Logo Pecintamotor
pecintamotor.com

Biaya Balik Nama Motor

April 4, 2019 - 4 min to read

Membeli sebuah motor bekas? tentu kalian sangat dianjurkan untuk mengganti atau baisa disebut balik nama berkas berkasnya ke nama sendiri. Hal ini dilakukan demi mempermudah kalian ketika mengurus hal hal yang berkaitan dengan motor kamu.

Seoerti halnya salah satu syarat memperpanjang STNK yang memerlukan KTP sesuai dengan nama di berkas STNKnya sendiri. Namun beberapa dari kalian yang ingin melakukannya pasti ragu untuk melakukannya karena takut berapa biaya balik nama motor itu?

Meskipun sebenarnya cara pengurusannya sendiri tergolong gampang dan simpel, namun kendala di biaya selalu menjadi alasan utama para masyarakat Indonesia. Sebenarnya masih ada cara mengatasi hal tersebut yaitu memakai calo hanya saja kalian pun perlu menggelontorkan dana lebih besar lagi tentunya.

Nah disini kami akan memberikan info mengenai hal biaya balik nama motor dari yang paling terupdate karena sebagaimana yang kita ketahui sendiri biaya ganti plat motor saja selalu berubah tiap tahunnya apalagi ini. Jadi yuk simak baik baik beragam segmen yang sudah pecintamotor.com sediakan dibawah ini.

 

Persiapan Balik Nama Motor

Tentu dalam melakukan apapun selalu ada persiapan meskipun saat mau membayar biaya tersebut. Antara lain kalian harus membawa dokum dokumen sebagai berikut :

  • STNK fotokopi serta aslinya
  • BPKB Asli dan fotokopi buat jaga jaga bikin 3 lembar
  • KTP nama yang ingin dirubah asli dan fotokopinya
  • Bukti nota (kwitansi) pembelian motor yang sudah disahkan melalui tanda tangan materai

 

Biaya Balik Nama Motor

Biaya Balik Nama Motor

Biaya Balik Nama Motor

Untuk melakukan penghitungan biaya balik nama motor yang harus dibayarkan saat berada di samsat, itu terbagi menjadi beberapa pajak tak hanya satu saja.  Yuk kita lihat perinciannya karena tiap kendaraan berbeda beda.

 

Biaya Pajak

1. Biaya SWDKLLJ

Jenis biaya pajak yang pertama yaitu SWDKLLJ, dimana SWDKLLJ ialah berbentuk singkatan dari Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan yang ramah dikenal oleh Jasa Raharja biaya. Untuk besarnya biaya sendiri itu dipatok berdasarkan kapasitas mesin motornya.

Buat kendaraan bermotor roda dua bermesin dibawah 250cc maka bebannya yaitu Rp.35.000 dan untuk kapasitas 150cc tentu lebih murah lagi. Hal yang bisa kita peroleh jika membayar Jasa Raharja yaitu santunan sebagaimana sudah diatur di Peraturan Menteri Keuangan RI No.15/PMK.010/2017 dan 16/PMK.010/2017 Tanggal 13 Februari 2017

 

2. Biaya BBN KB

Selanjutnya di jenis pajak kedua yaitu BBN KB, dimana biasanya terletak di bagian belakang STNK dengan kolom bertuliskan BPN KB. BPN KB sendiri ialah singkatan dari Bea Balik Nama Kendaraan bermotor, yang untuk biayanya sendiri berdasarkan kondisi motor tersebut baru atau bekas.

Jikalau untuk konidis bekas maka akan dihitung 2/3 dari biaya PKB, lalu bagi motor baru sendiri diberikan beban biaya 10% dari OTRnya. Jadi rumus biaya BBN KB motor bekas yaitu BBN KB = 2/3 x PKB,  ambil contoh saja PKB tahun lalu bernilai 500 Ribu, maka dana yang digelontorkan yaitu Rp.2/3 x Rp.600.000 = 400ribu rupiah saja.

 

3. Biaya Administrasi TNKB dan STNK

Pada kolom STNK tertera yang namanya biaya admin TNKB dan STNK yang mana mempunyai fungsi masing masing namun samsa sama memakai satu Nopol. Umumnya sih biaya admin ini tak begitu mahal yaitu TNKB 60ribu, dan TNKB 25ribu.

 

4. Biaya PKB

Sebagaimana kami jelaskan pada poin ke 2 tadi, biaya PKB ini sedniri dominan turun pada tiap tahun dengan diiringi penyusutan harga motor serta usia kendaranya. Dimana PKB nya mempunyai perhitungan 1.5% dari nilai jual motornya. Hal itulah yang menyebabkan nilai jual motor turun terus pertahun bosqu, silakan disimak dibagian belakang balik STNKmu. Ingin pakai cara praktis dari manfaat teknologi? bisa pakai cara cek pajak motor online cukup sekali klik.

 

5. Biaya Pendaftaran

Tentu saja apapun itu yang berhubungan dengan administrasi pasti akan berhadpan dengan yang namanya biaya pendaftaran. Begitu pula di balik nama motor ini, jadi selain beebrapa jenis biaya perpajakan soal motor kalian pun perlu membayar biaya pendaftaran senilai 75ribu rupiah s/d 100ribuan saja (jika dirasa biaya pendafataran yang diminta tak ternalar langsung saja laporkan ke pihak bertanggung jawab).

Jika semua biaya tersebut telah tergabung, berikut simulasinya kalau kia totalisasikan  dengan kondisi biaya PKB tahun lalu berkisar 500 Ribu Rupiah :

  • Biaya SWDKLLJ = Rp. 35 Ribu
  • Biaya PKB = Rp. 500 Ribu
  • Biaya BBN KB (2/3 x PKB) = Rp. 400 Ribu
  • Biaya Administrasi STNK = Rp. 25 Ribu
  • Biaya Administrasi TNKB = Rp. 60 Ribu
  • Biaya Pendaftaran = Rp. 100 Ribu

Total dari semua perhitungan jenis pajak tadi yaitu Rp.1.120.000 jadi persiapkanlah dana tersebut untuk melakukan balik nama yang diikuti sekaligus perpanjangan STNK. Perlu diingat biaya tersebut masih tidak termasuk jika pajak kalian telat alias terdenda, maka silakan baca cara menghitung denda pajak motor untuk akumulasi yang pas. Cara simpel lainnya yaitu tinggal tunggu adanya pemutihan yang biasa pertahun diselenggarakan.

 

Biaya di Luar Pajak

Berbagai jenis biaya diatas tadi sebenarnya telah tertera di STNKnya, akan tetapi ternyata masih terdapat biaya lain yang bisa disebut diluar dari pajak umumnya yang jelas wajib dibayarkan saat bosqu ingin melakukan balik nama. Antara lain yaitu :

  • Biaya pengesahan hasil cek fisik bernominal Rp.30.000 saja
  • Memberikan bayaran berupa TIP atau lebih enak disebut uang sukarela artinya bebas berapapun banyakya. Rata rata sih mulai dari Rp.10.000 hingga berapapun.

Jika di jumlahkan, semua dari luar ataupun 6 jenis macamnya tadi uang yang perlu dipersiapkan saat hendak mengurus kesamsat yaitu, Rp.1.160.000 yang mana dengan catatan pajak tahun lalunya bernominal 500ribu jadi sesuaikan saja.

 

Langkah Balik Nama Motor

Attikel utama : Cara Balik Nama Motor (Lebih lengkap dan selalu update prosedurnya karena fokus ke langkah memang).

1. Datang ke samsat terdekat

Bawa dokumen dan datangilah samsat terdekat NAMUN yang sesuai dengan pemilik KTP baru. Contoh pemilik kendara baru di KTPnya berdomisili Jakarat Utara maka bisa pilih samsat yang ada di kota masuk daerah tersebut.

Apabila proses balik nama dilakukan beda wilayah, maka harus dilakukan proses cabut berkas dulu ya. Misalnya, kalian mau proses balik nama dari Cirebon ke Surabaya, jadi langkahnya terlebih dahulu mencabut berkas ke Samsat Cirebonnya kemudian urus dulu deh ke Samsat Tujuan atau seusai contoh yaitu Surabaya.

 

2. Validasi Tes Fisik

Pergi ke bagian loket tes fisik untuk diberi nomor antrian dan berikan ke petugas pengurus Tes Fiisiknya, beberapa antaranya yaitu nmor mesin dan lain sebagainya.

 

3. Daftarkan Balik Nama keinginan

Kini setelah berkas hasil valdiasi tes fiisk diserahkan ke loket, maka kalian harus mengisi formulir yang berisikan data lama diganti ke data baru yaitu sesuai nama pemilik pembeli baru atau kalian sendiri.

 

4. Bayar Semua Jenis Pajak

Jika formulir telah diisi di poin ke tiga tadi maka langkah berikutnya kalian hanya perlu membayar semua tagihan pajaknya pada loket pembayaran tentunya. Bagi yang ingin belajar dari perpanjangan biasa coba baca : cara perpanjang STNK Online.

 

5. Ambil STNK baru kamu

Setelah membayar tentu kalian menunggu hignga nama kamu dipanggil dan ketika nama kamu dipanggil itu tadi disanalah STNK baru milik nama yang dirubah bisa diambil. Selesai deh

Baca Juga : Cara Bayar Pajak Motor Onlline

 

Kurang lebih itulah biaya yang perlu kalian eprsiapkan untuk melakukan pergantian nama pada kendaraan yang kalian beli dalam kondisi bekas. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas segala perhatiannya, jika ada yang ingin kami tambahkan silakan berkomentar langsung :D.