Logo Pecintamotor
pecintamotor.com

Cara Menambal Ban Tubeless Motor

November 1, 2019 - 4 min to read

Sebagai salah satu ban terlaris sekarang ini, tentu saja kita akan perlu tahu juga bagaimana cara menambal ban tubeless motor tersebut dong? terlebih selain irit biaya tapi juga efisien dalam waktu pula.

Satu hal lagi yang disayangkan dari ban tubless ialah dia tidak bisa dipasang ke motor bervelg jari jari ya meskipun kalau diberi sedikit tips dan trik bisa.

Akan tetapi sangat ribet sekali deh pokoknya kalau velg jari jari lebih baik ganti velg dulu ke ukuran biasa meskipun itu racing asal jangan jari jari.

Di pasaran Indonesia sendiri begitu banyak merk ban motor terbaik dari seri tubbles ini, tak heran kalau motor keluaran terbaru kini telah memakainya.

Ban motor tubless dikenal karena dapat meminimalisir kekhawatiran kita dalam mengalami ban bocor saat perjalanan memakai motor.

Namun yang dimaksud meminimalisir itu artinya masih mungkin terjadi ban bocor ke tipe tubeless tersebut, misal kalau sudah tertancap paku banyak.

Oleh karena itu kita harus tahu bagaimana panduan menambal ban tubeless motor itu, berikut pecintamotor berikan dengan lengkap disimak yaa…

 

Tips dan Cara Menambal Ban Tubeless Motor Sendiri di Rumah

Cara Menambal Ban Tubeless Motor

Cara Menambal Ban Tubeless Motor

Harga Alat Tambal Ban Motor Tubles

Harga Alat Tambal Ban Tubles

Harga Alat Tambal Ban Tubles

cek juga : harga alat pembuka ban motor

Tentunya pada cara menambal ban tubeless motor yang bocor ada alat yang harus dipakai sebagai persiapannya.

Dipasaran sendiri harga alat tambal ban tubles ini cukup murah kok bosqu hanya sekitar 20-25 ribuan.

Yang membedakan rentang harganya ialah dari kualitas dan kelengkapan biasanya da yang dilengapi karet sekalian ada yang tidak.

Jadi usahakan mengambil yang lengkap ya seperti ada lem, alat jarum tubles, kikir/bor tubles, lebar, serta 3 buah karet tubles sebagai penutup lubang bocornya.

Alatnya sudah tergolong murah sekali sangat kebangetan kan kalau kita tidak membelinya? terlebih lagi manfaatnya kita bisa menambal ban tubles itu sendiri tanpa repot mengeluarkan biaya tambahan.

 

Langkah Langkah Cara Menambal Ban Tubeless Motor Sendiri

Tips Merawat Ban Motor Tubeless

Tips Merawat Ban Motor Tubeless

Lalu jika persiapan utama yaitu alat tambal ban tubless diatas telah kalian miliki, maka kini saatnya kita langsung eksekusi bagaimana proses penambalan.

  1. Pertama, kalian siapkan saja dulu pengisi angin bebas mau nitrogen, pompa ataupun angin yang dipakai buat bersihin filter juga (sengaja tidak admin jelaskan karena alatnya mudah ditemukan).
  2. Pengisi angin di langkah satu itu berguna untuk selesai prosesnya ya.
  3. Berikutnya, carilah baggian yang menyebabkan bocor misalnya tertancap kaca, paku ataupun benda benda tajam yang lain.
  4. Apabila tempat kebocoran tidak kalian temukan, maka bersihkan dulu ban tubles tersebut memakai air.
  5. Setelah bersih, nantinya akan terlihat jelas benda tajam yang tertancap sekalipun itu kecil, tak cuma itu bosqu juga bisa menetesi seluruh permukaan ban dengan air lalu tinggal dicek apakah terdapat gelembung sebagai tanda kebocoran terjadi. (umumnya di ban bukan tubless cara ini dipakai untuk mengetahui lokasi bocor ban dalam).
  6. Apabila sudah menemukan benda tajam yang ada, silakan dicaput memakai tang (perhatikan seksama jangan sampai ada yang tertinggal ya pastikan tercabut semua).
  7. Kemudian setelah itu kalian tinggal melubangi saja titik titik kebocorannya memakai alat kikir / bor tubeless yang ujungnya memiliki bentuk mirip mur. Jadi masukanlah alat itu sekuat kuatnya dengan cara digerakan maju mundur supaya lubang lebih longgar lagi agar kita dapat memasukan karet penambalnya gampang.
  8. Sekarang setelah titik kebocorannya longgar sebagaimana perkiraan, potonglah karet karet penambal ban dengna bentuk memanjang (perkirakan sendiri cukupnya berapa ya).
  9. Selanjutnya, masukanlah karet itu kedalam lubang yang sudah diperbesar pakai pengait dengan lumuran lem.
  10. Ketika memasukan karet kalian wajib waspada, jangan sampai karet itu masuk ke dalam ban ya, jadi saran kami masukan karet penambalnya kurang lebih setengah inci saja.
  11. Berikutnya kalian hanya perlu mencabut alat pengait secar aperlahan lahan lalu tunggu sampai karet mengering minimalnya sih 10 menit saja bosqu.
  12. Lalu supaya hasil tambalan itu rapih dan laju kendaraan tetap normal, kalian dapat menggunting sisa karet yang agak nonjol sampai rata seperti bukan tambalan.
  13. sekarang kalian hanya perlu mengisi angin ban tersebut pakai pompa manual ataupun kompresor.
  14. Cek perlahan lahan saat mengisi angin apakah ada suara angin yang keluar dari bekas tambalan tersebut, jika ada maka langkahnya kurang teliti silakan diulangi saja. Umumnya sih langkah yang salah ini pada lem yang masih tidak begitu mengering sehingga terbuka lagi bocornya.
  15. Beres deh!

Jika kita bisa melihat sejatinya cara menambal ban tubeless motor itu sangat mudah sekali kan, sebab memang tak perlu alat dan keahlian tertentu.

 

Cara Merawat Ban Tubles Motor

Tips Merawat Ban Motor Tubeless

Tips Merawat Ban Motor Tubeless

Sebagai tambahan juga admin berikan bagaimana tips merawat ban tubles di motor kamu tersebut, mengingat harga ban motor tubeless tidaklah murah ya sob sekalipun itu merk merk biasa hehe.

Perawatan agar ban tubeless bocor tidak mudah terjadi, antara lain :

  • Supaya ban tetap awet, kalian jangan terlalu sering memakai motor ban tersebut dengna beban berat.
  • Penyebab ban tubeless bocor ialah aus sehingga pakunya pun mudah sekali tertancap karena lapisannya memang waktunya ganti. Jadi pastikan kalian cek telapak ban dan permukaan disekitarnya sesering mungkin.
  • Mengingat cara menambal ban tubeless motor diatas sangat simpel tapi bukan berarti kalian malas membersihkan ban kan? sebab jika ada kotoran yang melekat bisa jadi usia ban lebih pendek masa pakainya.
  • Ceklah tekanan angin ban kalian pastikan sudah sangat ideal sebagaimana aturan bannya ya.
  • Admin sarankan juga untuk selalu memakai Nitrogen dalam pengisian angin ban kamu ya sebab ini bisa membuat ban lebih stabil dijalanan sehingga umur ban pun lebih terjamin.
  • Jika ban tubeless telah terjadi kebocoran, jangan terburu buru untuk mencabut paku tersebut apalagi pas kalian dijalan. Tpai cabutlah saat dirumah yang mana kalian sudah siap alat alat penambalananya.
  • Ini dia nih yang terakhir perawatan yang sangat perlu dimana kekurangan dari ban tubeless sendiri yaitu dapat membuat velg cepat sekali rusak jika kita melewati permukaan yang berlubang. Jadii bosqu kalau pakai motor berban tubeless usahakan sekali hindari jalan berlubang ya.

Mengingat ban merupakan suatu pengaruh ke kenyamanan saat berkendara, maka jelas kita wajib sekali memilah merk yang berkualitas.

Seperti halnya ban irc yang seri tubeless ataupun nontubeless punya keunggulan andalan yaitu meminggirkan air saat jalan berair ataupun licin saat hujan.

Cek juga : Harga Ban Motor Semua Merk

Cukup seperti itulah sedikit artikel mengenai panduan cara menambal ban tubeless motor yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat :D.