Logo Pecintamotor
pecintamotor.com

Cara Merawat Knalpot Motor

November 14, 2019 - 4 min to read

Cara Merawat Knalpot Motor – Siapa sih pecintamotor yang tak kenal dengan komponen bernama knalpot? semua komponen dalaman motor pun pasti kita tahu. Tapi apakah kita juga akan bisa menjawab saat muncul pertanyaa gimana jika knalpot standar itu rusak? mungkin kita akan menjawab wah cara merawatnya tuh yang salah. Nah emang situ ngerti cara merwat knalpot motor itu seperti apa.

Knalpot sendiri merupakan salah satu komponen utama dalam motor yang dimana dari dialah suara mesin dikeluarakan. Kebanyakan motor keluaran terbaru kini suara knalpotnya semakin halus karena diprioritaskan agar nyaman lingkungan sehingga mereka memakaikan peredam suara berkualitas di dalam knalpot tersebut. Sebenarnya sih bisa juga jika ingin mengubah suara knalpot standar menjadi ngebass. Namun kalau admin sih sayang banget dengan barang ori hehe ntar kalau dijual harganya jatuh kalau ga dipasang orinya.

Kerennya di negara kita ini knalpot banyak banget variasinya, mulai dari bodong, racing, dan lain sebagainya sehingga terbitlah berbagai merk terutma di knalpot racing. Apalagi tak heran jika menemukan knalpot racing dengan harga murah alias KW, ya mungkin orang tersebut membuat dengna tujuan baik demi memenuhi hasrat bagi yang kantongnya pas pasan namun ingin ikut bergaya.

Kita kembali ke topik utama, lalu agaimana cara merawat knalpot ori dong min biar awet? nah hal tersebut akan admin jawab di postingan kali ini. Sebenarnya cara cukup sederhana namun terdapat beberapa cara, yang akan admin sediakan cukup 5 saja ya hehe. Lantas apa saja caranya langsung saja kita simak bareng bareng dibawah ini ^_^.

Cara Merawat Knalpot Standar Motor Lengkap

Cara Merawat Knalpot Motor

Ilustrasi Gambar Cara Merawat Knalpot Motor

Persiapan Merawat Knalpot

Adapun beberapa hal sebelum teknis yang perlu kalian persiapkan agar proses perawatan knalpot ini berjalan mulus dengan hasil maksimal juga. Antara lain persiapan tersebut yaitu :

 

1. Bensin

Buat apa bensin min? ini guna membersihkan beberapa bagian yang mulai terkena noda susah hilang karena dengan bensin seua bisa hilang secara mudah.

 

2. Oli Bersih

Ingat jangan sampai memakai oli bekas, karena bukan malah merwaat melainkan menimbulkan permasalahan lainnya.

 

3. Sikat dan Lap

Tentu hal inilah yang menjadi alat antu membersihkan nantinya baik kondisi knalpot tidak telrlau kotor atau terlalu kotor sekalipun. Usahakan lapnya ada dua ya bosqu satu untuk dibasahi dan satu untuk mengeringkan, serta pastikan lap tersebut halus.

 

4. Cairan Pembersih

Ini sih optional, dilakukan boleh tidak juga boleh karena merk merk cairan pembersih untuk knalpot sendiri cukup beragam yang jelas pilih kegunaan pembersih tersebut buat knalpot.

 

Langkah-langkah merawat knalpot motor

Pelajari juga : cara memasang knalpot racing

Nah apabila semua persiapan diatas terpenuhi, maka langsung saja kita praktekan beberapa langkah perawatannya. Berikut ini silakan diperhatikan

 

1. Bersihkan Lubang Buang

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan cukuplah mudah, yakni hanya membersihkan lubang buang pada silincer menggunakan oli secukupnya. Caranya bebas kamu bisa menggunakan kain, kapas, sikat atau apapun.

 

2. Bershkan setiap terkena Hujan.

Karena musim di indonesia terdiri dari 2 yaitu kemarau dan hujan, maka disaat hujan bukanlah hal yang mustahil saat kit amembawa keluar motor kita namun tak terkena hujan. Nah hujan tersebut ternyata dapat mengurangi umur knalpot orisinil kita, jadi kamu setiap terkena hujan bersihkan leher knalpot bagian dalam maupun luarnya.

 

3. Panaskan Motor Agak Lama

Yang ketiga nih, Dari dulu hingga sekarang memanaskan motor memanglah menjadi hal yang sangat bermanfaat bagi motor terutama dipagi hari disaat motor baru dinyalakan. Sebagai contoh saja memanaskan motor dapat menjadi solusi ketika kalian mengalami kendala mesin motor cepat panas, karena itu ternyata disinyalir motor tidak pernah terawat.

Dari beberapa penemuan menjelaskan bila jangan digunakan terlebih dahulu melainkan panaskan beberapa menit saja. Ternyata hal ini megnefek ke knalpot juga loh bsoqu jika kita agak lama sedikit namun jangan lama bange tloh ya secukupnya kurang lebih 5-10 menit lah. Ketika kita telah memanaskan di menit segitu karat2 yang menempel akibat kotoran debu, lumpur dan lainnya itu bisa luntur dan bersih.

 

4. Berishkan dengan sikat jika sudah berkarat

Nah bagi kamu yang baru mengetahui langkah nomer 3 tersebut dan sudah terlanjur berkarat dan susah untuk dihilangkan meskipun sudah dipanaskan agak lama. Cara yang dapat kamu lakukan yaitu bersihkan menggunakan benson secukupnya dan alat sikat gigi, ingat bensinnnya jangan dituangkan ke knalpot tapi sikatnya celupkan saja kedalam bensin lalu sikatkan ke bagian yang berkarat.

Cara Memberihkan Knalpot Dengan Oli

Ilustrasi Gambar Merawat Knalpot Motor dengan Oli

5. Oleskan oli bersih

Cara yang kelima ini dapat terbialng mudah sekali, karena kalian hanya perlu mengoleskan knalpot kalian dengan oli bersih pada bagian yang terlihat kotor lalu diamkan beberapa menit lap deh. ini persis dengan cara merawat rantai motor yang mana ditekankan sangat bahwa tidak boleh memakai oli bekas karena bukan malah merawat melainkan sisa kotorannya jadi masalah.

 

6. Lakukan pengecekan kebocoran knalpot

Kalian pLangkah yang satu ini memang terbilang agak susah, kalian harus mengecek kebocoran pada knalpot kalian dengan cara menggoyangkan motor kekanan maupun kekiri, dan tak lupa cek baut2 didekat bagian knalpot apakah ada yang hilang atau ada yang kurang seret pemasangannya. Hal ini sangatlah mirip pada cara merawat aki motor yang mana kebocoran menjadi penyebab cepat tekor.

 

7. Rutin bersihkan dengan lap

Ketika beberapa cara ditas sudah kalian lakukan, tinggal perwatan rutin deh yaitu bersihkang bagian dalam maupun luarnya menggunakan lap bersih setiap hari. Usahakan lap kering ya, bebas kok pagi siang malam yang penting rutin tiap hari.

 

8. Gunakan cairan protex

Jika muncul masalah yang membandel dengan beberapa langkah diatas maka cara berikut mungkin bisa kalian gunakan. Menggunakan cairan bernama protex untuk melunturkan karat2, korosi dan sebagainya dengan cepat.

9. Cek Kondisi Lubang Pembuangan Air

Nah langah yang terakhir yang perlu kalian lakukan yakni cek lubang pembuangan air yang berada dibawah silincer. bila ketika kalian lihat dia keadaan tertutup maka segeralah buka menggunakan obeng minus atau paku dan sebagainya.

Bosan dengn kanlpot standar? silakan pilih di artikel knalpot racing terbaik sesuai selera

Jadi cukup sekian tips yang dapat saya berikan mengenai cara merawat kanlpot orisinil, semoga dapat membantu kamu dalam menjawab pertanyaan dari teman ataupun orang lain. Saya berharap bisa bermanfaat bagi kamu dan orang disekitar kamu. Nantikan informasi seputar motor terbaru lainnya dan sampai jumpa kembali. Terima Kasih.