Logo Pecintamotor
pecintamotor.com

Cara Membuat SIM Online

November 6, 2019 - 6 min to read

Bagaimana sih cara membuat SIM Online? inilah pertanyaan yang sering digumamkan para masyarakat Indonesia di era Jaman Now. Sejatinya prosedur ini sangat sangat membantu bagi merkea para perantau, sehingga saat melakukan perpanjangan ataupun membuat SIM baru mereka tak perlu datang ke daerah domisili guna membuat tempat terbit di dearah tersebut.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Surat Izin Mengemudi (SIM) memang sangat wajib dimiliki masryarakat Indonesia. Akan tetapi ada beberapa kabar kabar yang menjadikan sebagian masyarakat pun malas untuk membiatnya seperti ribet lah, tesnya susah dsb. Padahal sejatinya tidak seperti itu terlebih di perkembagnan teknologi seperti ONLINE ini.

Layanan SIM Online sangat disayangkan ternyat atak dapat memproses semua Golongan SIM, sehingga sangat terbatas buat SIM A dan C saja. Namun kita perlu mengapresiasi hal ini yang cukup praktis dari segi tidak antri, dokumen yang tak perlu dibawah banyak serta pembayaran pula.

Melihat prosedur ini sangat penting dan akan terus dibutuhkan, berikut ini pecintamotor.com menyajikan apa saja keperluan  melakukannya dari langkah awal hingga berhasil. Silakan disimak baik baik pada segmen dibawah.

Prosedur Cara Membuat SIM Online Lengkap

Cara Membuat Sim Online

Cara Membuat Sim Online

Sebagaimana yang kita tahu setiap hal yang berbau online selalu dipenuhi beragam prosedur jadi tak hanya langkah langkah saja yang perlu kita perhatikan. Dibawah ini semua bagian yang bisa kalian lakukan utnuk membuat SIM secara online jangan sampai terlewat ya.

 

Apa itu SIM Online?

Sejatinya fungsi atau tujuan utama layanan SIM Online ialah bukan tidak lain untuk mempermudah pemohon saat meminata terbitan SIM atau Memperpanjangnya. Kemudahan tersebut bisa mereka rasakan paling kental oleh para perantau sebab mereka bisa melakukannya dimanapun tanpa terikat tempat.  Sehingga tak perlu kuatir SIM Mati/telat perpanjang karena tak sempat pulang ke daerah asal.

Berbekal SIM Online tentu POLRI mengharapkan agar semua kalangan masyarakat bisa patuh terhadapat peraturan Lalu Lintas demi kenyamanan bersama baik dari diri sendiri ataupun pengendara lain. Jadi buat kamu yang masih punya temen males ngurus SIM coba tunjukin ini klau masih ga mau coba tendang deh orang seperti itu.

 

Syarat Pembuatan SIM Online

Syarat Pembuatan SIM Online

Syarat Pembuatan SIM Online

Perpajakan atau administrasi motor selalu diikuti dengan beberapa persyaratan bagi mereka yang ingin mengurusnya termasuk SIM Online ini. Antara lain beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam membuati SIM ONline yaitu sebagai berikut :

 

1. Kesehatan

Tentu orang berkendara harus mempunyai Kesehatan yang mumpuni baik dari segi fisik atau pikiranny ayang terkontrol. Itulah yang menjadi syarat utama pula dalam pembuatan SIM. Lebih jelasnya yaitu :

  • Kesehatan Rohani = berkaitan seperti kecermatan, mengedalikan diri, mampu konsentrasi, ketahanan fisik/kerja serta stabilistas emosi.
  • Kesehatan Jasmani = berkaitan dengan sehat fisik tisik tidak lemas dalam berkendara, pendengaran serta penglihatan.

 

2. Usia

Selain ada syarat Kesehatan, tentu pemohon mempunyai syarat dari Usia juga demi menjaga kestabilan di lalu lintas. Antara lain umur tersebut berikut ini :

  • Berusia Tujuh Belas (17) tahun pemohon terbit SIM A, SIM C, dan SIM D
  • Berusia Dua Puluh (20) tahun pemohon SIM A Umum
  • Berusia Dua Puluh (20) tahun pemohon SIM B I
  • Berusia Dua Puluh Satu (21) tahun pemohon SIM B II
  • Berusia Dua Puluh Dua (22) tahun pemohon SIM B I Umum
  • Berusia Dua Puluh Tiga (23) tahun pemohon SIM B II Umum.

Beragam persyaratan untuk mengikuti prosedur SIM Online ini usia tersebut pun tidak hanya berlaku buat WNI (Warga Negara Indonesia) namun untuk WNA (Warga Negara Asing) juga.

 

3. Administrasi

Karena ini pengurusan tentu selalu dilibatkan dalam tata cara yang harus formal. Berikut ini beberapa syarat administrasi yang akan diikuti :

  • Melakukan pengisian terbit SIM Baru
  • KTP Asli setempat
  • Melampirkan sertifikasi lulus pendidikan dan pelatihan mengemudi bagi pengajuan SIM Baru.

Untuk WNA (Warga Negara Asing) sendiri terdapat beberapa perbedaan dokumen, antara lain bersangkutan dengan imigrasi yakni :

  • KITAP (Kartu Izin Tinggal Tetap) & Paspor yang sudah berdomisili tetap di Indonesia.
  • Kartu anggota diplomatik, identitas diri lain jika keluarga kedutaan atau staf duta serta Visa Diplomatik.
  • Visa dinas atau kartu izin tinggal sementara (KITAS) dan Paspor bagi yang berprofesi sebagai pelajar bersekolah ke Indonesia.
  • Paspor serta KIKUN (Kartu Izin Kunjungan / Singgah)  tak berdomisili di Indonesia
  • Surat Izin Kerja dari Kementerian bidang Ketenagakerjaan *Ini sangat khusus buat WNA yang kerja di Indonesia*

 

4. Lulus Ujian

Tentu dibalik semua sayarat tersebut ada satu syarat utama juga yang tak bisa terbit SIM jika belum terpenuhi yaitu Lulus TES. Dimana telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 81 yang berbunyi agar memperoleh SIM (Surat Izin Mengemudi) setiap pemohon harus bisa memenuhi persyaratan berupa Kesehatan, Usia,  Administratif Serta Lulus Tes.

Beberapa tahapan ujian yang akan dilewati saat tes terbagi menjadi 3 macam yaitu :

  • Ujian Komputer / Teori
  • Ujian Praktek Lapangan
  • Ujian Simulator (Keterampilan)

 

Biaya Pembuatan SIM Online

Biaya Pembuatan SIM Online

Biaya Pembuatan SIM Online

Artikel Utama : Biaya Pembuatan SIM Semua Golongan

Adapun meski syarat sudah terpenuhi ada lagi tambahan yaitu biaya yang harus dibayarkan. Dimana biaya membuat SIM ini sendiri sama seperti biaya ganti plat motor yang selalu berubah ubah dari SAMSAT. Berikut ini daftar biaya yang kamu bayar saat mencetak SIM :

Jenis SIMBiaya Cetak SIM
SIM CRp. 100.000
SIM C1Rp. 100.000
SIM C2Rp. 100.000
SIM ARp. 120.000
SIM BRp. 120.000
SIM B1Rp. 120.000
SIM BIIRp. 120.000
SIM DRp. 50.000
SIM D1Rp. 50.000
SIM InternasionalRp. 250.000

Taris pembuatan dan perpanjangan SIM di atas di atur melalui Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2016. Biaya tersebut berlaku diseluruh Indonesia, jadi apabila menjumpai adanya pembekakan biaya, maka kemungkinkan terjadi kecurangan dalam membuat SIM. Namun biaya di atas belum termasuk uang yang kita keluarkan untuk membayar biaya Asuransi dan surat keterangan sehat.

Jikalau kita bisa lihat pada tabel diatas pula itu sangat sangat terjangkau yang mana kalau kita memakai jasa calo itu bisa berkali kali lipat misal untuk SIM C hanya 100rb dicalo bisa menjadi 350rb haha cepat kaya si calo bosqu. Itulah mengapa kami sangat menyarankan pembuatan resmi saja, gagal ya coba lagi dong.

 

Langkah Langkah Cara Membuat SIM Online

Setelah kalian mengetahui berapa biaya serta apa saja syarat yang perlu dipersiapkan, maka kini sudah tiba saatnya kalian membaca bagaimana prosedur untuk membuat sim tersebut. Berikut langkah demi langkahnya :

 

Melakukan pengisian di Situsnya

  1. Mula mula agar pengisi formulir data permohonan SIM Baru lebih mudah, silakan cek ulang berkas kamu.
  2. Jika dirasa semua data tersebut benar, tinggal buka saja stius resmi Polri alamtanya : http://sim.korlantas.polri.go.id bebas lewat Laptop ataupun Posnel.
  3. Berikutnya di layar situs tersebut pilih menu “Pendaftaran SIM Online” dan langsung timbul informasi soal pendaftaran SIM Online
  4. Silakan baca ketentuan soal pendaftaran SIM Online tersebut agar prosesnya tak terlalu kebingungan.
  5. Apabila sudah dirasa cukup klik menu “Lanjut: dan isi saja formulir Data Permohonan pilih langsung Membuat SIM Baru.
  6. Lalu silakan isi keterangan dibawahnya yang diantaranya Golongan SIM, Polda kedatangan yang diinginkan, Alamat Emailmu.
  7. Selanjutnya pencet “Lanjut”, secara otomatis kalian akan diberi data pribadi yang harus diisi Kewarganeragaraan berupa Nama, Jenis Kelamin, No Telpon dan Nomor KTP.
  8. Data selseai kalian isi maka bisa pencet “Lanjut” akan muncul data keadaan darurat yang dapat dihubungi, Kolom Validasi yang wajib kalian isi dengan nama Ibu Kandung, serta ada juga kolom data Sertifikasisekolah mengemudi klau iya isi saja klau Tidak juga ga masalah
  9. Silakan Isi semua data tersebut jika sudah selesai pencet lagi tulisan “Lanjut” lalu kalian akan dimintai mengkonfirmasi jika data yang dimasukkan tadi itu benar.
  10. Di tahap konfirmasi tersebut akan ada kolom soal tanggal kedatangan yang dapat kalian pilih sesuai keinginan.
  11. Isi kode Kode verifikasi lalu tekan tombol “Kirim”
  12. Akan muncul tulisan sukses registrasi Sim Online, klik saja OK

 

Cek email untuk bukti registrasi

Cek email kamu, disana akan terdapat bukti registrasi online sudah sukses, didalam email tersebut berisi pula total biaya sesuai golongan SIM serta Nomor Registrasinya

 

Melakukan Pembayaran biaya SIM

Kalian tinggal bayar saja sesuai nominal di email tadi, bisa lewat Teller BRI, ATM, ataupun EDC. Dengan begitu kalian sudah sukses membayar tanpa mengantri dengan ribet membawa berkas pula.

 

Datang ke lokasi yang dipilih untuk valdiasi & tes

  1. Sekarang yang perlu kalian lakukan yaitu datanglah ke lokasi yang sudah kalian pilih ketika registrasi.
  2. Berikan bukti registrasi, bukti pembayaran serta KTP Asli serta tak lupa Surat Keterangan Sehat dari Puskesmas ataupun Dokter ke Satpas yang bertugas.
  3. Biar gak kececeran atau hilang alangkah baiknya memakai map.
  4. Kemudian kalian akan dimintai verifikasi sidik jari, tanda tangan serta pengambilan foto sebagaimana proses manual cara membuat SIM C ataupun golongan lainnya.
  5. Mungkin proses pengajuannya memang terlihat mudah akan tetapi untuk tes praktek ataupun teorinya tentu tidak ada Online ya haha.
  6. Jadi SIM akan diterbitkan jika kamu memang benar benar dinyatakan LULUS baik teori ataupun prakteknya. Jika gagal kalian akan disuruh mengulang kembali dengan jarak waktu 14 hari umumnya.
  7. Apabila sukses dan LULUS Penerbitan pun bisa acak kadang ada yang langsung jadi ada pula yang diberi slip tanggal pengambilan dengan waktu 15-30 hari.
  8. Uniknya dari proses SIM Online ini, apabila kalian lelah tak kunjung Lulus uang yang dibuat daftar tersebut bisa kamu ambil kembali. Keren kan 😀

Baca Juga : Cara Memperpanjang SIM Online

Mudah banget kan bosqu? di era jaman sekarang sungguh aneh kalau lihat orang masih malas mengurus ini itu. Sepertinya orang seperti itu harus ditendang baru sadar kalau Indonesia yang berkembang ini bisa maju juga. Lengkapi dong surat surat berkendaranya apalagi klau ingin touring sama kesayangannya hehe.

Begitulah kruang lebih sedikit info yang bisa kami sampaikan kepada kamu. Jangan lupa untuk membagikan pengalaman pembuatan sim online kamu dikolom komentar. Karena saiap tau pengalaman kamu itu dialami oleh orang lain juga. Terima kasih sudah menyimaknya dan sampai ketemu lagi RIDER ^_^.