Cara Perpanjang STNK Online

Kadang kala kita bertany tanya apakah benar berita berkat perkembangan teknologi bisa menjadikan cara perpanjang STNK Online? tentu saja itu benar dan sudah diformalkan oleh samsat samsat seluruh Indonesia. Jadi bagi kamu yang mempunyai keterbatasan waktu sibuk kerja memakai calo bukan jawaban terbaik lagi.

Dengan bisa melakukan perpanjangan stnk lewat online, kalian tak perlu risau lagi harus datang ke samsat dimana tempat kendaraan tersebut awal dibeli. Contohnya, kalian berpoisisi kerja di Banten, sedangkan kendaraan kalian itu berdomisili di Surabaya, tentu kalian bisa melakukan perpanjangan walaupun di Banten melalui cara online ini.

Nah jadi bagi kamu yang ingin mengatahui bagaimana prosedur langkah yang harus diikuti, berikut pecintamotor.com sajikan dibawah ini silakan simak secara baik baik.

 

Syarat Perpanjang STNK Online

Untuk melakukan perpnajangan stnk secara online, terdapat beberapa kriteria yang telah disaediakan dalam layanan inid an harus kita patuhi. Beberapa kriteria tersebut yaitu :

  1. Kendaraan kamu tidak dalam kondisi hilang, rusak ataupun terindikasi dalam proses jual beli
  2. Kendaraan kalian harus lengkap dengan KTP sesuai nama kendaraan, BPKB sesuai nama juga, serta STNK.
  3. Kendaraan tidak boleh terlambat lebih dari 1 Tahun pajak.
  4. Kendaraan sudah sah perpanjang pertama kali lewat samsat atau STNK 1 tahun (jadi tahun pertama tidak bisa).

 

Kekurangan Perpanjang STNK Online

Ternyata dibalik kepraktisannya ini, cara perpanjang online masih mempunyai beberapa kekurangan yang mana itu antara lain :

  1. Tidak bisa dilakukan pada perpanjangan 5 tahunan atau ganti STNK dan Plat itu. Jadi untuk cara per 5 tahunnya kalian bisa baca syarat memperpanjang STNK dan Biaya Ganti Plat motor yang selalu berubah ubah.
  2. Pengambilan Nota masih perlu datang ke samsat yang diproses dan diberi tenggang waktu.

Kelebihan Perpanjang STNK Online

Meski mempunyai beberapa kekurangan, hal tersebut ternyata sangat tertutup dari beragam kelebihan yang bisa dirasakan kedua belah pihak baik masyarakat ataupun samsatnya. Antara lain sebagai berikut :

  1. Pertama yaitu dari manfaat ke pihak samsatnya yaitu dengan memakai teknologi sistem informadi Samsat Online mereka akan memperoleh data yang lebih akuray dan terjamin sebab secara langsung(realtime) dapat dilihat kenyataan penerimaannnya baik secara UPT PPD ataupun menyeluruh. Sehingga tidak akan ada tindak curang dalam prosesnya.
  2. Berikutnya manfaat bagi masyarakatnya sendiri yaitu, mereka memperoleh proses yang begitu cepat tanpa hambatan antrian yang sering dialami sebelumnya saat di kantor samsatnya. Selagi satu provinsi meskipun dalam perjalanan pun pembayaran pajak dapat dilakukan.

 

Daftar Situs Samsat Online

Kini tibanya setelah semua persiapan diatas kami jelaskan, yuk simak baik baik langkah langkah melakukan pengurusan perpanjang STNK online berikut ini.

Cara Mempepanang STNK Online

Cara Mempepanang STNK Online

Cara Perpanjang STNK Online

1. Pertama, Buka Stius E Samsat sesuai provinsi masing masing

Buka Stius E Samsat

Buka Stius E Samsat from bapenda.jabarprov.go.id

Silakan buka terlebih dahulu stius e samsat melalui link yang sudah kami sediakan diatas tadi sesuai provinsi kalian masing masing. Kalau malang ya ikut jawa timur begitu seterusnya.

 

2. Isi Data Kendaraan pada Situs Samsat Tersebut

Isi Data di E Samsat

from maulidi.wordpress.com

Kemudian jika situs sudah terbuka silakan isi data diri anda sebagai pemilik kendaraan dan data kendaraannya pula secara benar. Kurang lebih datanya seperti ini :

  1. Kota: pilih kota kendaraan, jika pelat motormu Bekasi, maka pilih Bekasi.
  2. Samsat: setiap kota biasanya memiliki beberapa kantor samsat, pilih di samsat mana kendaraanmu dulu diurus.
  3. Nopol: masukkan nopol kendaraan (Nomor Pelat Motor).
  4. Kode: tulis ulang kode captcha yang ada di kotak.
  5. Klik “Cari”.

Jika dirasa data yang diisikan telah benar, langsung pada tulisan Apakah anda ingin melakukan pembayaran? klik saja langsung Ya”.

 

3. Tentukan  kota pengambilan nota pajak dan isi form sesuai data yang valid untuk bukti pengambilan nota asli di Samsat nanti.

Fomr Nota Perpanjangan STNK

source: www.bagikeunlagi.com

Silakan isi saja formulir tersebut sesuai keinginan kamu, kurang lebih data yang harus diisi seperti berikut :

  1. Kota: masukkan kota di mana kamu ingin mengambil nota pajak.
  2. Samsat: pilih samsat terdekat dengan tempat tinggal.
  3. Bank: pilih bank apa yang akan kamu gunakan untuk melakukan pembayaran.
  4. Layanan: jika menggunakan layanan internet banking, maka pilih internet banking.
  5. Kode bayar: untuk mendapatkan kode bayar, kamu hanya perlu mengklik pengajuan “Kode Bayar” yang terletak di sebelahnya. Kalau kode bayar sudah muncul, klik print.
  6. Jika sudah selesai, kamu akan melihat kode bayar, jumlah uang yang wajib dibayarkan, dan alamat samsat tempat mengambil nota pajaknya.

 

4. Langsung bayar total biaya yang ada pada nota sementara tadi ke Bank kamu

Pembyaran Pajak STNK Bank

source: www.bagikeunlagi.com

Pembayaran bisa kalian pakai atm, Mobile Banking, SMS banking ataupun Internet banking. Yang jelas pastikan data pengiriman dan hasil pengiriman disimpan seabgai bukti.  Agar kalian bisa menyiapkan biayanya sebelum jatuh tempo, ada caranya juga untuk cek pajak motor online jadi bisa dipersiapkan ya. Contoh via internet bankingnya seperti ini :

  1. Buka menu Bayar > Multi Payment > Pilih Samsat yang sesuai dengan tempat tinggalmu.
  2. Jangan lupa untuk memasukkan Kode Bayar yang sudah kamu dapat dari web e-samsat sebelumnya.
  3. Klik “Lanjutkan” untuk melakukan proses pembayaran.
  4. Kalau proses pembayaran selesai, kamu akan mendapat bukti yang menunjukkan bahwa kamu telah melakukan pembayaran menggunakan internet banking seperti gambar di bawah ini.
  5. Print out bukti pembayaran tersebut yang nantinya sebagai bukti sah untuk ditukar dengan nota pajak kendaraan yang baru.

 

5. Datanglah ke samsat terdekat dengan membawa nota sementara poin ke 3.

Nota Perpanjangan STNK

source: www.bagikeunlagi.com

Kunjungilah Samsat tempat kalian pilih pada form ke 3 tadi dan serta bukti transfer jangan lupa. Lalu serahkan juga STNK lama kamu untuk diperbarui tanggal kadaluarsanya lagi. Selesai deh.

Sepertinya kalian perlu tau juga Cara Menghitung Denda Pajak Motor yang sering telat telat pasti banyak lah miminn sendiri juga kok haha.

Sejatinya sih, cara ini hampir mirip seperti cara bayar pajak motor online hanya saja disana kami menyeidiakan prosedur secara terpinci tanpa ada persyaratan seperti di artikel ini. Jadi bagi kau yang diartikel ini step by stepnya bingung bisa baca artikel tersebut.

Demikianlah kurang lebihnya artikel yang bisa admin sampaikan mengenai cara perpanjang STNK online, semoga saja bisa sesuai dengan yang sedang kalian cari saat ini. Jangan sungkan untuk memberikan komentar siapa tau ada yang perlu admin tambahakan, Terima kasih 😀

Leave a Reply