Logo Pecintamotor
pecintamotor.com

Cara Merawat Rantai Motor

November 9, 2019 - 3 min to read

Cara Merawat Rantai Motor – Dalam segala hal menjaga atau lebih nyaman dengan istilah merawat sangatlah susah. Oleh karena itu, untuk merawat rantai motor perlu kesabaran yang super ekstra seperti kita merawat doi.

Motor kita kan pasangan juga kita kan, dia partner kita kemana2 untuk bisa membonceng pasangan yang aslipun memerlukan dia. Sungguh tak afdol bila kita cuek begitu saja terhadap dia.

Masalah masalah terhadap rantai motor biasanya terjadi ketika motor sudah berumur 6 bulan keatas. Masalah yang muncul tersebut antarai lain rantai bunyi, rantai kendor, rantai keteng, dan lain sebagainya.  Realitanya saja eman saya rantai tak pernah diapa2kan motor buat naik tiap hari pp kerja alhasil 3 bulan rantai berbunyi klotok klotok dan sungguh tak nyaman didengar. Padahal itu motor baru loh, jadi tak mesti 6 bulan bosqu itu hanya ukruan sederhananya saja.

Lantas gimana min cara mencegah hal tersebut terjadi? tepat sekali pertanyaan yang sangat bagus. Pada postingan ini saya tidak hanya akan memberikan ara merawatnya melainkan admin lengkapi juga dengan ciri gimana ketika rantai akan terjadi hal  tersebut. Nah sepeti apa hal tersebut yuk kita simak bersama di bawah ini.

 

Tips dan Cara Merawat Rantai Motor Lengkap

Cara Merawat Rantai Motor

Cara Merawat Rantai Motor

Berikut ini beberapa segmen yang akan berhubungan tentang perawatan rantai motor hingga langkah langkah terampuhnya.

 

Ciri – Ciri Rantai Motor Akan Rusak

Nah sebelum ke bagaimana perawatannya tentu alangkah baiknya kita pun tahu seperti apa sih ciri ciri rantainya akan rusak agar tidak terlambat. Antara lain ciri cirinya yaitu :

  • Warna hitam cepat pudar walau sering diberi pelumas
  • Di gigi satu timbul suara aneh meskipun kecil
  • Sering loss walau tak tiap hari (permulaan, kalau parah bisa tiap hari(
  • Dan masih banyak lagi.

 

Langkah langkah merawat rantai motor

Nah setelah kita paham diatas tadi, maka pencegahan atau cara mengatasinya yaitu dengan melakukan perawatan yang diantaranya yaitu :

 

1. Rutin membersihkan rantai motor

Membersihkan Rantai Motor

Ilustrasi Gambar Membersihkan Rantai Motor

Langkah pertama yaitu yang sangat simpel dan sederhana, yaitu membersihkan rantai kamu seara rutin. Dimana ini merupakan cara merawat rantai motor agar tidak berkarat setelah terguyur hujan.

Padahal cara membersihkan rantai motor pun sangatlah mudah. Cara Manual yaitu membersihkan Rantau motor dengan sunlight atau bensin.

Untuk cara paling mudah, yakni bisa membeli pembersih rantai di toko online banyak dimana caranya cukup menuangkan dan biarkan cairan tersebut bekerja.

 

2. Setel Rantaimu dengan rutin

Penyetelan Rantai Motor

Ilustrasi Gambar Penyetelan Rantai Motor

Artikel pendukung : cara mengencangkan rantai motor

Mencegah hal hal yang tak diingkan terhadap rantai motor bisa dengan hal yang satu ini. Jika kamu sudah ahli bisa melakukannya sendiri dengan menyiapkan engkol inggris, tang dan T.

Jika tak pernah membongkar rantai maka admin sarankan serahkan hal ini kepada yang ahli. Dimana sangat besar kemungkinan jika untuk penyetelan saja biayanya sangat murah dibawah 50ribu rupiah.

Kamu bisa melakukan hal ini 1 minggu sekali jika sendiri, bila dengan montir maka sebulan sekali saja. Atau bisa memakai alat bantu yang keren yaitu stabilizer, silakan cek harga stabilizer rantai.

 

3. Pakailah pelumas motor

Pelumas Rantai Motor

Ilustrasi Gambar Cara Melumasi Rantai Motor

Pelumas motor sendiri gunanya hampir mirip dengan bensin, cuman dia bisa masuk ke mata2 rantai yang tak terjangkau dengan bensin.

Sehingga dengan pelumas sangat cocok untuk cara merawat rantai motor warna sebab pelumas tak akan membuat warnanya rusak, lain dengan bensin.

Pemggunaanya pun tinggal menyemprotkan saja kepada seluruh rantai ya jika ada yang menurutmu bagian paling kotor lebihkan saja nyemprot disitu. Lakukan 2 minggu sekali.

 

4. Jangan Gunakan Oli Bekas

Oli Bekas Untuk Motor

Ilustrasi Gmbar Pemakaian Oli Bekas di Rantai Motor

Kerap orang berpikir ah rantaimah dikasih oli aja sudah bagus, hal itu cukup benar. Tapi tidak untuk oli bekas yang habis ngnetap motor. Namanya bekas ya kotor dong, percuma memberikan untuk menyehatkan tapi dengan yang kotor. Sama aja kamu pingin badan bersih tapi mandi di lumpur. Gak logis banget deh.

 

5. Menggunakan Gear set rantai asli motor

Rantai Motor Asli

Ilustrasi Penggunakan ear dan Rantai Motor Asli

Nah yang terkahir nih buat yang suka modifikasi terutama, jika memang tidak ingin menggunakan rantai asli motor gunakanlah rantai motor lain yang sudah berekomendasi seperti rantai sss,jangan malah asal pakai yang murah. Cek : harga rantai motor.

Itulah beberapa tips yang dapat saya berikan mengenai cara merawat rantai motor biar awet, semoga dapat bermanfaat. Nantikan terus informasi terbaru seputar motor setiap hari cuma di pecintamotor, Terima Kasih.