebut. Jika kita membeli di provinsi jakarta maka kita harus memilih daerah jakarta pada layar yang tampil nanti. Selain itu pajak motor online inis elalu mengambil data biaya dari kantor pusat dati tidak ada istilah akan kecurangan atau apapun itu. Nah bagi kamu yang ingin megnetahui secara lengkap prosedurnya langsung saja baca dengan baik ya.

 

Cara Menghitung Pajak Motor

Mungkin beberapa kalian yang ingin membayar pajak motor lupa untuk menghitung berapa nominal yang harus dibayarkan. Nah namun ga usah bingung, karena kini mengeceknya ada dua pilihan bisa lewat aplikasi yang jauh lebih mudah dan bisa secara manual. Untuk yang secara aplikasi telah admin jelaskan pada artikel Cek Pajak Motor Online silakan kalian baca sendiri. Sedangkan untuk cara manualnya bisa menggunakan beberapa perumusan yang juga pernah saya bagikan di artikel Cara Menghitung Denda Pajak Motor semuanya terbilang cukup mudah menurut saya tergantung mana yang bosqu suka.

 

Beberapa Syarat Bayar Pajak Motor Online

Tentunya pihak samsat akan tetap memberlakukan beberapa persyaratan walaupun sudah online sebab secara umum caranya sama sepeerti manual cuma kita tidak perlu berada di kantor resminya. Apa saja syaratnya antara lain :

  1. Pertama, pastikan kendaraan bermotor kalian sudah sah dengan STNK 1 Tahun
  2. Bukan sedang masa pergantian STNK alias perpanjangan
  3. Agar dapat melakukan pembayaran PKB online, harus ada BPKB, KTP atas nama motornya, serta STNK.
  4. Kondisi PKB tidak terlambat melebihi satu tahun
  5. Nah yang terakhir tentu tidak akan dilakukan sekali lah yaitu, kondisi motor tidak adlam keadaan rusak / hilang atau semacam tindakan kriminal lainnya.

Dengan kalian bisa menyanggupi semua persayaratan tersebut maka proses pembayaran pkb kalian secara online bisa berjalan dengan baik dan lancar.

 

Peraturan Memakai Pembayaran Pajak Motor Online

Selain memebrlakuka beberapa persyaratan. Demi kenyamanan bersama pihak samsat memberlakukan beberapa peraturan terhadap penggunaan bayar pajak motor secara online ini yang dimana harus dipatuhi oleh wajib pajak. Apa saja itu bisa kalian lihat dibawah ini.

  1. Yang pertama peraturannya yakni identitas pembayar harus sesuaid engan yang terdaftar di server samsat daerahnya.
  2. Motor tidak sedang dalam status pemblokiran atau identitas pembayar juga tidak ada indikasi blok dari samsat setempat atau samsat lainyna.
  3. Diharuskan mempunyai nomor hp aktif yang digunakan untuk menghubungi jika ada permasalahn
  4. Pembayar harus memiliki buku tabungan / kartu atm sesauai dengan bank yang tersedia atau ditentukan oleh pihak samsat. (Jika tidak maka tidak bisa karena bukan seperti transfer yang bisa dilakukan beda bank).
  5. Motor yang bisa didaftarkan ulang jika tidak memenuhi beberapa peraturan diatas yakni Identitas ktp dan nama yang ada di STNK/BPKB sama.
  6. Peraturan sudah berlaku bagi pemilik kendaraan yang telah didaftarkan ulang 1 tahun
  7. Tidak bisa sekaligus melakukan perpanjangan alias ganti STNK / Plat 5 tahun
  8. Pajak yang dibayarkan harus sebelum 6 bulan jatuh temponya.
  9. Pembayaran bsia dilakukan hanya untu kperorangan bukan sebauh perusahaan atau bisnis dan semacamnya

Nah jika semuanya sudah bisa dilengkapi dan terpenuhi maka kalian bisa melakukan pembayaran melalui beberapa langkah yang telah admin sediakan dibawah ini.

Bayar Pajak Motor di Atm

Ilustrasi Bayar Pajak Motor di ATM

Tips dan Cara Bayar Pajak Motor Online Lengkap

  1. Buka Situs e-Samsat

Cara pertama yang perlu kita lakukan yaitu membuka situs resmi yang telah diseidiakan oleh pihaknya. Daftar situs setiap wialayahnya yakni :

  • DKI Jakarta Langsung ke Halaman ==> http://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_PKB
  • Jawa Timur Langsung ke Halaman ==> http://www.esamsat.jatimprov.go.id/
  • Nangroe Aceh Darusalam langsung ke halaman =>> http://esamsataceh.com
  • Jawa Barat langsung ke halaman => http://dispenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/
  • Jawa Tengah langsung ke halaman => http://dppad.jatengprov.go.id/

Nanti di semua situs itu berisikan juga petunjuknya yang perlu kalian lakukan apa saja. Namun perlu dicatat tak semau pembayaran online ini bisa dilakukan jika motor kalian motor surabaya dan tinggal di jakarta. Karena kalian memerlukan kesamaan kota dengan kota asal motor tersebut. Jadi solusinya gampang saja kalian tinggal menyuruh sesorang yang kalian kenal / sudah akrab lebih dianjurkan sih saudara untuk mengurusnya.

 

  1. Isi Data Kendaraan

Kemudian kalian tinggal mengisi beberapa tabel data yang tertera di situsnya, antara lain seperti ini :

  • Nomor  polisi : Masukkan nomor polisi dari motor kalian (Nomor Plat). Contoh B 2347 VA
  • Kota : Sesuaikan dengan kota asal kendaraan anda. Jika di STNK tertera surabaya maka masukan pilih itu.
  • Samsat : Pilih lokasi samsat kalian nanti mengambil perpanjangannya.
  • Kode : Cocokan kode yang ada
  • Lalu kalian klik saja “Cari”
  • Jika ata yang kalian masukan benar maka nanti akan ada opsi “Apakah anda akan melakukan pembayaran?” Klik itu.
  • Sbelum meneruskan cek kembali datanya jangan sampai keliru.

Setelah semuanya selesai dan sudah diricek maka lanjut ke langkah berikutnya.

 

  1. Pilih Kota Tempat Pengambilan Nota Pajak Motor Online

Sebelum kalian lanjut melakukan pembayaran ke tempat tempat atm atau hal lainnya. Kalian perlu mengisi formulir lagi agar nota yang kalian ambil sebagai bukti nanti sesauai agar tidak ada kekeliruan. Kurang elbih seperti ini tabelunya.

  • Kode Bayar : Klik tanda atau tulisan “Kode Bayar” karena kode itu nantinya kalian pakai untuk membayar di atm
  • Kota : Masukan kota tempat anda ingin mengambil nota. Karena saya sedang berposisi di surabaya maka saya ambil surabaya.
  • Samsat : Sesuaikan dengan samsat terdekat anda
  • Bank : Bisa memilih bank yang kalian miliki jika tidak ada jangan dipaksa
  • Layanan : Memilih sesuai keinginan mau makai metode layanan ATM, Ibanking, sms banking sesuaikan
  • Jika semuanya sudah selesai dan memasukan kode bayar pad alangkah awal, nanti akan tampil dilayar menunjukan nominal PKB yang perlu kalian bayar.

 

  1. Lakukan Proses Pembayaran Pajak Motor Online

Sekarang kalian telah memasuki tahap pembayaran, silakan sesuaikan dengan opsi yang dipilih sebelumnya. Apa menggunakan ATM, Ibanking, atau Mbankin. Kurang lebih sebagai berikut :

  • Pertama, buka menu Bayar > Multi Payment > Pilihlah samsat yang sesauai dengan posisi anda berada.
  • Lalu pastikan anda untuk mengingat berapa kode pembayaran yang didapatkan dari langkah sebelumny melalui web resmi samsat setempat.
  • Selanjutnya silakan klik ‘Lanjutkan” fungsinya untuk meneruskan dari langkah pengisian alamat tadi.
  • Kemudian akan muncul di layar bahwa anda telah sukses membayar sesuai besarannya.
  • Silakan kalian simpan itu sebagai bukti pembayaran yang sah nantinya saat menukar dengan nota pada samsat kantor resmi.

Wajib anda catat bahwasanya bukti pembayaran tersebut cuma memiliki amsa berlaku 7 hari. Jadi jika lebih dari 7 hari maka uang yang kalian gunakan untuk membayar menjadi hangus dan tertulis tak bisa ditukarkan dengan nota di kantor resmi samsatnya. Jadi ingat baik baik hal ini.

 

  1. Pengambilan Nota Pajak di Samsat

Nah akhirnya sampai ke langkah akhiryakni mengunjungi kantor samsat untuk menukarkan bukti pembayaran menjadi nota PKB Baru bagi motor kalian. Persiapan yang kalain bawa untuk eksana cukup KTP,STNK Lama, dan Bukti pembayaran itu. Lalu langsung menuju ke loket (jika bingung tanya pegawai setempat situ). Selamat mencoba ya bosqu, jangan lupa bagikan pengalamannya di kolom komentar ya.

Nota Bayar Pajak Motor Online

Nota Bayar Pajak Motor Online

Bingung untuk prosedur 5 tahun yang ganti palt? coba baca biaya ganti plat motor ada panduannya

Ketika kepraktiasn didepan mata sudah tidak alsan lagi ya bosqu? jadi tentunya hadirnya ini bukan malah memperhambat kita dalam melakukan aktivitas lainnya tanpa perlu takut terkena denda karena gak ada waktu menuju ke kantor samsat resmi saat jatuh tempo PKBnya. Tentu mungkin kedepannya akan jauh lebih praktis mungkin tak perlu mengambil nota melainkan notanya di antarkan oleh kantor pos asal kita mau membayar itu hal yang mungkin saja terjadi dan tidak bisa dipastikan.

Demikianlah kurang lebihnya sedikit informasi yang bisa saya tuliskan, semoga tulisan saya ini dapat bermanfaat dan berguna bagi kalian maupun orang disekitar kalian. Jika kalian senang membaca tulisan ini bantu kami dengan membagikannya ke sosmed andalan kalian karena dengan begitu kami elbih bersemangat dalam menyajikan informasi motor terbaru lainnya setiap hari, jadi nantikan terus ya. Apabila ada yang tidak jelas atau ingin ditambahkan silakan berkomentar saja pasti kami respon dan saling berdiskusi. Terima Kasih dan salam rider sopan ^_^.

Leave a Reply