Logo Pecintamotor
pecintamotor.com

Penyebab Lampu Motor Mati

Oktober 5, 2019 - 4 min to read

Tahukah kamu apa sih penyebab lampu motor mati itu? pertanyaan ini seringkali menjadi perdebatan banyak orang sebab faktornya pun berbeda beda terlebih melihat jenis motor dan jenis lampu yang begitu banyak.

Lampu motor merupakan salah satu bagian paling terpenting dalam suatu motor, karena itulah yang menjadi pembantu dalam melihat jalanan saat gelap gulita.

Namun sekarang ini lampu motor tak hanya digunakan saat cuaca gelap gulita melainkan menjadi kewajiban di lalu lintas sebab merupakan suatu tanda bagi kendaraan lawan arahnya.

Nah buat kamu yang sedang menghadapi permasalahan lampu motornya mati, berkut pecintamotor.com akan memberikan beberapa langkah mengatasi hal tersebut. Yuk disimak baik baik

 

Penyebab Lampu Motor Mati Semua dan Cara Mengatasinya

Penyebab Lampu Motor Mati

Penyebab Lampu Motor Mati

Gejala mati lampu pada sebuah kendaaran seperti motor biasanya terjadi saat rpm diputaran ketika motor digeber. Untuk itu kali ini kami akan memberikan mengenai penyebab dan cara cepat mengatasi lampu motor mati.

 

1. Kiprok Yang Rusak

Saat kiprok rusak, maka hal ini menyebabkan arus listrik yang menuju ke lampu berlebihan, hal ini menyebabkan lampu menjadi cepat panas dan putus. Dan untuk cara mengatasinya ialah segera mengganti dengan kiprok yang baru. Karena kiprok ini berfungsi sebagai penyearah tegangan dari sepul dan membatasi besarnya tegangan yang akan menuju ke aki motor dan sistem kelistrikan motor.

Bohlam lampu utama motor yang sering mati ini diakibatkan oleh besarnya tegangan yang masuk kedalam lampu tersebut yang disebabkan oleh kiprok sudah tidak berfungsi lagi untuk membatasi tegangan listrik yang keluar ke kiprok. Yang sehingga akan secara otomatis berpengaruh terhadap bohlam yang dipasang dikiprok tersebut akan cepat rusak. Selain itu kirpok yang rusak juga kan mengakibatkan bohlam sering mati apabila dalam kondisi pengendara gas full.

 

2. Spull Penerangan Sudah Error

Penyebab lampu motor mati semua selanjutnya ialah bagian spul error, Spull penerangan dalam hal ini sudah tidak berjalan normal seperti spul yang normal pada umumnya. Sehingga hal ini mengakibatkan arus yang masuk menuju kiprok tidak sesuai standar. Dan untuk cara mengatasinya ialah silahkan gulung ulang spull, atau lebih praktisnya ganti saja dengan yang baru.

 

3. Rumah Lampu Atau Dudukan Lampu Sudah Jelek Dan Sudah Goyang

Hal ini juga sangat mempengaruhi kesehatan lampu motor. Untuk itu jika mengalami hal tersebut sebaiknya kalian wajib mengganti dudukan lampu tersebut dengan dudukan yang baru agar lampu motor kalian tidak sering mati.

 

4. Kurangnya Massa Pada Lampu Atau Kiprok

pelajari juga : cara membuat lampu motor terang

Cara mengatasinya ialah cek kabel warna hitam yang menuju ke lampu “cek rangkaian lampu” atau cek massa dari kiprok “cek baut pengikat kiprok, periksa dari korosi dan yang lainnya”. Selain bisa menyebabkan lampu sering putus, aktual dilapangan juga menunjukkan nyala lampu yang kurang terang “redup” karena kurangnya massa dari kiprok tersebut.

Pada sistem penerangan khususnya lampu kepala, kiprok “regtifier, regulator” selain berfungsi sebagai pengubah arus AC dari spoel menjadi arus DC untuk pengisian battery, kiprok juga berfungsi sebagai pembatas tegangan yang dikeluarkan oleh coil “spoel” terlalu besar. Maka tugas kiprok ialah mereduksi atau membatasi tegangan yang akan menuju ke lampu supaya tegangan tidak melebihi kapasitas dari lampu itu sendiri “tegangan yang melebihi kapasitas lampu akan membuat filament dari lampu akan putus”.

 

5. Bohlam Lampu Putus

Bohlam Lampu Putus

Bohlam Lampu Putus

Putusnya bohlam lampu tentu berakibat pada tidak menyalanya bohlam motor tersebut, satu-satunya cara ialah dengan mengganti bohlam lampu yang baru. Untuk penggantian bohlam lampu tidak membutuhkan biaya banyak koq.

 

6. Saklar Yang Kotor

Saklar Lampu Motor Yang Kotor

Saklar Lampu Motor Yang Kotor

Saklar merupakan komponen lampu yang berfungsi untuk mematikan atau menyalakan lampu. Gangguan yang paling sering terjadi pada komponen ini yaitu banyaknya kotoran atau karatan yang dapat mengganggu dan menghambat arus listrik yang masuk kedalam lampu. Cara mengatasinya ialah lepas saklar dan bersihkan karatan atau kotoran menggunakan amplas halus atau bisa juga dengan cairan anti karat.

 

7. Gangguan Pada Socket

Gangguan Pada Socket

Gangguan Pada Socket

Gangguan yang sering terjadi pada socket yaitu banyaknya kotoran yang menempel pada ujung socket, pemasangan yang tidak sempurna pada socket juga membuat lampu motor tidak dapat menyala. Jadi dalam proses pemasangan harus diperhatikan.

 

8. Kualitas Bohlam

Kualitas Lampu Bohlam

Kualitas Lampu Bohlam

Untuk yang asli atau original bawaan pabrikan “motor baru” biasanya akan lebih tahan lama dan kualitas cahayanya yang lebih terang. Namun jika sudah pernah diganti, walaupun suku cadang yang asli tampaknya tidaklah sebaik yang pertama. Tetapi walaupun begitu tetaplah pilih kualitas yang hampir sama dengan kualitas pabrikannya.

Itulah mengapa beberapa pabrikan kini lebih membekali motor pakai LED saja daripada bohlam sebab kualitasnya bisa ramah terhadap rumah dan lebih hemat aki. Untuk rekomendasi merknya kalian baca di : lampu led motor paling terang.

 

9. Modifikasi Dan Penambahan Aksesoris

Walaupun terlihat keren dan gaul ketika kalian memasang aksesoris pada kendaraan kalian tersebut, tetapi jika tidak dilakukan dengan cara yang tepat, hal ini dapat merusak sistem kelistrikan kendaraan kalian dan tentunya berbahaya untuk bagian lampu depan kalian.

 

10. Gunakan Lampu Sesuai Dengan Tegangan

Agar lampu bertahan lebih lama anda sebaiknya menggunakan lampu sesuai dengan tegangan dan arus yang tertera pada lampu itu. Jika kalian menggunakan lampu yang tegangannya lebih tinggi dari yang seharusnya maka bisa dipastikan bohlam motor kalian akan lebih cepat padam dari waktu normalnya.

 

11. Plastik Konektor

Sebab lainya, plastik konektor disaklar lampu jauh dekat meleleh karena kepanasan “Akan memicu korslet dan sekring lampu utama putus, makanya lampu tidak hidup sama sekali”.

Tetapi hal yang paling utama menjadi perhatian dari semua point diatas yang telah dijelaskan diatas ialah mengenai regulator rectifier “kiprok”, karena komponen yang satu ini sangatlah berpengaruh besar terhadap keawetan bohlam motor kalian.

 

12. Aki Sudah Soak

artikel pendukung : cara merawat aki motor

Aki tekor dengan kondisi spull yang mati hampir mirip, namun masalah spull biasa terdeteksi ketika kita sedang menyalakan mesin. Sementara lampu mati karena aki soak, itu dideteksi dipagi hari ketika kita akan menyalakan motor.

Namun tenang saja, aki tekor tidak mempengaruhi sistem kelistrikan selama mesin menyala dengan catatan sistem pengisian (kiprok dan spull) dalam kondisi normal.

Ini artinya, kalau anda mendeteksi kok tiba-tiba lampu mati dan klaskon juga sember namun mesin masih bisa dihidupkan pake kick starter, maka itu ciri aki yang tekor.

 

13. Sekring Listrik Putus

Penyebab yang pertama yang sering dialami adalah putusnya sekering utama kelistrikan body, dalam sebuah motor biasnya terdapat 3 atau lebih sekering dengan warna dan kapasitas yang berbeda.

Sekering yang putus akan memutuskan pula rangkaian arus listrik dari baterai, sehingga meskipun kita menyalakan saklar lampu, semua lampu tidak akan hidup karena tidak ada arus listrik yang mengalir ke lampu.

 

Tidak mau pakai lampu bohlam tapi LED? cek : harga lampu LED Motor

 

Itulah beebrapa penyebab lampu motor mati yang bisa saya berikan kepada kalian semua dan semoga cara mengatasinya pun bisa mencapai hasil maksimal. Terima kasih :D.