Logo Pecintamotor
pecintamotor.com

Penyebab Motor Brebet di Putaran Rendah

November 7, 2019 - 4 min to read

Penyebab Motor Brebet di Putaran Rendah – Bagi kebanyakan pemilik kendaraan motor pasti akan mengalami hal yang namanya brebet, karena kondisi motor tak akan selamanya sehat.

Walau, si pengguna motor itu rutin melakukan perawatan. Pada akhirnya pasti akan soak juga. Contoh dah penyebab mesin motor cepat panas itu.

Kejadian motor brebet ini biasa terjadi di motor matic, karena tidak menggunakan rantai melainkan vanbelt. Sehingga lebih besar sebab tak ada penanganan oli.

Penyebab terjadinya motor brebet di putaran rendah ini pun bermacam2. Ada yang karena karbrator, filter udara, injeksi dan hal lainnya.

Biasanya sih terjadi karena kesalahan pengendara sendiri, sering merawat sih benar tapi sering juga mengabaikan ketika bensin kritis karena terburu.

Pengalaman mimin banget ini, ketika mau berangkat rutinitas eh liat speedometer udah dibawah merah (motor matic). Melihat jam sudah mepet isi bensin tidaklah bagus.

Alhasil saya nekat dan syukur sampai tujuan. Tapi!! tidak sampai seminggu tiba2 motor ada kendala brebet saat di kecepatan stabil 20-40km/jamnya atau yg biasa disebut putaran rendah.

Setelah itu admin konsulatsikan ke montir andalan mimin. Langsung dicek semuanya dan permasalahan terletak di injeksi bensinnya.

Disaat itu saya pun langsung teringat dan membicarakan kepada montir bahwa waktu itu bensin menipis saya paksa dan itulah sumber penyakitnya. .

Nah bagi kamu yang mengalami hal sama meski bukan motor matic seperti pengalaman mimin. Berikut pecintamotor.com berikan lebih jelas penyebab dan solusinya. yuk simak

 

Penyebab Motor Brebet di Putaran Rendah dan Cara Mengatasinya

Penyebab Motor Brebet di Putaran Bawah

Ilustrasi Gambar Penyebab Motor Brebet di Putaran Bawah dan Cara Mengatasinya

 

Hal yang jadi penyebabnya

Selain satu contoh yang admin jelaskan diawal tadi, berikut ini ada beberapa hal lain juga yang jadi penyebab gas motor brebet. Antara lain yaitu :

 

Busi / pengapian

Salah satu hal lain yang paling utama yaitu Busi atau pengapian kamu sudah tiba masanya. Kondisi Busi yang tidak prima menghidupkan mesin saja susah.

Terlebih lagi saat mesin kalian itu dalam kondisi kotoran yang melekat. Jadi berikanlah dulu, bisa dengan baca artikel cara membersihkan mesin motor.

Untuk melihat bahwa kondisi busi memang harus diganti silakan cek kerenggangan / celahnya. Jika cukup lebar, maka coba rapatkan lagi jika tetap saja yaudah ganti bosqu.

 

BBM gonta ganti

Jadi selain pengalaman mimin yang memaksa motor saat bensin sekarat. Ternyata ada faktor lain yang berhubungan dengan bensin dan dapat menyebabkan motor brebet.

Pasalnya, jika motor sudah sering diisi pertamax maka pertamaxlah terus. Apabila ingin ganti usahakan dihabiskan sampai bersih jenis BBM sebelumnya.

 

Ada air masuk ke tangki BBM

Lagi lagi BBM jadi penyebabnya, jadi saat tangki bahan bakar kamu kemasukan air dan itu sering terjadi berulang ulang. Maka sensor injeksi akan susah mengolahnya ke mesin.

Jadi usahakan kalian cek kerapatan tutup tangki kamu. Biasanya ini sering terjadi pada motor jenis naked contoh pengalaman teman sendiri Honda CB150R, tangkunya sangat rentan.

 

Kelangsaman mesin kurang bagus

Apabila kalian merasa putaran stasioner yang ada di tarikan gas kurang enak maka itu bisa disebut penyebab tarikan brebet. Hal ini tak bisa diatasi sendiri bawa ke dealer atau bengkel ada alatnya.

 

Pengaturan klep tidak tepat

Merasa pernah mengubah setelan valve/klep, maka bisa jadi itu faktornya. Sebab,  Tekanan dalam ruang bakar dipengaruhi oleh klep itu sendiri.

Jadi, cobalah untuk cek apakah saat menyetel klepnya kamu terlalu rapat ataupun terlalu longgar pula.

 

Cara mengatasi tarikan motor brebet

Nah tibalah akhirnya, setelah kita tahu apa saja yang jadi penyebab motor kamu brebet saat gas rendah. Sekarang yuk kita pahami solusi perbaikannya.

Berikut ini beberapa cara yang bisa kalian lakukan :

 

1. Servis ke bengkel

Cara yang paling pertama sangatlah umum dan paling mudah dari segala cara lain yaitu Servis ke bengkel / dealer resmi saja.

Karena selain cara paling efektif. Kita pun tak perlu bicara sebab, mereka akan mencari semuanya tak hanya satu saja. Sehingga kedepannya tak terjadi lagi.

 

2. Pilih Bahan Bakar

Sebagaimana telah admin jelaskan pada bagian penyebabnya. Jangan sering gonnhga ganti jenis BBM, tapi pilih salah satu lalu konstanlah memakai itu.

Terlebih lagi saat awal memilih jenis tertinggi / oktannya bagus seperti Pertamax tiba tiba turun jauh ke premium ya lucu deh rasa tarikannya.

Kalau pun ingin ganti jenis jangan sampai ada sisa dari jenis sebelumnya apabila susah mengosongkan saat sedikit sedot pakai selang.

 

3. Cek Karburator

Bisa dibilang cara ini hanya berlaku bagi pengguna motor bebek dan sport. Sebab motor matic terbaru rata rata sekarang sudah unjeksi semua.

Kenapa harus cek karbu? karena jika karbu mengalami kerusakan maka bensin akan bocor dan busi dipsstikan  tak bekerja dengan maksimal.

Caranya cukup mudah cukup kalian benahi atau bersihkan karbunya dan tak lupa semprot dengan udara tinggi pilot jetnya. Lebih jelas baca panduan cara membersihkan karburator motor.

Atau kalian pernah menyetel karbu agar motor cepat?. Bisa jadi itu juga masalahnya jadi silakan cek dulu bagiannya cara menyetel karburator motor yang benar dan terbukti.

 

4. Cek Fuel Pump

Cara berikutnya dalam mengatasi motor brebet yaitu ceklah fuel pump kamu. Sebenarnya komponen didalam tersebut awet dan jarang rusak dengan catatan kondisi bagus bersih tidak kemasukan kotoran.

Jadi selain dicek kalau terdapat kotoran bersihkan saja menggunakan tuas ataupun lap bersih. Dan jangan lupa juga cek tekanan fuel pumpnya.

 

5. Cek Filter Udara Motor

Filder utara yang sudah terlalu lama tidak dibiarkan lebih dari 3 bulan biasanya kotorannya akan menumpuk. Jadi matic brebet di putaran rendah.

Cara mengatasinya cukup mudah kok, kamu tinggal pergi ke bengkel yang ada pengisian anginnya. Bukan pake pompa ya tapi yang semprotan itu, lalu tinggal kamu semprotkan sampe bersih kembali filter udara tersebut.

 

6. Cek Pengapian

Sebagaimana yang admin sebutkan pada bagian penyebab. Pengapian pada motor sering menjadi berbagai masalah tidak hanya di motor brebet.

Umumnya pengapian cepat soak ini dikarenakan ketika memandikan air busi motor tidak tertutup rapat. Alhasil airlah yang masuk dan dan itu ditarik.

Cara pengatasanhya cukup mudah, kalian putar2 saja bagian businya atau kalian lepas dahulu dan keringkan jika tetap maka silakan ganti baru.

Ketika hendak mau ganti baru usshakan ganti dengan tipe busi yang lebih dingin. Untuk harganya bisa kalian cek di artikel harga busi motor dari yg bagus – biasa.

Gimana mudah kan? Jadi jangan males ya,cepat diperbaiki sebelum merembet ke kerusakan kerusakan lainnya. Kunci utama agar tak kejadian lagi jaga kebersihan motormu.

Begitu kurang lebihnya sedikit ulasan yang bisa kami berikan mengenai penyebab motor brebet di putaran rendah. Terima kasih sudah menyimak dengan baik.

Apabila kalian mempunyai cara yang lebih mudah silakan tinggalkan komentar ya bosqu :).