Logo Pecintamotor
pecintamotor.com

Cara Merawat Motor Sport

November 8, 2019 - 3 min to read

Cara Merawat Motor Sport – Jika kita lihat perkembangan berbagai jenis motor tidak ada habisnya. Salah satunya motor yang tak luput dengan kelas motogp yaitu motor sport.

Motor sport berkapasitas mesin terkecil sendiri di indonesia yaitu 150cc dan dibekali dengn tipe naked ataupun fairimg.

Perawatan motor sport tentu lebih memakan biaya ketimbang cara merawa motor matic dan bebek. Yang notabenenya memiliki kapasitas mesin masih kecil.

Beberapa pemilik kendaraan sport tentunya akan menjumpai suatu titik kebingungan. Dimana titik kebingungan itu yskni dalam menjaga motor mereka tetap baik tanpa biaya yang berlebihan.

Nah jika kalian owner motor sport tersebut, anda berada di tepat yang tepat. Karena sekarang ini pecintamotor.com akan memberikan Bagaimana cara perawat dari motor sport itu. Silakan disimak ya.

 

Langkah Cara Merawat Motor Sport Lengkap

Cara Merawat Motor Sport

Cara Merawat Motor Sport

Merawat sport memerlukan kesabaran tingkat tinggi. Selain karena harga komponen komponennya yang mahal, kadang kita masih perlu hal lainnya. Berikut ini bagaimana caranya.

 

Hal yang perlu dipersiapkan

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan saat melakukan perawatan motor sport kamu. Itu semua tergantung bagaimana kondisi motornya.

Antara lain hal tersebut yaitu :

 

  • Persiapkan uang

Tentunya saat melihat kondisi motor cukup parah hal utama yang wajib dipersiapkan ialah uangnya. Nantinya jelas bukan biaya perawatannya yang namun apabila terdapat komponen yang sudah harus diganti.

 

  • Oli baru

Persiapan yang kedua dalam perawatan motor sport yaitu oli mesinnya. Dimana yang kira ketahui sendiri mungkin motir matic bisa sampai 3 bulan baru ganti oli namun performa tetap optimal. Sayangnya itu tak berlaku bagi motor sport.

Pergantian oli pada motor sport harus rutin dilakukan setiap bulan, jadi siapkan saat melakukan langkah perawatannnya nanti ya.  Cek di : harga oli motor terbaru

 

  • Peralatan bengkel

Hal ini cukup optional jika memang ingin melakukan perawatan sendiri harus menyiapkannya namun kalau meminta bantuan montir tentu tidak perlu.

Beberapa alat ini nantinya akan dipakai seperti saat penggantian oli, pengecekan aki, dan lain sebagainya.

 

Langkah perawatan motor sport

Tips Merawat Motor Fairing

Tips Merawat Motor Fairing

1. Pakai Bahan Bakar Beroktan Tinggi

Tips merawat motor fairing yang pertama yaitu gunakanlah selalu motor sport kalian dengan bahan bakar jenis oktan tinggi seperti pertamax, dan pertamax tubo atau pertamax de.

Perlu diperhatikan juga jika sudah menggunakan pertamax turbo turunnya lebih dijaga jadi ke pertamax de / pertamax biasa dulu. Jangan langsung ke premium yang memiliki oktan sangat rendah.

 

2. Nyalakan mesin 5-10 menit perhari

Kau pengendara motor jenis apapun pasti memerlukan yang namanya pemanasan mesin walaupun motor nganggur atau kondisi dipakai setiap hari.

Hal ini karena selain memerkuat komponen aki motor juga memperkuat performa tarikan motor serta hal lainnya. Yang mana telah kita ketahui penyebab tarikan motor brebet di putaran rendah ialah malasnya melakukan pemanasan tiap hari.

 

3. Cek rantai dan Ban sebelum berangkat

Selalu kondisikan ban / aki dalam keadaan yang prima sehingga perjalann jah ataupun dekat tidak akan merepotkan. Karena itulah jangan sampai sedikitpun melupakan pengecekan sparpart tersebut yang dapat menghambat kecepatan sampai kalian ke tempat tujuan.

 

4. Lakukan Service Secara Rutin

Untuk langkah keempat ini jangan sampai diabaikan. Yakni lakukanlah penyervisan walaupun tidak ada kendala pada motor kalian. Hal ini demi mencegah kerusakan yang parah.

Penyervisan rutin bisa kalian lakukan meski garansi awal sudah habis. Cuma perlu datang ke dealer dealer terdekat trus sampaikan keluhan motornya.

 

5. Perhatikan Kondisi Oli Mesin

Kondisi oli mesin / oli gardan sangat penting sekali dalam motor sport, karena dia menggunakan motor tak seperti motor berjenis matic yangmenggunakan vanbelt.

Jika sampai kita lupa melakukan penggantian setiap 1-2 bulan sekali. jikalau motor terus dipakai maka oli tersebut akan kotor dan menyebabkan mesin cepat aus. Baca : cara mengganti oli motor.

 

6  Kondisikan Kelistrikan Motor

Artikel pendukung : cara merawa aki motor

Silakan selalu cek berkala bagaimana kelistrikan di motor sobat semua. Apakah menyala dengan sempurna atau tidak. Jika tidak maka secepatnya cek apakah sparepart tersebut yang bermasalah atau sumber tenaganya yaitu busi / aki.

Kalia wajib tau Cara Merawat Motor Bebek

Saya rasa cukup sekian yang bisa saya sampaikan mengenai cara merawat motor sport. Tak ada yang susah kok dari semua langkahnya kan. Hanya saja rasa malasnya itu yang susah dilawan.

Kalau kamu punya tambahan, silakan berkomentar ya. Agar nanti kami edit artikelnya lebih lengkap. S

esuai yang dibutuhkan banyak orang nantinya :D.