Logo Pecintamotor
pecintamotor.com

Cara Memasang Lampu LED Motor

Mei 5, 2019 - 3 min to read

Melakukan modifikasi tentu akan bersambung dentan yang namanya pemasangan pemasangan. Salah satunya yaitu cara memasang lampu LED motor sebagaimana lampu ini sekarang menjadi trend.

Tak bisa kita pungkiri motor matic terbaru, motor sport terbaru, hingga bebek yang baru baru intinya sudah memakai lampu berteknologi LED.

Pemilihan lampu LED yang dijadikan sebagai lampu utama oleh para dealer bukan tidak lain karena lebih ramah ke Aki dan memberikan pencahayaan bagus.

Nah bagi kamu yang sudah punya lampu LED dan tidak mau menggunakan jasa montir untuk memasangnya. Kalian bisa mengikuti cara dari pecintamotor.com dibawah sini.

 

Tips dan Cara Memasang Lampu LED Motor

Cara Memasang Lampu LED Motor

Cara Memasang Lampu LED Motor

Beberapa cara ini bisa kalian pakai dengan berbagai macam lampu seperti cara pasang lampu LED 6 sisi, 3 sisi, dan yang lainnya. Yuk langsung saja simak

 

1. Gunakan lampu LED AC DC

Langkah pilihan pertama dalam pemasangan lampu led motor ini yaitu pilihlah / pakai lampu led yang bisa untuk dua jenis arus yakni AC dan DC.

Harga lampu LED motor AC DC ini pun jangan dipikir mahal bosqu. Mungkin hanya lebih mahal antara 50rb-100rb saja dari yang satu arus.

Kelebihan lainnya juga, lampu jenis ini rata rata menyediakan beragam socket mulai dari H4, HS1, hingga H6. Itulah mengapa cara ini paling utama direkomendasikan karena paling kamu perlu memahami arus arus tersehut.

Namun, meski terbilang mudah pastikan kembali bahwa kamu memilih Lampu LED Motor Paling Terang untuk arus AC DC ini dan terbukti dari review reviewnya yang bagus ya.

 

2. Pakailah konverter AC ke DC

Cara Memasang Lampu LED Motor yang berikutnya ialah memakai converter. Adanya konverter ini sengaja buat diterapkan ke lampu utama motor.

Prinsip kerja dari konverter ini ialah melakukan input arus AC lalu diubah menjadi arus DC saat output alhasil arus yang dihasilkan ke lampu LED pun stabil.

Jadi skill yang harus kalian miliki dalam melakukan cara ini ialah menyambung dan memotong kabel. Kunci utamanya jangan sampai terbalik antara kabel output dan inputnya beres deh.

Kekurangan dari cara ini ialah hanya bisa menggunakan dengan daya sampai 30 watt saja, sehingga apabila lampu LED kamu sudah diatad 30 watt maka tidak bisa memakai cara ini bosqu.

 

3. Ubahlah arus lampu utama dari AC ke DC

Cara yang ketiga ialah melakukan perubahan pada arus lampu kamu yang awalnya AC jadi DC. Mungkin terdengar kata merubah memang identik dengan cukup ribet haha.

Penerapan pada cara ini dengan melakukan pemotongan jalur kabel yang menjadi sumberbarus lampiran utamanya. Lalu, sambungkan dengan kabel yang menyambung dari aruz aki.

Alangkah lebih baik pemutusan jalur kabel ya kalian lepas sari soket ya. Nah pencarian posisi soketnya sendiri kalian tinggal menelusuri saja jalur kabelnya. Jika di motor honsa sih biasanya hitam merah atau hitam saja..

Karena termasuk cara pasang lampu motor langsung dari aki, maka tentu saja kalian harus memperhwtikan kondisi aki kamu. Jika tak ingin cepat tekor solusinya gunakan saklar on off agar lampu utama yang menyambung ke Aki tersebut hiduo saat kita inginkan saja.

 

4. Ganti kelistrikan ke Full DC alias fullwave

Nah cara yang terakhir nih bosqu merupakan cara yang paling rumit terutama bagi pemula yang tak sama sekali mempunyai skill mekanik.

Akan tetapi cara ini merupakan cara paling baik dan bisa diterapkan juga pada cara membuat lampu led motor arus ac hanya saja admin beri nama DC agar tak jadi dua poin dong.

Pada setiap motor tentu caranya berbeda beda. Intinya ialah rubah bagian spull agar pengisiannya tak ada yabg lari ke lampu utama melainkan ke aki langsung.

Kamu masih tidak ngerti? Simak versi video coba bosqu.

 

Video Cara Memasang Lampu LED Motor

Pelajari juga : Cara Memasang Lampu Proji

Begitulah kurang lebih bagaimana cara memasang lampu led motor yang benar agar tidak cepat mati. Terima kasih atas segala perhatiannya dan sampai jumpa lagi bosqu ^_^.