Logo Pecintamotor
pecintamotor.com

Ujian Praktek SIM C

Oktober 2, 2019 - 3 min to read

Bagaimana sih bang mimin yang katanya buat sim murni tes agar lolos saat ujian praktek sim c? haha mungkin mimin jug akebetulan kok gaes.

Jadi karena begitu teraMat pentingnya sim c ini, banyak orang yang harus tidak harus bisa lolos ujian ujian yang disediakan petugas samsat agar memperolehnya.

Namun meski udah lulus ujian teori sim c itu bukan berarti kita sudah bebas, melainkan itu masih baru saja membuka pintu masuk ke tahapan sulit selanjutnya yaitu ujian prakteknya.

Oleh karena itulah demi memperbesar prosentase lulus di ujian praktek tersebut, admin akan membagikan beberapa pengalmana yang admin coba sendiri dan Allhamdulilah lulus. Yuk langsung saja disimak baik baik

Syarat dan prosedu buat sim c bisa kalian baca di : cara membuat sim c

 

Tips Agar Lolos Ujian Praktek SIM C Resmi Paling Ampuh

Ujian Praktek SIM C

Ujian Praktek SIM C

1. Berdoa

Tentu beragam kegiatan baik agama apapun yang dianut, sangat dianjurkan untuk selalu berdoa agar hasilnya bisa sesuai harapan atau paling tidak gak kecewa.

Jadi kuatkanlah doa kalian sebelum memulai, paling tidak ya bismillah lah saat mau start prakteknya.

 

2. Yakin

Tips yang selanjutnya yaitu kalian harus meyakinkan diri kalian sndiri, meski banyak orang yang menonton disana jangan hiraukan dan jangan sampai itu membuat diri kalian grogi.

Karena mimin sendiri pas tes bawa temen yang lebih jago naik motornya, tapi dia grogi pemalu karena banyak orang yang lihat, alhasil karena ga yakin saat memulai awal benar saja masih 2 jenis rintangan udah gagal.

Jadi selain doa, ini merupakan kunci paling utama ya gaes saat kalian melakukan tes ujian sim.

 

3. Fokus

Tka jauh berbeda dari poin kedua karena masih saling berhubugnan, jadi karena grogi atau tidak yakin tadi tentu saja kita langsung tidak berfokus pada rintangan ritnangan yang ada.

Temen mimin yang gagla di rintangan kedua itu bukan gagal menabrak kun ya, tapi salah turun kaki. Yang mana harusnya kaki kiri dia turun kaki kanan, inilah tanda bahwa dia sudah tidak lagi fokus ke ujian tersebut.

Sehingga pastikan kalian bisa mengatur fokus dan mental ya, bagaimana agar tidak terpengaruh oleh suasaana, sehingga instruksi peugas seperti aba aba peluit, ayo dan semacamnya berjalan lancar.

 

4. Latihan sebelum memulai

Sepintar pintar apapun orang berkendara motor, tentu saja untuk ujian ini alangkah baiknya melakukan latihan terlebih dahulu.

Jadi kalau mau latihan, usahakan datang 1 jam sebelum ujian biasanya berlangsung gaes tiap daerah beda beda soalnya.

Tujuannya supaya kita nanti terbiasa, ya walaupun saat latihan belum ada kunnya tapi paling tidka kan ada garis garis yang mana itu pun tempat kun annti berada.

Sehingga kalau kalian masih menyentuh garis tersebut tentu kalian di praktek saat ada kun algsngun jelas tidak lulus.

 

5. Pakai Motor Matic

Ini opsional ya gaes, jangan dipikri admin mengharuskan motor matic loh hehe. Semuanya bebas malah kalau terbiasa bebek pun ya gapapa.

Hanya saja dalam beberapa kasus, teman mimin saja yang terbiasa motor bebek atuapun kopling mereka tetap memilih pakai mtoor matic saat tes praktek sim.

Karena apa? karena kita hanya tingal perfokus pada permainan rem saja, tanpaperlu ribet mengatur gigi gigi yang mana notabenenya bis amembuat motor juga mati mendadak.

 

6. Ketahui Sela Tiap Rintangan

Kurang lebih aa 4 mcam ritnangan ya dalam tes praktek ini, yaitu mulai dari Lurus, Lurus belok, Angka 8 dan terakhir Zig Zag.

Semua rintangan tersebut tentu ada kuncinya masing masin dalam berkendara baik itu permainan rem atua kecepatan, antara lain yang admin tahu :

 

  • Lurus

Di rintangan lurus kalau tidak salah peraturan dari petugas yaitu kecepatan diatas 60km, nah pastikan kalian langsung saja gass pol dari awal agar akhir akhir tinggal pintar menekan rem sebelum menginjak garis putih.

 

  • Lurus belok

Hampir sama peraturannya yaitu dengan kecepatan yang sama, namun ini metode pengeremannya agnan langsung penuh ya jadi masiha da tenaga yang bisa kalian gunakan untuk berbelok.

 

  • Angka 8

Ini dia rintangan paling neraka menurut para peserta ujian haha, temen saya aja sampai ada 8 kali gagal disini.

Jadi kunci kalau di rintangan angka 8 ini bukan tidak lain yaitu pintar pintarlah memainakn rem dengan kondisi stir berbelok.

Jangan biarkan stir lurus sedikitpun agar bagian belakang motor kita tidak menyentuh kun, rata rata soalnya dari depan ga kena kun eh bagian belakang nyentuh di angka 8 ini.

 

  • Zig Zag

Kalau rintangan ini sih sudah kombinasi dari beragam rintangan tadi yaitu tetap bermain rem yang handal namun disini lebi mengutamakan kefokusan sekali loh ya.

Karena banyak sekali kejadiannya bukan gagal neynetuh kun, ,salah turun kaki atau semacamnya melainkan malah zig zagnya lebih 2 kali, ada yang dilewati kunnya tidak di zig zag, salah arah zig zag yang harusnya kanan dulu ini kiri dulu dan beragam jenis ketidak fokusan lainnya.

Kalian wajib tau : cara memperpanjang simĀ  c

Itulah kurang lebih bebreapa tips yang bisa kalian coba agar langsung lolos ujian praktek sim c, kuncinya sih bener di latihan kok guys jadi pastiin laithan di lapangann sebelum ujian berlangsung dijamin deh hehe.