Cara Balik Nama Motor

Tak bisa kita pungkiri jikalau mtoor bekas kini menjadi alternatif yang dipilih bagi beragam kalangan masyarakat. Akan tetapi ada satu hal yang perlu diperhatikan setelah membeli sebuah motor bekas yaitu jangan lupa mengganti atas nama kendaraan kamu. Jadi kalian harus paham bagaimana cara balik nama motor apakah pengurusannya ribet atau tidak.

Salah satu hal yang menjadikan masyarakat memilih motor bekas yaitu harganya yang sangat bersahabat terhadap kantong dan dapat memenuhi hasrat mereka. Namun apa daya jika hasrat terpenuhi kedepannya kita disulitkan oleh permasalahan syarat memperpanjang STNK yang tak lancar. Yap itu, dikarenakan KTP pemilik wajib sama dengan di STNKnya.

Maka dari itulah demi memudahkan, pada kesempatan kali ini pecintamotor.com ingin membagikan bagaimana prosedur melakukan balik nama pada motor kamu. Yuk simak baik baik pada segmen dibawah ini.

 

Syarat Balik Nama Motor

Syarat Balik Nama Motor

Syarat Balik Nama Motor

Tentu saja kalian harus memenuhi beberapa syarat yang sudah ditentukan oleh pihak samsat sendiri untuk membalik nama pada STNK ataupun BPKB motor kamu. Dimana syarat tersebut sebagian besar didoimnasi oleh dokumen dokumen, antara lain berikut ini.

 

1. Syarat Balik Nama STNK Motor

Syarat yang pertama yaitu pada STNK kamu karena pusat dari segala pengurusan kedepannya selalu pakai STNK. Syrat syaratnya sebagai berikut :

  • Tentu saja STNK karena ini kan yang diurus, siapkan aslinya dan fotokopi.
  • BPKB asli dan fotokopi (jaga jaga 3 lembar)
  • KTP Asli dan fotokopi (3 lembar juga yak)
  • Bukti pembelian berupa kwitansi / nota yang sudah disahkan lewat tanda tangan materai

 

2. Syarat Balik Nama BPKB Motor

Perlu diingat, sebelum melakukan balik nama pada BPKBmu syaratnya yaitu membawa fotokopi STNK dengan yang sudah dibalik nama baru juga alias sama dengan yang ingin kalian lakukan pada BPKBmu ini. Berikut syarat lengkapnya :

  • Fotokopi STNK nama baru sesuai yang sudah kami jelaskan tadi
  • Fotokopi BPKB (3 lembar untuk jaga jaga)
  • Fotokopi KTP (3 lembar juga untuk jaga jaga ya)
  • Fotokopi hasil validasi cek fisik motormu
  • Fotokopi kwitansi / nota bukti pembelian motornya

 

Cara Balik Nama Motor

Cara Balik Nama Motor

Cara Balik Nama Motor

Karena syaratnya terbagi dua yaitu untuk STNK dan BPKB, maka prosedur yang harus dilewati pun terbagi berbeda beda. Berikut ini dua cara tersebut.

a. Cara Balik Nama STNK Motor

  1. Pertama, datangilah SAMSAT (Sistem Manunggal Satu Atap) yang kalian inginkan, tentunya dengna membawa semua persyaratan yang sudah kami jelaskan tadi.
  2. Ketika tiba di SAMSAT, maka langsung masuk ke bagian cek fisik yang akan dilakukan oleh petugas. Jika pengecekan dirasa sudah petugas akan memberikan sebuah lemabran hasil cek fisik motormu.
  3. Beralihlah ke loket validasi cek fisik dengan KHUSUS BALIK NAMA, lalu serahkan lembaran yang didapatkan dari petugas tadi beserta beberapa dokumen persiapan lainnya.
  4. Lakukan pembayaran uang untuk validasi cek fisiknya
  5. Jika sudah membayar, maka otomatis lembaran hasil cek fisik motor kamu akan dikembalikan langsung simpan dan fotokopi lembaran itu. Sebab fotokopinya kita butuhkan untuk mengurus balik nama BPKB motor kamu.
  6. Berikutnya, cari loket pendaftaran Balik Nama dan langsung isi formulir yang kalian dapatkan dari petugas sembari menunggu nama kamu dipanggil berdasarkan nomor antriannya.
  7. Bayarlah biaya pendaftaran balik namanya tersebut, rata rata seusai jarak waktu 2-5 hari, kalian akan disuruh datang kembali ke SAMSAT tersebut.
  8. Apabila hari tersebut sudah tiba, langsung datang ke samsat dengan menyerahkan semua dokumen serta lembaran tanda terima ke bagian loket pendaftaran Balik Nama.
  9. Selanjutnya, bosqu diwajibkan membayar pajak dengan nominal yang sesuai ke loket pembayaran. (bisa memakai cara cek pajak motor online sebelum datang ke samsatnya biar ga bingung uang kurang)
  10. Jika sudah selesai pembayaran pajaknya, langkah selanjutnya yaitu kalian tinggal menunggu saja sampai ada panggilan dari petugas yang mana mengambil STNK baru dengan kondisi balik nama.

Catatan! : Apabila pajak dari STNK tersebut telat, maka kalian harus membayar beserta dendanya. Jadi kalian dapat membaca cara menghitung denda pajak motor ya agar tahu berapa klau dengan dendanya, kalau duitnya pas banyak sih gapapa langsung berangkat hehe)

 

b. Cara Balik Nama BPKB Motor

  1. Untuk balik nama pada BPKB sendiri cukup berbeda, yaitu langkah awal kalian bukan datang ke SAMSAT seperti STNK tadi, yaitu datang ke Polda tentu dengan membawa semua persyaratan yang sudah kami jelaskan tadi.
  2. Setelah datang ke polda tersebut, ambilah sebuah nomor antrean
  3. Kemudian seusai mengambil nomor anteran, silakan melakukan pengisian pada formulir balik nama BPKB yang kalian peroleh dari petugas.
  4. Apabila petugas sudah memerika dokumen persyaratan lengkap, maka kalian akan dipandu guna melakukan pembayaran ke loket bank BRI yang sudah tersedia. Disana kalian akan memperoleh stiker khusus buat ditempelkan pada formulir pendaftaran BBN BPKB yang kamu peroleh nanti.
  5. Apabila pelmbayaran sudah kalian lunaskan, kamu akan memperoleh sebuah formulir lagi yaitu pendaftaran BBN BPKB isilah sesuai dengan data motor kamu.
  6. Nah silakan tempelkan stiker khusus yang telah kamu dapatkan di poin 6 tadi ke formulir pendaftaran BBN BPKB dengan kondisi terisi semua datanya.
  7. Selanjutnya, berikan formulir serta semua berkasnya ke petugas lalu kamu akan diberi tanda terima yang disana tercantum juga kapan BPKB baru bisa kalian ambil.
  8. Terakhir, yaitu mendatangi Polda tempat pengurusan saat waktu yang ditentukan tadi sudah tiba dengan membawa tanda terima yang sudah kalian dapatkan sebelumnya serta fotokopi KTP. Lalu ambil deh BPKB yang telah sesuai dengan balik nama kamu.

Penting! : Pajak STNK ataupun BPKB ini tak bisa menggunakan cara bayar pajak motor online, karena kita sudah harus datang kesana.

 

Biayanya Berapa?

Sudah sangat jeals setelah kalian tahu prosedurnya, kalian pun bertanya tanya berapa biaya untuk balik naam STNK serta BPKB tersebut?. Berikut perincian apa saja yang perlu dibayar dan sehingga bertotal berapa biayanya.

  • Biaya administrasi STNK bermotor adalah sebesar Rp 100.000.
  • Biaya administrasi TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) adalah sebesar Rp 60.000.
  • Biaya SWDKLJJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu-Lintas Jalan) sebesar Rp 35.000 untuk kendaraan bermotor.
  • Biaya PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) biasanya berpatok kepada biaya PKB tahun sebelumnya.
  • Biaya BBN KB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor) memiliki rumus ⅔ X PKB.

Kenapa kami tidak berikan nilai angka yang pas? karena pihak samsat sendiri seperti yang kita tahu selalu bisa berubah kapan saja nominalnya. Oleh karena itu kalian bisa cek di Biaya Balik Nama Motor yang selalu mengikuti update dari samsatnya.

Baca Juga : Biaya Ganti Plat Motor

Demikianlah kruang lebih ulasan yang bisa kami berikan kepada kalian semua mengenai bagaimana prosedur yang harus diikuti dalam melakukan balik nama kendaraan bermotor kamu. Semoga ini bisa bermanfaat bai kamu ataupun orang disekitar kamu, Terima kasih atas segala perhatiannya.

Jangan lupa berikan pengalaman kalian saat melakukan balik nama motor ini di kolom komentar yak, apa ada kejanggalan misal seperti biaya yang tak masuk akal atau apapun itu, kami tunggu lho ya 😀

Leave a Reply