Logo Pecintamotor
pecintamotor.com

Cara Menyetel Karburator Motor

Oktober 4, 2019 - 4 min to read

Salah satu sistem bahan bakar yang bernama karbu tentu masih jadi andalan utamnay apada motor kopling, namun bagaimana cara menyetel karburator motor tersebut agar irit bensin namun tarikan mantap?

Sejatinya menyetel karbu itu sendiri bukan untuk hal hal seperti itu melainkan jika sudah mengalami beragam kendala sehingga tidak perlu ganti dahulu sampai ada uang.

Namun menyetel untuk kebutuhan irit bensin, membuat performa tarikan ganas dan semacamnya pun boleh tidak ada yang melarang.

Jika berbicara sistem bahan bakar satunya yang jauh lebih irit yaitu injeksi jelas jauh berbeda karena injeksi kamu kalau mau setting harus pakai komputer sementara karbu sangat bisa manual dilakukan langsung.

Nah buat kalian yang tidak tahu dan takut keliru menyetel karbu motornya, berikut pecintamotor coba berikan panduannya, pastikan disimak baik baik ya…

 

Tips dan Cara Menyetel Karburator Motor Semua Tipe Lengkap

Cara Menyetel Karburator Motor

Cara Menyetel Karburator Motor

Ketika melakukan sesuatu apapun termasuk menyetl karbu ini, patikan kalian sudah menyiapkan balat alat bengkel biasa yakni oben (baik plus atau minus), engkol, kunci inggris dan semacamnya.

 

Ciri Ciri Karburator Motor Minta Disetel

Ciri Ciri Karburator Motor Minta di Settel

Ciri Ciri Karburator Motor Minta di Settel

Sedikit tips yang mana harus kita ketahi sebelum menyetel karbu yakni harus paham bagaimana ciri ciri karbu itu kok minta kalian settel, antara lain cirinya yakni :

 

  • Mesin Sulit Mau Hidup

Nah jadi tanda pertama bahwa karbu motor minta disetel ulang yaitu ketika mau menghdiupkan mesin saja terasa susah sekali.

Sehingga perlu beberap akali starter baik quick starter atau kick starter, disanalah bisa dipastikan karbu kalian minta setting ulang.

 

  • Performa / Tenaga Mesn Mengurang

Merasa tenaga mesin kalian tidak lagi maksimal? itu tandanya karbu minta disetel yang disebabkan karena suplai angin dalam karbu terganggu saat adanya kotoran.

Sehingga kalian bisa membaca cara membersihkan karburator motor agar kotoran tersebut tidak berlanjut meski telah di setel ulang.

 

  • RPM Rendah Mesin Sudah Brebet

pelajari : penyebab motor brebet di putaran rendah

Jadi ketika mesin mulai brebet apalagi ketika putaran masih dibawah itu merupakan gejala umum yang timbul karena setelan angin karbu kurang tepat entah itu terlalu banyak atau malah sedikit.

 

  • Busi Motor basah

Tanda / ciri yang terakhir ini yaitu saat busi mau mati maka busi akan mudah basah, nah mungkin kalian bisa langsung mengganti busi tersebut lalu menyetel ulang karburatornya.

Jadi jangan menyetel karbu saat busi sudah basah atau belum diganti ya, karena itu bisa membuat kelistrikan serta performa mesin tidak optimal.

 

Langkah Langkah Menyetel Karbu Motor

Nah ini dia poin intinya setelah kita tahu seperti aapa tanda kamu harus menyetel karbunya, sekarang ayo kita lakukandengan benar melalui langkah berikut :

 

1. Persiapkan Obeng

Hal awal yang perlu kalian lakukan yakni mempersiapkan obeng minus (-) yang akan digunakan untuk membuka sekrup di karburator.

Sekrup di karbu itu terdiri dari 2 macam, satunya sekrup untuk menyetel gas dan satunya lagi sekrup untuk menyetel udara.

 

2. Nyalakan Mesin

Setelah obeng minus (-) siap, sekarang hidupkanlah mesin motor kalian dimana ini tujuannya agar menemukan setelan karbu yang pas karena karbu akan berfungsi jika mesin hidup toh.

Ketika mesin hidup kalian bisa coba tarik tuas gas motor kalian apakah ada sedikit brebet atau malah parah brebtenya, jika brebet maka bisa lanjut ke langkah berikutnya jika tidak brebet poin 3 ini bisa di skip.

 

3. Putar Sekrup Setelan Gas

Disini obeng minus (-) langsung kalian pakai untuk membuka sekrup setelan gas dengan car aputarlah kearah kanan atau searah jarum jam.

Untuk jumlah memutarnya cukup satu setengah atau dua putaran saja ya bosqu, supaya hasilnya maksimal dan pas bagaimana tahu kalau pas? cukup sambil dicoba tarik tuas gasnya apa masih sama apa tidak.

Proses memutar itu dilakukan supaya sekrup semakin masuk kedalam karbu sehingga katup gas yang berbentuk trapesium menjadi tetekan dan hasilnya RPM mesin motor bisa tinggi.

 

4. Tutuplah Sekrup Setelan Udara

Langkah selanjutnya yaitu ke sekrup penyetel udara, dimana fungsi sekrup ini untuk menutup saluran idle jadi kita harus bisa memaksimalkannya.

Bagaimana melakukannya? cukup putar sekrup setelan udara ke arah kanan / searah jarum jam ketika RPM naik sampai 1.500 rpm.

Proses ini bertujuan untuk menutup saluran udara yang akan masuk ke mesin,s ehigngga jika sudah rapat maka bisa dipastikan performra mesin tidak lagi ada kata brebet.

 

5. Buka Sekrup Udara Hingga RPM Atas

Pada langkah menutu sekrup udara sebelumnya, usahakan jangan sampai mesin mati ya bosqu. Apabila selama proses menutup itu mesin mati maka kalian harus menghentikan proes memutar / menutup saluran udaranya.

Jadi solusi selanjutnya yaitu, membuka sekrup udara yang udah kita rapatkan tadi. Caranya ya jelas dong putar dengna ah berlawanan yakni kiri tujuannya agar membuat rpm motor naik sendiri.

Supaya lebih mudah sih, saran saya yakni putarlah sekrup angin itu sampai 2.5 putaran, akan tetapi apabila masih RPMnya berangsur naik maka boleh dilanjutkan jangan dibuat patokan itu 2.5 ya yang penting kita haru smenunggu sampai RPM motor mentok / teritinggi jadi kalau dibawha 2.5 putaran pun telah mencapai tertinggi boleh dihentikan putarannya.

Bisa dibilang proses inilah yang cukup ribet bagi yang belum terbiasa, karena kita harus tahu feeling dan sabar menunggu proses RPM yang bersangsur angsur tersebut tapi ya gimana demi hasil joss kan gaes hehe.

 

6. Menytel Turun Tarikan Gas

Pada langkah sekarang ini kalian perlu menyetel gas turun  agar tarikan RPM dan idlenya sangat ideal pas.

Cara menurutnkan gas ini yaitu cukup putar sekrup gas di poin 3 tadi ke arah berlawanan yakni kiri sampai ke RPM yang kalian mau.

Kalau menurut saran mimin sin putar sekrupnya sampai 900 / 1000 rpm ajalah agar sesuai standar motor, namun disini ini aslinya udah opsional sesuai kebutuhan apakah amu dibuat balap juga bisa.

 

7. Lakukan Tes Mesin

Nah setelah beragam proses penyetean karbu diatas tadi diikuti, sekarang langkah terakhirnya yakni tinggal mengetes saja mesin motor kalian apakah sudah mantap atau belum.

Sebelum mengets karena tadi menyetelnya kondisi mesin hidup, matikan dulu gaes lalu hidupkan kembali dengan cara bebas mau quick starter atua kick starter.

Apabila proses setelan karbu tadi sudah sangat benar dan mantap, maka menghidupkan mesin akan langsung cukup 1 kali saja namun jika masih agak susah berarti masih ada kekeliruan saat penyetelan tadi.

Namun kalau kick starter bisa 1 kali min tapi kalau quick starter agak sulit, nah disini berarti bermasalah pada kelistrikan yang umumnya disebabkan oleh busi.

Jadi solusinya bukan salah setelan karbu melainkan kalian harus ganti saja busi itu berarti sudah aus, cek aja busi yang bagus berapan di artikel : harga busi motor.

 

8. Tes Langsung Dijalanan

Setelah semua prosedur prosedur tadi diikuti aalagi yang terakhir yaitu tes mesin, namun itu kan tes mesin bukan saat kondisi jalan.

Sekarang kalian lasngung saja tes mesin kalian itu dijalanan agar tahu apakah benar benar powerfull, coba dengna tarikan gas tinggi lalu gas standar apakah ada keluhan brebet dan semacamnya.

Kalau tidak ada berati sudah beres setelan karbu kalian telah berhasil 100%.

Apabila kalian bertanya apakah penyetelan tersebut hanya untuk karbu standar? bisai dibilang iya bisa dibilang tidka karena meski kamu pakai karbu pe, karbu pwk, karbu pwl dan lainnya itu kan juga bisa disesuaikan.

Demikianlah kurang lebih seidkit padnuan yang bisa saya smapaikan mengenai cara menyetel karburator motor, semoga saja membantu kalian dan terima kasih sudah menyimak :D.