Logo Pecintamotor
pecintamotor.com

Cara Memperpanjang SIM C

November 14, 2019 - 3 min to read

SIM merupakan suatu kebutuhan bagi rakyat Indonesia karena merupakan suatu pertanda bahwa layak membawa motor di jalanan negara ini.

Ketika kita sudah mempunyai SIM atau bukan hanya SIM saja semua berkas berkas dokumen rata rata di negara kita ini harus selalu ada masanya, yang mana itu artinya yaitu diperpanjang.

Contoh SIM yang akan admin bahas yaitu SIM C, setelah sukses mengiktui cara membuat sim C akan tiba waktunya dimana SIM C itu harus diperpanjang karena sudah habis masa aktif 5 tahunnya.

Satu hal yang admin tekankan yaitu jangan sampai perpanjang sim c ataupun golongan sim lainnya ini terlambat ya, karena kalau telat kalian akan mengulangi dari awal lagi seperti mengiktui tes teori dan praktek.

Nah agar tidak telat maka perpanjanganya minimal 1 bulan sebelum SIM itu matilah, bagi yang sim c dan tidak tahu prosedurnya, bisa langsung menyimak panduan dari pecintamotor berikut ini.

 

Syarat, Biaya dan Cara Memperpanjang SIM C Lengkap

Cara Memperpanjang SIM C

Cara Memperpanjang SIM C

Biaya Perpanjangan SIM C

Untuk biaya buat, bisa cek di : biaya pembuatam sim

Tentu hal utama yang perlu kita ketahui sebelum masuk ke bagian prosdur ialah berapa banyak biaya yang perlu dipersiapkan saat perpanjang tersebut.

Antara lain daftar biaya memperpanjang sim c yaitu :

Golongan SIMTarif / Biaya
SIM CRp 75.000
SIM C IRp 75.000
SIM C IIRp 75.000

 

1. Cara Memperpanjang SIM C Online

Panduan lengkap : cara memperpanjang sim online (semua golongan a,b,c)

Cara pertama yang akan admin berikan merupakan paling mudah dan aling mengikuti jaman sekarang ini, yaitu dengan sistem online.

Jadi kalian cukup dari rumah pendaftaran dan segala syaratnya, lalu menukarkan dengan sim perpanjang barunya lalu gimana syarat dan prosedurnya? antara lain sebagai berikut :

 

Syarat Memperpanjang SIM C Online

  • SIM lama
  • Isi data formulrir penngajuan perpanjang SIM
  • Minta atau Lampirkan surat keterangan sehat mata dari Dokter / Puskesmas
  • Siapkan KTP yang masih berlaku bagi WNI, untuk WNA siapkan dokumen keimigrasian
  • Siapkan juga Surat Keterangan Lulus uji keterampilan Simulator.

 

Prosedur Memperpanjang SIM C Online

  1. Pertama, bukalah situs http://sim.korlantas.polri.go.id/booking/
  2. Isilah formulir di situs tersebut sesuai data yang semestinya
  3. Jika sudah diisi, persiapkan semua syarat tadi lalu datanglah ke Samsat / Tempat Perpanjang SIM Keliling
  4. Tanpa menunggu lama, karena data sudah diinput lewat online maka kalian hanya perlu menunggu perubahan cetak masa aktifnya saja.
  5. Selesai

 

2. Cara Memperpanjang SIM C Keliling

Inilah cara paling mudah yang udah dilakukan oleh masyarakat sejak sebelum adanya era era online dan tergolong masih praktis karena tidak perlu terikat waktu samsat, yaitu lewat gerai gerai sim keliling.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi serta prosedur cara perpanjang lewat sim keliling antara lain yakni :

 

Syarat Perpanjang SIM C Keliling

  • Bawa KTP asli yang masih berlaku
  • Bawa juga SIM Asli yang Membawa KTP Asli
  • Membawa SIM Asli yang masih aktif/berlaku
  • Membawa Surat Keterangan Kesehatan dari Kedokteran atau sering disebut sebagai KIR Dokter
  • Fotocopy KTP, biasanya 2 lembar tapi siapkan lebih lebih baik untuk jaga-jaga

 

Prosedur Perpanjang SIM C Keliling

  1. Pertama tama, kalian cuma tinggal mendatangi saja langsung mobil khsusu layanan SIM yang ada di dekat daerah kalian yang mana sesuaikan terhadap jadwal hari hari apa ada disana.
  2. Sesudah sampai ke mobil SIM keliling itu dan membawa persayarat diatas maka kalian hanya tinggal antri untuk mengambil formulir permohonan sim
  3. Pada form yang didapatkan, langsung saja isi data diri sesuai dengan KTP yang benar dan isi Tanda tangan kalian di kolom Perpanjangan SIM karena disini kita membuat bukan untuk memhonon baru melainkan memperpanjang SIM lama.
  4. Jika data diri yang disiis usdah berna, sekarang tinggal lampirkan formulir tersebut diserta iberkas berkas yang sudah disebutkan dalam persayaratan tadi meliputi FC KTP, KTP Asli, Surat keterangan sehat dll.
  5. Tunggu nama kalian dipanggil
  6. Ketika sudah dipanggil disana kalian akan memperoleh formulir lagi, yang mana ditugaskan untuk mengisi secara sama pada data diri formulir sebelumnya.
  7. Kemudian, kalian akan diberi perintah agar memindai sidik jari dan tanda tangan lagi.
  8. Berikutyna, tunggulah SIM kalian dicetak.
  9. Beres deh kalian tinggal membayar biayanya, pencetakan SIM pun dilakukan langsung disana tanpa perlu ribet ribet terikat waktu jam kerja siang pagi ke Samsat.

Demikian saja kurang lebih panduan yang bisa saya berikan mengenai cara memperpanjang SIM c, semoga saja bisa membantu permasalahn kalian :D.