Logo Pecintamotor
pecintamotor.com

Cara Memperpanjang SIM Online

Siapa sih yang tak ingin melakukan perpanjangan terhadap surat izin mengemudi mereka? karena sebagaimana yang kita tahu bahwa dengan memperpanjang kita sudah bisa menggunakan kartu tersebut lagi. Oleh karena itulah hadirnya solusi dari samsat yang lebih memudahkan lagi yaitu cara memperpanjang sim online.

Jadi tak hanya cara membuat sim online saja yang sudah disediakan oleh pihak SAMSAT negara kita ini. Kedua layanan ini telah diresmikan oleh Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mulai akhir tahun 2015 lalu. Mereka mengatakan bahwa penerapan ini dilakukan sebagai suatu langkah alternatif baru guna mempermudah masyarakat tentang pengurusan SIM.

Akan tetapi meski terbilang paling efektif tentu kalian memerlukan beberapa panduan seperti apa yang akan dihadapi saat mengurus SIM ini secara online. Terlebih lagi bagi mereka yang super duper awam terhadap teknologi, dan satu hal yang perlu diingat yaitu kalian tetap diharuskan hadir bukan berarti serba online termasuk kedatangan SIMnya ya haha mungkin saja itu kedepannya.

Nah bagi kamu yang ingin coba memanfaatkan layanan yang disediakan SAMSAT ini berikut ini pecintamotor.com sajikan secara lengkap panduan bagaimana prosedur melakukannya, Yuk simak baik baik ya.

Cara Memperpanjang SIM Online

Cara Memperpanjang SIM Online

Panduan ini nanti akan terbagi menajdi beberapa segmen yang mana antara lain seperti syarat serta langkah demi langkah apa yang akan dilakukan kedepannya. Maka dari itu perlu ketelitian agar tak ada yang ketinggalan sedikitpun.

 

Keuntungan Memperpanjang SIM Online

Tentu dengna keefektifan ini ada beberapa keuntungan yang didapatkan antara lain yakni :

  • Irit biaya, keiritan yang dimaksud disini ialah bagaimana tidak mungkin kita lebih hemat sebab kita tak perlu pulang ke domisili SIM awal pembuatan saat hendak memperpanjangnya.
  • Tak perlu antri panjang, yap benar kita tak perlu menghabiskan tenaga sia sia hanya untuk mengantri di pelayanan Indonesia yang super duper menyebalkan.
  • Bisa dilakukan dimanapun, sebagaimana yang tertulis pada poin 1 tadi yaitu kalian tak terikat oleh tempat saat mau melakukan perpanjangan SIM lewat layanan Online.

 

Biaya Memperpanjang SIM Online

Jelas syarat yang paling utama wajib kita tahu selain syarat syarat syarat lainnya nanti ialah berapa biaya mermepanjang sim online tersebut. Karena sangat lucu ketika syarat lainnya siap serta prosedur terpenuhi namun untuk biayanya kurang haha. Oleh karena itu ketahui dulu dibawah ini tabelnya :

Jenis SIMTarif / Biaya
SIM ARp. 80.000
SIM BRp. 80.000
SIM B1Rp. 80.000
SIM BIIRp. 80.000
SIM CRp. 75.000
SIM C1Rp. 75.000
SIM C2Rp. 75.000
SIM DRp. 30.000
SIM D1Rp. 30.000
SIM InternasionalRp. 225.000

Mungkin sekalian motor kamu udah 5 tahunan? yuk cek Biaya Ganti Plat Motor paling update

Perlu dicatat juga jika biaya yang ada pada tabel diatas tersebut masih belum termasuk total dengan biaya asuransi serta keterangan sehat dari Puskesmas. Tarif perpanjangan SIM ini pun sama halnya seperti tarif pembuatan SIM baru yaitu sama sama ditetapkan dan diatur oleh Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2016 Jadi apabila kalian menemukan tarif yang tidak masuk akal silakan menindak lanjuti ke pihak yang bersangkutan.

 

Syarat Memperpanjang SIM Online

Adapun yang kita bahas terlebih dahulu yaitu soal syarat apa saja yang mesti kalian siapkan saat hendak mengurus perpanjangan sim secara online ini. Sejatinya syarat syarat yang ada ini bisa dibilang tentu mirip seperti pengurusan administrasi di samsat lainnya seperti halnya cara mutasi motor, antara lain syarat tersebut sebagai berikut :

  1. Mula mula tentu siapkan SIM lawas/lama kamu
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli setempat / dokumen imigrasi bagi WNA
  3. Surat Keterangan kesehatan mata dari Puskesmas Setempat, dan;
  4. Surat keterangan lulus uji keterampilan simulator

Jadi sesuai yang tertera diatas syarat syarat tersebut memanglah tak sesulit untuk menerbitkan sim baru secara online juga. Yang jelas prosedur ini memang jawaban paling ampuh bagi yang mempunyai waktu lama diluar kota, yap kalian tak perlu menghabiskan uang ke perjalanan demi pulang ke kampung hanya untuk mengurus perpanjang SIM.

 

Baca Juga : Syarat Perpanjang STNK

 

Cara Memperpanjang SIM Online

  1. Pertama untuk memulai prosedur ini, silakan kalian mengunjungi situs resmi yang disediakan POLRI di: https://sim.korlantas.polri.go.id/.
  2. Disana akan muncul sebuah pilihan langsung saja pilih menu registrasi onlinenya.
  3. Apabila telah memilih menu nya, kalian akan diberikan beberapa informasi terkait pendaftaran SIM online bebas mau kalian baca atau tidak.
  4. Klik “Lanjut”, maka akan timbul sebuah form perfmohonan untuk pendafataran online
  5. Satu hal yang sangat perlu dicatat dalam perpanjangan SIM bukan menu mohon baru tapi permohonan perpanjangan YA.
  6. Kemudian, sekarang kalian isi beberapa kolom yang terdapat di form permohonan itu tadi sesuai data yang keinginan dan itu merupakan benar.
  7. Sekarang apabila dirasa pengisiannya selesai klik saja tombol “Lanjut” lalu ikutilah apa saja alur pendaftaran yang sudah disediakan pada web tersebut.
  8. Prosedur yang harus kalian lewati berikutnya yaitu cuma menginput sebuah kode verifikasi yang dipakai guna memastikan jika proses ini benar dilakukan oleh si pemohon itu sendiri bukan campur tangan orang jahil.
  9. Lalu cek kembali data datanya jika benar benar yakin langsung tekan tombol “Kirim“, halaman akan langsung berganti ke pemberitahuan bahwa registrasi sudah berhasil.
  10. Silakan cek email kamu disana akan terdapat sebuah bukti registrasi online yang sukses dilakukan.
  11. Kini kalian tinggal melakukan prosedur pembayarannya ada 3 opsi mau ATM, Teller BRI Seluruh Indonesia atau EDC.
  12. Langkah selanjutnya kalian tinggal bawa bukti pembayaran yang sudah kalian lakukan ke SAMSAT / SIM Keliling / Gerai yang mana itu sesuai terhadap pemilihan yang kalian lakukan pada proses pendaftaran. Jangan sampai lupa untuk membawa surat keterangan sehat dari dokter / puskesmasnya.
  13. Berikutnya, kalian hanya perlu melakukan sebagaimana awal permohonan SIM baru dulu yakni foto ataupun sidik jari guna mengganti foto pada SIM barunya.

 

Ingin coba prosedur online samsat lainnya? coba baca : Cara Perpanjang STNK Online

 

Begitulah kruang lebih bagaimana prosedur yang perlu kalian lakukan dalam cara memperpanjang SIM online semoga saja kalian sukses melakukannya. Terima kasih sudah memperhatikan secara seksama langkah demi langkahnya. Jika kalian mempunyai pengalaman tersendiri / kebingungan tersendiri dalam melakukannya silakan berkomentar saja supaya bisa berguna bagi yang lain :D.