Logo Pecintamotor
pecintamotor.com

Cara Membuat SIM C

April 14, 2019 - 5 min to read

Setiap pengendara bermotor di negara Indonesia ini wajib mempunyai yang namanya Surat Izin Mengemudi (SIM) C. Kartu tanda / surat tersebut merupakan tanda bukti bahwa si pengendara sangat layak mengoperasikan motor di jalanan Indonesia. Oleh karena itulah masyarakat hendak tahu bagaimana cara membuat SIM c itu sebenarnya sulit atau tidak.

Pembuatan SIM C sejatinya tidak sulit jika dalam faktor administrasinya, akan tetapi prosedur prosedur yang harus dilewati cukup lumayan. Seperti haalnya harus lulus ujian teori terlebih dahulu baru dilanjut ujian praktek. Untuk tes teori sendiri dapat dengan mudah lulus jika sudah 1 kali gagal sebab hanya perlu ketelitian, namun tidak di ujian praktek.

Ujian praktek benar benar membuat pengendara amatir kebingungan, hingga saat admin sendiri membuat SIM C dikala itu ada yang pernah gagal 17 kali. Akhirnya orang orang seperti itu tentu memilih jalan pintas yang biasa disebut Menembak memakai jasa calo. Dimana menurut admin sendiri cara tersebut sangatlah boros terhadap biaya yang dikeluarkan.

Nah jadi bagi kamu yang ingin mencoba prosedur pembuatan sim c tanpa nembak tersebut, berikut ini pecintamotor.com coba sajikan langkah demi langkah yang akan mudah dipahami jika kalian menyimak baik baik.

 

Biaya dan Persyaratan Cara Membuat SIM C

Cara Membuat SIM C

Cara Membuat SIM C

Secara tipsnya saja pengurusan SIM C akan mudah dilakukan sekaligus itu lulus ujian ujian yang ada kuncinya ialah fokus dan berlatih. Tak sedikit orang yang belaar dahulu sebelum ujian praktek dilaksanakan saat berada di SAMSAT. Nah disanalah kalian akan mulai memahami apa yang akan dilakukan saat ujian berlangsung.

 

Biaya Pembuatan SIM C

Biaya Membuat SIM C

Biaya Membuat SIM C

Tentu sebelum ktia beralih ke apa saja persyaratan serta bagaimana prosedur pembuatannya harus mengerti dahulu berapa biaya membuat sim c tersebut. Karena bisa dibilang ini merupakan syarat paling utama meskipun kita sudah memenuhi syarat berupa dokumen serta dinyatakan lulus dalam prosedurnya kalau tiadk tahu biayanya? sama saja bohong haha.

Berikut ini daftarnya dari semua golongan SIM C, jika ingin lengkap silakan cek artikel biaya pembuatan sim, antara lain yaitu :

Golongan SIMTarif Penerbitan
SIM CRp. 100.000
SIM C1Rp. 100.000
SIM C2Rp. 100.000

Jika kita bisa lihat dengan seksama lewat tabel diatas bahwa semua golongan yang ada di SIM C tak mempunyai perbedaan harga semuanya sama sama di banderol 100 ribu rupiah saja. Perlu dicatat tarif tersebut belum termasuk dengan Asuransi yang kadang bernilai 30 ribu rupiah serta permintaan Surat Keterangan Sehat 60ribu rupiah. Jadi apabila ditotal biaya membuat sim c ini 200ribu kurang lebihnya.

Untuk kedepan perpanjangnya berapa? silakan cek di cara memperpanjang SIM C

 

Syarat Membuat SIM C

Syarat Membuat SIM C

Syarat Membuat SIM C

Apabila kita sudah tahu dan siap bahwa biaya diatas sudah ada di dompet kita, maka kini kita tinggal memasuki persayaratan apa saja yang perlu dibawa ke samsat saat hendak mengurusnya. Antara lain persyaratan tersebut :

1. Usia

Syarat yang pertama dalam pembautan SIM C ini ialah usia/umur, dimana pemohon harus minimal mempunyai KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang itu ebrarti sudah bisa mengajukan saat umur 17 tahun.

 

2. Kesehatan

Tentu pengendara harus sehat dalam kodnsiinya baik jasmani ataupun rohani agar dapat mengajukan surat keterangan sehat di psukesmas atau dokter yang mana surat itulah yang jadi pokok persyaratan bagian kesehatan ini.

 

3. Penampilan Rapi

Ternyata di SAMSAT pun kalian harus berpenampilan rapi, serta bersepatu loh jadi tidak boleh memakai sandal. Kalau admin dulu sih entah kobisa boleh pakai sandal hehe.

 

4. Memenuhi Administrasi

Kalian harus memenuhi beragam persyaratan administrasi baik mulai dari Biaya, ataupun hingga pengisian formulir permohonan sebenar benarnya.

 

5. Lulus TES

Persyaratan yang terakhir ini sangat wajib hukumnya dari beragam syarat diatas, jadi bila syarat sudah dilampirkan syarat yang harus kalian miliki setelahnya yakni berhasil melewati 2 test yakni ujian teori ataupun ujian prakteknya. Itulah mengapa pengendara harus mempunyai pengetahuan soal lalu lintas serta dasar mengendarai motor agar tak kebingungan.

 

Ujian Teori SIM C

Dulunya ujian teori sim c ini berbasis tulis alias layaknya kita melakukan ujian ujian di sekolah. Hanya saja seiring perkembangan zaman kini simulasi simulasi tersebut sudah bisa diliat secara bergerak. Dimana ujian teori sim c komputer ini lebih mudah menurut admin sebab kita tinggal mendengarkan instruksi lalu menjawab hanya saja kurangnya tidak bisa nyontek haha.

Untuk tipsnya sendiri agar jawaban benar itu sendiri sudah admin jelaskan pada artikel Ujian Toeri SIM C. Jika kita ambil dari kesimpulan dari artikel tersebut yaitu jangan sampai tertipu oleh beberapa kecohan yang kadang berbeda dari gambar. Jadi fokus saja pada yang terdengar itu yang paling benar.

 

Ujian Praktek SIM C

Sedikit penjelasan kami berikan mengenai ujian praktek SIM C ini yang mana terdiri dari lintasan lurus, berbelok, angka delapan serta zigzag. Semua lintasan tersebut akan dapat dilewati secara mudah dengan kunci utama yakni FOKUS. Sebab kerap sekali admin temukan di lokasi praktek semua lintasan selesai namun dia bergerak sebelum ada aba2 itu artinya dia tidak fokus.

Jadi selain kefokusan ada tips lain yang bisa kalian baca di artikel Ujian Praktek SIM C. Dimana disana admin jelaskan bagaimana prosedur serta tips kenapa lebh dominan memilih motor matic. Sejatinya motor ber gigi pun bisa hanya saja memang harus terbiasa sedangkan motor matic meskipun sekali pakai sudah lancar.

 

Langkah – Langkah Cara Membuat SIM C

Setelah semua persayaratna diatas kita ketahui, inilah kita sekarang berada di segmen paling inti yaitu bagaimana prosedur mengurus permohonan sim c baru.

  1. Pertama datanglah ke SAMSAT yang ada di kota kamu.
  2. Lalu, cek kembali semua persyaratan diatas seperti surat surat yang harusnya dibawa.
  3. Berikutnya, siapkan foto copy KTP 2x lembar serta pas foto 3×4 2 lembar juga.
  4. Pastikan kamu memakai sepatu agar tidak disuruh kembali ke rumah.
  5. Sesudah tiba di SAMSAT yang dituju. Kalian hanya perlu membuat Surat Keterangan Sehat pada tempat yang telah di tentukan oleh samsat tersebut.
  6. Diatas, sudah kami jelaskan bahwa untuk biaya pembuatannya tersebut cukup beragam ada yang cuma 30rb ada yang hingga 50 ribu rupiah.
  7. Belilah sebuah map yang sesuai dengan kategori SIM diinginkan. Umumnya SIM C memakai map berawarna Biru.
  8. Beri nama di map tersebut sesuai KTP kamu. Kemudian ikut tumpukan berkas yang ada di meja pendaftaran (biasanya kalau bingung berikan petugas disitu saja).
  9. Apabila berkas tersebut merasa benar persayratannya, petugas yang mengecek akan memberikan sebuah formulir permohonan terbit SIM baru.
  10. Di hal tersebut kalian perlu membayar uang Administarasi pada loket pembayaran yang ada.
  11. Sesudah membayar, isilah formulir yang diadpatkan tadi, jangan sampai ada yang keliru ya.
  12. Jika pengisian selesai, serahkan saja formulir itu ke petugas loket yang sudah disedakan dan tunggu sampai nama kamu dipanggil.
  13. Kalian akan disuruh masuk ke ruang tunggu untuk menunggu waktu tes teorinya, umumnya akan disediakan sebuah buku belajar.
  14. Jika sudah tiba gilirannya, masuklah ke ruang teori dan PERHATIKAN INSTRUKSInya karena admin sendiri pernah gagal karena tak mendengar instruksi.
  15. Jadi jawablah dengan benar semua soal yang tampil dilayar ruang teori supaya bisa lanjut ke ujian berikutnya yaitu ujian praktek SIM C. (Apabila gagal maka akan pulang dan cukup disini kalian baca prosedurnya).
  16. Jangka waktu pengulangan ujian toeri jika gagal yakni pertama 7 hari, kedua 14 hari ketiga 30 hari dan kembali ke awal lagi.
  17. Jika lulus bawa surat kecil yang iberikan petugas untuk menuju ke halaman ujian praktek, beri pada petugas disana dan tunggu hingga petugas memanggil nama kamu.
  18. Jika sudah dipanggil siapkan motor kamu dan ikutilah aba aba yang ada jangan sampai sebeluma da aba aba kalian bergerak meskipun tak menyentuh apapun sudah dianggap gagal karena tidak fokus. Faktor utama kegagalan pada tes SIM yaitu ini dia.
  19. Apabila gagal dalam ujian praktek ini kalian pun akan diberi surat kecil untuk kembali dengan tenggang waktu yang sama seperti saat gagal tes teori. Uangnya pun bisa ditarik kembali kalau dirasa sudah menyerah.
  20. Meski cuma mempunyai 4 urutan yang ada di ujian praktek ini yaitu lurus, berbelok, angka delapan, serta zigzag namun itu tidak semudah yang dibayangkan jika belum handal perlu sekali belajar secara otodidak sebab ini bekal aman di lalu lintas.
  21. Nah, apabila sudah semua tes dinyatakan berhasil maka kini kalian akan diminta untuk menunggu panggilan pada loket penerbitan SIM. Disana kalian akan disuruh melakukan foto, sidik jari serta tanda tangan (di beberapa samsat langkah foto dsb ini biasa dilakukan sebelum tes juga).
  22. Tunggulah saat kalian dipanggil, apakah yang diberikan SIM Asli atau hanya sim Sementara karena terkadang terbatasnya prangko SIM menjadikan akan ada pembagian kapan SIM Asli jadi sehingga SIM sementara bisa kalian pakai.
  23. Untuk masa aktif SIM C ini sendiri ialah 5 tahun, jadi ingat ikutilah cara memperpanjang sim c dengan baik dan tepat waktu agar tak mengulang mengikuti tes tes yang belum tentu bisa kalian LULUS lagi.

Baca Juga : Cara Membuat SIM Online

Jadi sekarang kalian sudah paham dong bagaimana cara membuat SIM C tersebut yang seseuai prosedur agar irit biaya. Tidak ada alasan lagi bagi para pengendara motor terutama yang ngakunya rider tidak bisa mengikuti TES SIM sesuai aturan.

Apabila bosqu bosqu semua mempunyai pengalaman atau tips tersendiri soal pembuatan sim c ini silakan berkomentar ya agar kami tambahkan ke artikel ini supaya lebih bermanfaat bagi yang lain. Terima kasih atas perhatiannya :D.