Logo Pecintamotor
pecintamotor.com

Cara Pasang Alarm Motor

Juni 24, 2019 - 3 min to read

Sudah beli alarm motor tapi bingung pemasangannya? Padahal cara pasang alarm motor tidaklah perlu keahlian bidang motor ataupun kelistrikan loh.

Jadi kalian asal bisa memahami maksud petunjuk dari kotak pembelian itu tentu saja akan sukses memasangnya dan hasilnya jelas maksimal.

Karena jelas tidak mungkin kita sudah beli tapi barangnya tidak dipakai dong hehe apalagi melihat fungsinya sama seperti gembok motor yaitu pengaman motor.

Jadi buat kamu yang memang masih kesusahan, berikut ini kami coba sajikan bagaimana caranya silakan disimak panduan pecintamotor.com ini ya bosqu.

 

Tips dan Cara Pasang Alarm Motor Dengan Mudah

Cara Pasang Alarm Motor

Cara Pasang Alarm Motor

Perlu kalian ketahui bahwa langkah yang akan kami berikan ini bisa untuk semua tipe alarm motor ya cuma untuk beberapa tipe terbaru belum dicoba.

 

a. Sediakan alat & bahan

Hal pertama yang perlu kalian lakukan yaitu mempersiapkan terlebih dahulu beberapa peralatan yang akan dipakai saat pemasangan nanti.

Antara lain beberapa perelatan tersebut, meliputi :

  1. Obeng Obeng (semua jenis baik plus atau minus)
  2. Kunci Kunci (sama semua jenis ya)
  3. Solder
  4. Avometer

Mungkin kalian bertanya tanya mengapa perlu solder segala kaya mau kanibalan aja? Haha tenang bosqu itu diperlukan hal ini agar kabel antar kabel menempel sempurna.

 

b. Langkah – langkah pasang alarm motor

Jika sudah semua persiapan diatas telah siap, kini kita bisa beralih ke bagian ini yakni cara pasang alarm motornya tersebut.

 

Mungkin butuh juga : cara mengencangkan rantai motor

 

1. Pasang relay motor

Pertama, hal yang lupa tidak admin sebutkan dilangkah persiapan yaitu pakailah relay motor agar saat gigi tidak netral (motor persneling) atau stand kiri motor matic turun maka tetap aman.

 

2. Bongkar body motor

Maksud pembongkaran disini yaitu pada beberapa socketnya yang akan kita beri kabel alarmnya ya bosqu bukan semua bagiannya.

Pastikan saat melepas bodinya baut baut tersimpan rapi jadi jangan sampai berceceran karena baut body cukup sulit nyarinya bro.

 

3. Simak dan pelajari skema kabel alarmnya

Jadi guna dari avometer yang kita persiapkan dilangkah awal tersebut yakni untuk mengetes sistem kerja tiap kabelnya.

Kalau bingung cara pengetesan pakai avometer kalian bisa googling sengan kata kunci “cara test alarm remote motor” karena telah banyak yang bahas.

 

4. Buat keputusan dimana rely nanti ditaruh dan modul alarmnya.

Jadi kalau sudah pas perkiraannya modul yang enak ditaruh sebelah mana, sekarang tinggal sambung saja kabelnya jika ada kelebihan tinggal dipotong dan kalau kurang tinggal disambung.

 

5. Pakai skun kabel

Pemakaian skun kabel yang dimaksud disini ialah untuk aliran arus supaya akurat jadi kabel negatif dan positif yang mengarah ke Aki tidak keliru.

 

6. Tempatkan kabel alarm (routing) mengikuti kabel body motor

Hal ini bertujuan agar saat kita melakukan service motor kabel kabel instalasi tambahan ini tidak mengganggu sebab letaknya sudah persis seperti kabel asli motor.

 

7. Perhatikan kabel asli motor dan alarmnya

Kalian harus mengecek dan memastikan bahwa kabel asli yang disambung dengan kabel alarm tersebut dapat masuk ke posisi awalnya.

 

8. Bungkus kabel modul alarm serta sirenenya

Pembukusan bisa memakai isolasi dan agar lebih lemgket berikan lem juga pada setiap celah celah box pinggiran modul alarm ataupun sirenenya.

 

Serapat mungkin deh bosqu sampai kalian kira kira air tidak mungkin bisa masuk.

 

9. Pasang Modul alarm dan sirenenya

Cara pasang modul alarm motor serta modulnya itu yakni dengan menempelkan ke bagian yang kuat serta dengan diikat.

Lakukan test pasa senua bagian kelistrikan motor bahwa tidak ada konsleting saat alarm motor sudah terpasang dan sukses berfungsi.

Bingung merk alarm motor terbaik? Cek pilihannya di : harga alarm motor

Itulah sedikit panduan yang bisa saya sampaikan mengenai cara pasang alarm motor semoga saja pemasangan kamu dapat berjalan mulus juga ya.

Apabila kamu punya tambahan cara yang lebih simpel atau langkah admin kurang lengkap silakan berkomentar supaya kami edit artikelnya :D.