Syarat Memperpanjang STNK

Syarat Memperpanjang STNK – Setiap pemilik kendaraan bermotor di Indonesia ini ataupun diluar negerti tentu dikenakan yang namanya pajak. Jika di Indonesia perpajakan tersebut kita kenal dengan STNK yang berupa dokumen bertuliskan nama pemilik, no pol, polisi yang bersangkutan pembuat dokumen dan  semacamnya.

Tanggal kadaluarsa dalam pajak kendaraan di Indonesia lebih tepatnya ialah pertahun, hanya saja untuk mendapatkan penggantian berupa plat yang sudah usang serta kertas dokumen mengikuti peraturan yang berubah ubah. Maka ditetapkan agar melakukan perpanjangan setiap 5 Tahun sekali.

Mungkin kalian berpikir pikir bukankah memperpanjang sama saja seperti di artikel biaya ganti plat motor? itu benar hanya saja disitu hanya terofkus ke update paling terbaru seperti apa biaya pengurusannya yang selalu berubah ubah.

Nah jadi sekarang ini kami akan membahas secara tuntas bagaimana prosedur terperinci serta syarat yang tak boleh terlupakan dalam membawanya saat mengurusnya. Silakan kalian simak ulasan yang sudah pecintamotor.com sediakan di segmen bawah ini.

 

Syarat Memperpanjang STNK

Syarat Memperpanjang STNK

Syarat Memperpanjang STNK

Alangkah baiknya kita harus paham dan tahu dahulu mengenai pajak kendaraan ini, ada berapa macam yang perlu dilakukan sebelum mengenali apa saja syaratnya. 2 jenis pajak kendaraan tersebut antara lain yaitu :

  • Tempo Pajak STNK Per tahun merupakan salah satu kewajiban para pemilik kendaraan agar membayar pajak pada setiap tahunnya yang telah disetujui melalui pengesahan cap kepolisian di kolom STNK sebelah kanan bawah.
  • Tempo Pajak STNK 5 Tahunan, Sama halnya seperti per tahun yaitu perlu membayar pajak hanya saja terdapat sebuah proses tambahan seperti pergantian STNK dan Plat Nomor (TNKB) yang telah habis masa berlakunya selama 5 tahun.

Setelah kita mengetahui perbedaan 2 macam pajak STNK, berikut persiapan syarat dokumen yang perlu kalian bawa saat hendak melakukan perpanjangan. Dan pada persiapan ini pun terbagi menjadi 2 macam juga yaitu dari tahunan dan 5 tahunan. Antara lain sebagai berikut :

 

Syarat Memperpanjang STNK Tahunan

  • STNK Asli dan fotokopiannya.
  • Fotokopi BPKB.
  • KTP asli dan fotokopiannya sesuai nama yang tercantum pada STNK dan BPKB.

Jika kamu menggunakan jasa calo maka kamu akan memerlukan sejumlah dokumen tammbahan seperyo seperti fotokopii KTP yang namanya sesuai dengan BPKB dan STNK Kedaraanmu.

 

Syarat Memperpanjang STNK 5 Tahunan

Karena terbagi menjadi 2 macam, tentunya ada perbedaan yang melekat dari tahunan dan 5 tahun. Nah perbedaan tersebut untuk 5 tahunan antara lain :

  • Perlu Dokumen Cek fisik kendaraan.
  • STNK Asli dan fotokopi buat jaga jaga salinannya bawa 5 lembar toh murah
  • BPKB Fotokopiannya bawa 5 lembar juga
  • KTP Asli yang namanya tertera persi di pemilik STNK ataupun BPKBnya

 

Cara Memperpanjang STNK

Cara Memperpanjang STNK

Cara Memperpanjang STNK

Jika telah tahu apa saja syarat yang perlu dibawa saat melakukan perpanajngan STNK, tentu kalian bingung jika awal awal melakuaknnya. Oleh karena itu beberapa langkah ini silakan perhatikan dengan baik.

  1. Awalnya tentu kalian perlu datang ke samsat tempat kalian membeli motor atau tertera di STNK tersebut
  2. Jika kalian sudah sampai di samsat tersebut, maka kalian akan dikasih sebuah formulir oleh petugas di tempat tersebut.
  3. Silakan isi formulir itu sesuai dengan data data yang benar baik dari data diri ataupun data kendaraannya. Contohnya nama anda, tempat tgl lahir, lalu kapasitas mesin kendaraannya, jenis kendaraan roda berapa dst.
  4. Apabila pengisian formulis duah selesai, kalian serahkan formulirnya beserta syarat syarat yang dipakai untuk perpanjang STNK ke petugasnya.
  5. Kemudian, kalian akan diberi sebuah slip berisikan pajak yang harus dibayarkan (bingung jika telat? silakan baca : cara menghitung denda pajak motor).
  6. Lalu untuk melakukan pembayaran sesuai nominal yang ada tersebut, kalian bisa menuju ke loket kasir yang ada di kantor samsat tersebut (biasanya kasir ada berhadapan dengan serah dokumen tadi, tapi apabila tak menemukannya silakan bertanya ke petugas)
  7. Setelah melakukan pembayaran otomatis kamu akan mendapatkan struk buktinya, nah serahkan struk tersebut ke loket pengambilan STNKnya
  8. Sekarang kalian tinggal menunggu saja sampai nama anda dipanggil agar mengambil STNK Baru, dan untuk pajak 5 tahunan saat diberi STNK baru akan diberi juga sebuah slip antrian pengambilan TNKB (Plat)
  9. Selesai deh

Baca Juga : Cara Bayar Pajak Motor Online

Gimana mudah banget kan? jadi pilihan ada di tangan kalian jika memang terbatas waktu, mungkin calo menjadi alternatif terbaik kamu. Namun jika tidak sibuk dan ingin menambah pengalaman kenapa tidak coba sendiri hehe. Jika kamu ragu uang kamu kurang saat melakukan perpanjangan, kalain bisa menggunakan cek pajak motor online yang sangat simpel

Jadi cukup sekianlah yang bisa saya sampaikan mengenai syarat perpanjang stnk dan prosedurnya. Pastinya info ini akan kami update selalu jika ada perubahan dari pelayanannya jadi jangan lupa bookmark halaman ini agar tak ketinggalan infonya. Terima kasih dan berikan komentarmu jika ingin ada yang ditambahkan :D.

Leave a Reply