Logo Pecintamotor
pecintamotor.com

Biaya Mutasi Motor

April 6, 2019 - 2 min to read

Sudah menjadi hal umum kini mutasi motor dilakukan oleh semua kalangan masyarakat. Sebab, mutasi motor tak hanya fisiknya saja yang harus berganti lokasi melainkan harus sekaligus lokasi pembayaran pajaknya sesuai wilayah tersebut yang sudah ditetapkan oleh hukum NKRI ini.

Per wilayah bayar pajak itu dilakukan entah hanya kabupaten saja ataipun provinsi wajib sesuai. Dan proses mutasi itu sendiri terbagi menjadi 2 macam, yakni mutasi di satu daerah atau lain daerah.

Apabila proses dilakukan itu terlibat 2 daerah Samsat serta provinsinya berbeda, maka memerlukan pencabutan berkas di Polda setempat itu.

Melakukan pengurusan mutasi kendaraan sangat terkenal dengan keribetan, buang waktu antrinya, jasa calo, ataupun pungli. Jadi tak heran jika para pembeli motor atas nama org lain tanpa susah payah menyerahkan beberapa dokumen ke biro jasa andalan daerah mereka.

Padahal sejatinya tak serumit itu kok bro, mungkin kalau mengeluarkan tenaga dan waktu itu jelas hanya saja perihal biaya malah lebih irit ketimbang memakai jasa jasa calo seperti itu. Syarat pentingnya hanya mau mematuhi persyaratan dan prosedur maka akan selesai tanpa seharian dikantor Samsat.

Oleh karena itulah, melihat hal ini sangat penting dan dinilai rumit jika tak tahu berapa biaya yang harus disiapkan saat kesana. Berikut ini pecintamotor.com menyediakan daftar biaya yang akan selalu diupdate mengikuti kebijakan SAMSAT. Yuk simak saja baik baik dibawah ini.

 

Persiapan sebelum melakukan mutasi motor

Sama seperti cara balik nama motor ataupun hal lainnya, pada mutasi ini pun ada beberapa hal yang perlu disiapkan. Antara lain persiapan tersebut terbagi menjadi :

  • KTP asli kepemilikan baru dan fotokopinya (3 lembar klau ingin jaga jaga)
  • STNK asli dan fotokopinya (3 lembar buat jaga jaga)
  • BPKB. asli serta fotokopi samakan saja brapa lenbarnya
  • Apabila dilakukan oleh badan hikum, perlu melampirkan : akte pendirian fotokopi, keterangan tempat tinggal, surat kuasa bermaterai Rp.6.000 dan telah disahkan pimpinan lewat tanda tangan ataupun stempel badan hukum terkait.
  • Apabila dilakukan oleh instansi pemerintah, penamvahannya : surat tugas asli bermaterai 6.000 juga dengan pengesahan berupa tanda tangan serta stempel. Instansi pemerintah tersebut.
  • Kwitansi / nota bukti beli motor asli bermaterai 6rb sera fotokopinya.

Baca juga : Syarat Memperpanjang STNK

 

Biaya Mutasi Motor

Jadi pada mutasi ini hanya terbagi menjadi beberapa hal saja yang itu didasarkan lewat PP No 50 tahun 2010 perihal PNBP POLRI biaya terbitan baru BPBK, yaitu beriktu ini :

Jenis roda 2 atau roda 3:

  1. Per terbitan baru Rp80.000
  2. Terbitan per ganti pemilik Rp80.000

Jenis roda 4 atau lebih:

  1. Per terbitan Baru Rp100.000
  2. Per terbitan ganti pemilik Rp100.000

Lalu untuk terbitan surat mutasi motor ke luar daerah setiap terbit dikenai biaya Rp.75.000 Lebih jelasnya perihal ini silakan bertanya ke bagian samsat daerah kamu.

Mau sekalian balik nama? Baca : biaya balik nama motor.

 

Biaya Lain

Biaya lain yang dimaksud disini yaitu yang tak lebih dari kita akan jumpai namun tak sebesar nominal pokok tadi.

  1. Biaya cek fisik Rp.30.000
  2. Biaya Ambil berkas diloket Rp.10.000
  3. Biaya admin biasanya digunakan untuk biaya ganti plat motor tanpa mengganti tanggal atau semacamnya Rp.20.000
  4. Jasa Raharja Rp.35,000

Setelah tahu biayanya kalian ingin mempraktekannya? Kenali dong prosedurnya, silakan baca cara mutasi motor yang selalu mengikuti perkembangan samsat.

Itulah beberapa hal soal biaya yang perlu kalian kumpulkan saat ingin melakukan mutasi motor. Pastikan membawa uang lebih 100ribu misalnya guna mencegah ada kekurangan biaya yang tak tertulis. Terima kasih atas segala perhatiannya dan jika kalian mempunyai pengalaman mutasi motor lainnya silakan sampaikan di kolom Komentar 😀