Logo Pecintamotor
pecintamotor.com

Cara Mengendarai Motor Matic

April 22, 2019 - 4 min to read

Hal yang lumrah jika dalam berkendara semuanya perlu belajar, termasuk motor matic sekalipun. Jadi cara mengendarai matic perlu sekali kalian pahami sampai handal.

Dibilang cukup efektif karena cukup menarik tuas gas dan motor akan langsung berjalan. Akan tetapi meski tak serumit cara mengendarai motor kopling, kalian wajib ngerti juga teknik tekniknya agar tak asal bisa saja.

Sebagaimana yang kita tahu sendiri, bahwa rata rata prosentase kecelakan di lalu lintas didominasi oleh para pengendara motor matic.

Hal tersebut jelas disebabkan oleh kemudahan berkendaranya sehingga beragam kalangan meminatinya. Untuk menuju kecepatan penuhnya pun mudah.

Selaku motor yang sering dipakai kaum wantia. Tentu para wanita harus berkendara memakai motor matic secara tertib agar tak membahayakan pengendara lain .

Sebab pada umumnya ibu ibu ataupun wanita muda kerap kali membelok tanpa ada teknik yang baik seperti halnya tak menghidupkan lampu sein.

Nah melihat hal ini sangat teramat penting. Berikut ini pecintamotor.com menyajikan beberapa cara mudah untuk mengendarai motor matic. Yuk simak baik baik.

 

Cara Mengendarai Motor Matic Bagi Pemula

Cara Mengendarai Motor Matic

Cara Mengendarai Motor Matic

Dibawah ini nanti akan terbagi beberapa segmen yang tak hanya menjelaskan bagaimana cara mengendarai motor matic saja. Jadi pastikan mencermati setiap segmennya ya..

 

Bagian Bagian Motor Matic

Bagian Motor Matic

Bagian Motor Matic

Meskipun yang kita pelajari cara berkendaranya. Namun tak keliru kan bila kita mengetahui juga apa saja bagian bagian dari motor matic yang kita kendarai tersebut?. Nah bagi kamu yang ingin tahu silakan cek bagian tersebut antara lain sebagai berikut :

  1. Lampu utama sebagai pencahayaan berada di bagian depan.
  2. Sein, klakson bagian tersebut ada di dekat rem belakangnya.
  3. Standar double terdapat di bagian bawah tengan motor matic tersebut.
  4. Tuas rem ban depan terdapat di sebelah kanan
  5. Tuas rem ban belakang terdapat di sebelah kiri
  6. Tuas kick starter motor matic sebagai fungsi agar mesin bisa dihidupkan ada di searah kaki kiri pengendara.
  7. Disebelah kanan setir terdapat tombol double starter
  8. Bagian handle gas ada dibagian kanan dekat dengan tombol double starter
  9. Standar samping kiri ada disebelah kiri untuk memarkir motor

 

Persiapan sebelum mengendarai motor matic

Persiapan Cara Mengendarai Motro Matic

Persiapan Mengendarai Motro Matic

Tentu tak ada yang namanya melakukan sesatu tanpa persiapan, begitu pula dalam mengendarai motor matic ini, pastikan kalian membekali beberapa perlengkapan berikut ini sebelum memulainya.

 

  • Lengkapi Perlengkapan Berkendara

Perlengkapan yang dimaksud yaitu perlengkapan pada umumnya saat berkendara tanpa terututp itu matic atau tidak. Antara lain yakni adalah Helm, Jaket, serta Celana.

Barang barang tersebut memang terlihat simple namun sering dilupakan. Padahal merupakan faktor utama penjaga kesealamatan. Helm untuk pelindung kepala, jaket untuk melindungi tubuh. lalu celana mencegah kaki terkena lecet parah.

 

  • Pilih lintasan yang sepi

Dalam belajar, tentu diutamakan tak langsung belajar ke jalan raya yang mana kita tahu Indonesia tidak pernah tidak macet apalagi bagian kota. Pilihlah lintasan sepi yang luas seperti lapangan, hutan dan semacamnya. Hal ini tentu akan mempermudah kalian berkespeesi teknik berkendara mana yang cocok.

 

  • Cek kondisi motor

Bukan hal yang asing jika kita ketahui beragam varian motor matic terbaik bertebaran di luar sana. Terlebih jika membelinya dalam kondisi bekas, tentu kita perlu ricek ricek lagi sebelum memakainya.

Jika bingung mengeceknya sekalian dirawat saja yak bosqu. Silakan baca cara merawat motor matic apabila tak tahu perawatan seperti apa yang dilakukan.

Tapi tak menutup kemungkinan pada kondisi motor baru pun tak perlu dilakukan pengecekan. Nah jadi cek bagian bagian utamanya saja yaitu Ban, suspensi serta oli mesin.

 

Langkah & Teknik Belajar Motor Matic

Cara Mengendarai Motor Matic

Cara Mengendarai Motor Matic

  1. Mula mula, silakan kalian buka dulu penutup lubang kunci yang biasanya ada pada motor matic terbaru saat ini. Jadi jika kalian menggunakan skutik lama silakan lewati saja.
  2. Sekarang kalian colokkan kunci motor lalu putar kunci tersebut hingga posisi netral. Rata rata posisi netral motor matic ini ditandai dengan warna hijau pada panel meter.
  3. Apabila telah dirasa netral, kalian kembalikan standar sampingnya
  4. Seusai menaikkan standar samping. secara otomatis tubuh kalian sudah ada diatas motor. Nah posisikanlah tubuh senyaman mungkin dan pastikan itu seimbang.
  5. Oh iya tak boleh lupa dong cara menghidupkan motor matic kan perlu dengan menekan tuas remnya ya.
  6. Selanjutnya kalian tinggal menunggu beberapa menit terlebih dahulu sampai mesin motor tersebut panas
  7. Apabila dirasa sudah cukup panas, coba deh jalankan motor maticnya.
  8. Kendalikan motor tersebut dengan kecepatan selalu dibawah 40km/jam. Sebab kecepatan diatas tersebut jika masih belajar bisa terjadi kesalahan.
  9. Kecepatan diatas 40km/jam memerlukan teknik pengereman handal yang tak mungkin dimiliki seseeorang pemula.
  10. Lalu apabila kamu menemukan jalan yang berkelok. Posisikan tangan kamu sedekat mungkin dengan tuas remnya. Dan jagalahkecepatan tetap stabil guna mengantisipasi jalan berkelok kurang baik.
  11. Jangan sampai lupa untuk tidak menghidupkan lampu sein kamu saat berbelok itu.
  12. Sementara itu untuk cara mengendarai motor matic di tanjakan sendiri. Teknik yang bisa kalian lakukan yaitu menaikan kecepatan secara pelan pelan saja. Serta sama halnya dibelokan tadi yaitu tangan dekat dengan tuas rem. Teknik ini berlaku juga untuk cara mengendarai motor matic di tanjakan tajam ya.
  13. Kemudian bagaimana untuk cara mengendarai motor matic di turunan min?. Gampang kslian cukup memainkan tuas kedua rem secara bersamaan jangan menyentuh gas sama sekali.
  14. Ingat! kedua rem bukan satu saja ya. Karena jika salah satu saja, misal rem depan saja yang kamu pakai saat turunan. Maka bukan tidak mungkin kalian bisa terbalik begitu pula untuk rem belakangnya.
  15. Nah ketika kalian mau berhenti menaiki motor maticnya. Turunkanlah kecepatan disertai menarik tuas rem secara perlahan tentunya jangan sampai mendadak banget. Bisa bahaya buat pengendara di belakang kamu sering sekali terjadi kesalahan ini.
  16. Jika dirasa motor terhenti dengan baik. Matikan mesin dengan kunci ke arah off serta jangan lupa untuk menutup lubang kuncinya.
  17. Yang terakhir, pastikan standar miring tersebut mampu menjaga stabil motor kita di tempat parkirnya tadi. Karena motor matic lebih rentan jatuh saat diparkir.

Masih tidak paham? Santay kamu bisa tonton versi videonya nih.

 

Video Cara Mengendarai Motor Matic

Nah kurang lebih begitulah teknik cara mengendarai motor matic yang bisa kalian ikuti sehingga tak melanggar aturan lalu lintas sekaligus menjaga kemamann kamu di jalan raya.

Apabila kamu ingin ada yang admin tambahkan silakan berkomentar ya agat kami edit artikelnya. Kamu uxapkan terima kasih atas segala perhatiannya 😀