Logo Pecintamotor
pecintamotor.com

Cara Cek Oli Motor

Juli 27, 2019 - 3 min to read

Sebagai salah satu sparepart terpenting dalam motor tentu oli harus diperhatikan secara lebih dibandingkan bagian lainnya. Salah satunya yaitu seperti cara cek oli motor yang mana harus kita pahami jika sewaktu waktu lupa kapan waktu jatuh tempo ganti oli motornya.

Sebab jika ternyata oli masih bagus lalu tiba tiba kita ganti ya bener sih tidak apa apa tapi kan sayang uangnya bisa buat perawatan motor bagian lainnya dong hehe.

Itulah mengapa kalian perlu banget melakuakn epnegcekan kepada oli secar aberkala sebab sebelum ganti tempo yang kita perkirakan pun oli bisa saja kotor karena pamakaian tiba tiba untuk jarak jauh misalnya.

Nah buat kalian yang tidak mengerti bagaimana cara cek oli motor tersebut dimana sejatinay itu tidak perlu kehalian khusus. Dibawah sini pecintamotor akan membagikan tutorialnya silakan disimak baik baik.

 

Tips dan Cara Cek Oli Motor Semua Jenis Lengkap

Cara Cek Oli Motor

Cara Cek Oli Motor

Terdiri dari 6 langkah tips serta cara cek oli motor tersebut, yang mana itu perlu dilakukan secara detail tiap langkahnya antara lain yaitu :

 

1. Parkirlah motor di tempat yang permukaanya rata

Ini bertujuan agar kerataan oli didalam mesin motor bisa sesuai sehingga pengecekan oli pun berlangsung secara akurat.

2. Pakai Standar Tengah

Langkah berikutnya yang tak kalah penting sebelum membuka katup oli motormu, yaitu standar tengsh dulu ya motor matic bebek atau sport.

Kenapa? karena posisi memakai standar samping saat hendak membuka penutup oli itu kurang baik untuk mengetahui kondisi oli nantinya.

 

3. Silakan Tunggu Sampai Suhu Mesin Menurun

Jika kalian mengecek oli ketika suhu mesin baru digunakan atau panas, itu akan mengakibatkan pengecekan olinya kurang pas atau tidak begitu akurat.

Kenapa begitu? ya karena ketika oli mesin masih panas itu artinya masih terdapat oli di komponen mesin yang belum kembali ke pan. Alhasil saat kalian cek pasti volumenya berkurang dan mengira sudah waktunya ganti.

Sementara mengecek saat suhu mesin dingin, akan lebih akurat karena jelas semua oli yang tersebar sudah turun ke pan sehingga pengecekan kalian jelas dapat dibuktikan sekali jika itu benar pasti sesuai.

 

4. Bukalah Tutup Oli Mesin Motormu

Buat motor bebek ataupun sport yang mana mesin berada di bagian depan, rata rata memakai tipe katup yang sangat menonjol alhasil kalau mau membukanya perlu alat bantu berupa tang.

Sedangkan di motor matic yang memakai model katup berlubang cara pembukaannya memerlukan obeng berukuran besar untuk mencongkelnya.

Dalam membuka tutup oli apapun jenisnya jika matic setelah di congkel dan motor bebek dan sport memakai tang, lalu putarlah dengan arah berlawanan jarum jam setelah itu tarik tutup oli serta deep stiknya agar terlepas dari mesin.

 

5. Masukan Lagi Penutup Oli ke Mesin

Langkah selanjutnya yaitu kalian hanya perlu memasukan penutup oli tersebut namun dengan catatan bersihkanlah dulu tutup oli tersebut! baru masukanlah tutup oli tersebut ke dalam mesin dan kencangkan juga sebagaimana awalnya.

Ini berfungsi agar pembacaan bis lebih akurat, kalau kita langsung membaca stik oli saat itu juga pasti hasilnya akan penuh karena saat mesin bekerja semua permukaan stik oli akan terlumuri oli. Namun apabila kita bersihkan oli yang menempel pada stik, maka pembacaan level berikutnya bisa lebih akurat.

 

6. Copot Lagi Tutup Olinya Lalu Cek Ketinggian Olinya

Cara Caek Ketinggian Oli

Cara Caek Ketinggian Oli

Setelah pada lanagkah sebelumnya kalian memasang kembali tutup olinya, sekarang silakan copot lagi tutup oli tersebut untuk mengecek ketinggian olinya dari level oli yang berada di tutup olinya.

Oli Mesin bisa dibilang punya volume yang pas jika volumenta itu berada diantara lower dan upper level jadi bia dibilang di tengah tengahnya STIK itu. Namun apabila tidak muncul oli di stik maka itu sudah pasti oli berkurang.

Maka mengatasinya kamu cuma perlu menambahkan oli ke mesin sampai volumenya cukup ataupun kalau lebih mudah yaitu mengganti oli motornya namun ini disarankan jika memang motor kalian lama tak ganti oli.

 

Macam Macam Tanda Warna Oli

Kapan Harus Ganti Oli

Kapan Harus Ganti Oli

adapula beberapa tanda tanda macam macam oli sebagai pennetu kondisinya apakah masih bagus atau sudah wajib kalian ganti saat ini juga. Berikut beberapa indikatornya :

  • Jika oli berawarna kekuningan maka itu beranda oli masih berkondisi bagus dan baik
  • Jika oli berwarna kecoklatan, maka kemungkinannya yaitu motor telah melakukan geber terus menerus atau dalam jangka waktu lama.
  • Jika oli berawwarna hitam pekat, maka itu merupakan kondisi oli yang sudah jelek dan harus diganti saja silakan baca penyebab mesin motor cepat panas agar tidak menyepelekannya.

Kesimplannya dari langkah alngakh diatas bahwa sebenarnya mengecek kondisi oli tidak sesuah yang kita bayangkan ya bosqu? hanya saja kita malas padahal oli itu kan komponen yang sangat penting jika fatal lupa.

Untuk rekomendasi merk oli yang bagus, kalian cek artikel : oli motor terbaik

Demikian sajalah sedikit yang bisa saya berikan mengenai cara cek oli motor apakah sudah harus ganti atau masih bisa dipake. Semoga bermanfaat :D.