Logo Pecintamotor
pecintamotor.com

Cara Merawat Kampas Rem Motor

November 10, 2019 - 2 min to read

Cara Merawat Kampas Rem –¬† Selalu banyak komplain terhadap sparepart motor yang satu ini, yaitu kampas rem. Terutama kebanyakan yang komplain dari kubu pengendara matic. sebab pada motor matic tak terdapat transisi gigi manual dan kopling manual, sehingga untuk mengurangi kecepatan hanya remlah yang dapat diandalkan.

Kampas rem pada motor pun bervariasi harganya, karena ada yang cakram ada yang biasa dan berkualitas, Tak lepas dari itu tentu bahannya juga beraneka ragam seperti material metal, keramik, sintek hingga yang organik.

Satu hal kesalahan pemahaman yang diketahui banyak orang ialah jika kepekaan rem diukur pada temperatur, padahal hal tersebut agak keliru. Sebenarnya yang bisa mengukur gigitan pada kampas rem itu dari freakton.

Contoh kampas rem yang tidak normal itu muncul suara ketika dipakai mengerem, sistem kecakraman sudah tidak begitu menonjol alias kaya blong jadi ketika ditekan lebih keraslah remnya baru motor terhenti.

Ini merupakan hal yang agak berbahaya ya bosqu. Bayangkan jika kita kondisi laju lalu ada orang menyebrang dan untuk melakukan pengereman kita harus menahannnya lebih kencang, apakah waktnya sempat? Tentu prosentase sempatnya sangat kecil.

Oleh karena itulah demi mencegah hal hal tersebut ataupun menghemat uang mengganti kampas rem terus menerus. Berikut ini pecintamotor.com coba memberikan bagaimana perawatan kampas rem agar awet dan bekerja maksimal. Yuk simak baik baik

 

Tips dan Cara Merawat Kampas Rem Motor Agar Awet

Cara Merawat Kampas Rem Motor

Ilustrasi Gambar Merawat Kampas Rem Motor

1. Pakailah Rem Seperlunya

Usahakan untuk tidak menggunakan rem secara terus menerus, yang dimaksud terus menerus disini yaitu kontrol gas kamu jangan terlalu ngebut lalu ngerem dengan sangat menekan remnya.

Semakin kita kuat menekan remnya maka akan semakin banyak kampas rem yang kita pakai. Dan teknik pengereman seperti ini pun tak disarankan sekali.

Karena  selain membuat kampas rem juga akan mengefek ke cakram atau ban kamu, gesekan yang terlalu dipaksa terlebih di gas kendaraan kita.

 

2. Cek Posisi Tromol dan Kondisinya

Apabila kamu ingin mengganti kampas rem, atau sudah membeli kampas rem. Alangkah baiknya kamu cek dahulu bagaimana kondisi tromolmu dan posisi piringan cakramnya.

Jika dirasa kotor maka bersihkanlah dengan lap kering sedikit kasih bensin. Sedangkan untuk posisinya pastikan sudah rata, karena jika sudah rata maka piringan yang ada di kampas rem tidak akan membebani sehingga dapat bekerja dengan maksimal dan lebih awet tentunya.

 

3. Bersihkan Kaliper dan Pin Fleksibelnya Secara Rutin

Sama halnya seperti cara merawat rantai motor dan cara merawat aki motor ataupun saprepart lainnya. Pastikan jangan sampai lupa juga untuk kalian melakukan pembersihan bagian yang mau dirawat.

Pada perawatan kampas rem ini yaitu bersihkan bagian kliper dan pin fleksibelnya secara rutin. Hal ini sebenarnya dilakukan agar bisa menghasilkan tekanan lebih rata.

Tak hanya itu, jangan lupa juga jarak antara kampas rem dan piringan telah sesuai dan pas. Bagaimana ukuran pasnya? kampas dan piringan cakram tak akan saling menyentuh alias hingga bergesek saat roda berputar.

 

4. Lakukan dengan Teratur Melumasi Bearing Roda

Jika bensin di langkah satu untuk membersihkan piringan, maka tak lupa juga ada yang namanya pelumasan. Gunanya sendiri agar dapat mencegah speling pada bering yang bis amenyebabkan pirngan cakram dan kampas rem bersinggungan alhasil kinerja tak akan maksimal

Kalian cek harganya di : Harga Kampas Rem Motor

Demikianlah sedikit tips yang dapat kami sampaikan mengenai cara merawat kampas rem motor kamu. Apabila terdapat pertanyaan, kritik, atau saran silakan lampirkan di komentar atau melalui halaman hubungi kami :D.